Tuesday, 5 April 2016

4 Jenis Keluarga dalam Pandangan Islam

http://filesmoslem.blogspot.co.id/2016/04/4-jenis-keluarga-dalam-pandangan-islam.html

4 Jenis Keluarga dalam Pandangan Islam.

Dalam konteks berfungsi atau tidaknya suami istri dalam sebuah keluarga kita bisa membagi dan mengelompokkan keluarga menjadi 4 jenis. Di dalam Al-Qur'an disebutkan beberapa contoh dari masing-masing jenis keluarga tersebut. Mari kita renungkan, keluarga kita kira-kira masuk dalam kelompok mana?


  1. Keluarga yang "suami dan istri" di dalamnya sama-sama fungsional (sholeh dan berakhlak baik). Salah satu contohnya  adalah keluarga Nabi Ibrohim a.s. yang mendapatkan rohmah dan barokah dari Allah swt.

    Para mailaikat itu berkata (kepada istri Ibrohim), "Ini adalah rahmat Allah dan barokah-Nya yang dicurahkan atas kalian wahai ahli bait. Sesungguhnya Allah Maha Terpuji dan Maha Pemurah." (Huud: 73)

  2. Keluarga yang "istri"nya fungsional (sholehah dan berakhlak baik), tapi "suami"nya tidak fungsional (jahat dan berakhlak buruk). Salah satu contohnya adalah keluarga Fir'aun yang dilaknat Allah, tapi istrinya justru seorang perempuan yang sholihah.

    "Dan Allah membuat istri Fir'aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata, 'Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu, dan selamatkanlah aku dari Fir'aun dan perbuatannya dan selamatkan aku dari kaum yang dholim." (At-Tahrim: 11)

  3. Keluarga yang "suami"nya fungsional (sholeh dan berakhlak baik) dan "istri"nya tidak fungsional (jahat dan berakhlak buruk). Salah satu contohnya adalah keluarga Nabi Nuh dan Nabi Luth a.s. Keduanya jelas sholeh karena memang utusan Allah, tapi istri-istri mereka adalah perempuan-perempuan jahat yang suka berkhianat kepada Allah dan suaminya.

    "Allah membuat istri Nuh dan istri Luth perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang yang shaleh di antara hamba-hamba Kami. Lalu suaminya tidak dapat membantu mereka dari siksa Allah, dan dikatakan (kepada keduanya):'Masuklah kalian berdua ke neraka bersama orang-orang yang masuk neraka." (At-Tahrim:10)

  4. Keluarga yang suami dan istrinya sama-sama tidak fungsional (jahat dan berakhlak buruk). Contohnya adalah keluarga Abu Lahab yang bersama istrinya sangat menentang kebenaran yang disampaikan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa salam.

    "Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan dia telah binasa. Tidaklah berguna baginya harta benda dan apa-apa yang diusahakannya. Kelak dia akan masuk ke dalam api neraka yang bergejolak. Dan begitu pula istrinya si pembawa kayu bakar. Di lehernya ada tali dari sabut." (Al-Lahab: 1-5)


Sumber: Generasi Robbi Rodiyya - M. Idris Jauhari Daa
loading...

4 komentar

Informasinya sangat bermanfaat. Thanx..

Pak... Fotonya mbok ya diupdate....

Oke terimakasih ats kunjungan dan sarannya. Semoga dijadikan suatu amal kebaikan. amiin

BW + komen ..hehe
Www.holiz48.blogspot.com

BW + komen ..hehe
Www.holiz48.blogspot.com


EmoticonEmoticon