Saturday, 6 August 2016

Jangan Khawatir GURU, TPP Cuma Ganti Kemasan Saja Kok

http://filesmoslem.blogspot.com/2016/08/jangan-khawatir-guru-tpp-cuma-ganti.html


Jangan khawatir para guru!!! Sertifikasi tetap ada cuma ganti kemasan - Kita ketahui bahwa beberapa waktu lalu beredar isu yang sempat menggemparkan dunia pendidikan di Indonesia yaitu muculnya statemen dihapuskannya SERTIFIKASI GURU setelah resufle kementrian terjadi. Anis Baswedan digantikan dengan Muhadjir Effendi, tentu ganti Menteri maka akan ganti kebijakan. Nah,... Momen inilah yang dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita-berita yang tidak benar, salah satunya adalah dihapuskannya Sertifikasi.

Dilansir dari rppkurikulum2013.org - Setelah rencana penerapan single salary (gaji tunggal), Guru kini dibuat cemas karena sertifikasi guru (TPG) berdasarkan kabar yang beredar akan dihapus dan digantikan oleh Program Resonansi Finansial 2017. Sejauh mana kebenarannya?

Safarudin, Kepala SMA Sriguna Plaju, mendatangi Dinas Pendidikan Sumsel. Beliau sedang ada urusan. Di tengah waktunya menunggu, beliau berkeluh kesah soal dana sertifikasi. "Beredar rumor bakal dihapus lalu diganti. Kami sekarang dalam kebingungan," Ujarnya. Maklum, dana sertifikasi sedikit banyak membantu perekonomian guru PNS maupun Honorer bersertifikasi.

Kepala SD Negeri 117 Pelembang, Toman Siregar, S.Pd menjelaskan sepengetahuannya, TPG  itu tidak dihapus tetapi diganti. "Kalau kami tidak masalah, yang penting hasilnya sama saja", ujarnya. Pada prinsipnya kebijakan apapun yang diterapkan, para guru manut saja.

"Memang sejauh ini belum ada surat edaran mengenai nasib sertifikasi. Tunjangan sertifikasi juga tetap dibayar, terangnya. Beliau mengakui kabar ini sudah cukup lama berhembus, dan membuat para guru resah. "Tapi selaku kepala sekolah saya mencoba redam kecemasan itu. Saya minta guru sekolah tetap konsentrasi dan mengajar dengan baik. Sekarang ini yang utama mengurusi pendidikan anak negeri", tegas beliau. Memang, lanjut Toman, "Tunjangan sertifikasi sangat membantu perekonomian guru".

Terlait isu dihapusny sertifikasi, Kepala Disdik Sumsel, Widodo, M.Pd langsung membantahnya. "Itu kata siapa? Tidak dihapus, tapi ditata ulang agar maksudnya smapai," jelas beliau. Evaluasi ini targetnya untuk meningkatkan kinerja guru karena selam ini pemberian dana sertifikasi belum sepenuhnya maksimal.

Pihaknya juga melihat persyaratan mendapatkan sertifikasi itu juga mempersulit, "Guru harus menyelesaikan portofolio, mengikuti pendidikan, pelatihan, dan lainnya" sambung beliau. Namun kenyataannya, guru yang sudah lulus sertifikasi pun belum tentu lebih baik dari yang belum sertifikasi. Untuk itu pemerintah perlu evaluasi kembali agar kinerja guru bisa lebih baik. "Untuk teknisnya saya belum bisa bicara, sebelum ada petunjuk teknis (juknis)". Yang jelas sekarang sedang mempersiapkan aturan untuk itu (sertifikasi)", tutup Widodo.

Kepala Disdik OKU Selatan, Zulfikar menegaskan lebih tepat sertifikasi itu hanya ganti kemasan, namun produk didalamnya tidak jauh berbeda dengan sertifikasi, "Memang, kami mendapat informasi sertifikasi dihapus, tetapi sepertinya tidak ada perbedaan. Hanya ganti judul saja," terangnya. Dia mengaku, namanya dlam bentuk resonansi finansial. Di Program itu tetap ada tunjangan yang diberikan, hanya beda mekanisme penilaian guru mendapat sertifikasi dan pencairan dana secara berkala.

"Kalau ditelaah tetap saja tujuannya untuk kesejahteraan guru seperti selama ini disalurkan pemerintah melalui TPG. Biasa berganti pimpinan, ganti produk kemasannya", terangnya. Untuk edaran resmi, lanjut dia, hingga kini pihaknya belum menerima petunjuk perubahan menjadi resonansi finansial tersebut. "Kami masih menunggu kebijakan itu seperti apa aplikasinya", tegasnya. yang jelas jika turun juknis, pihaknya siap melaksanakannya. Do OKU Selatan sendiri, jumlah guru penerima TPG ada 1.111 guru. "Untuk jumlah dana saya tidak tahu persis", Terang Zulfikar.

Penting!!! Bagi Bapak Ibu Guru Penerima Sertifikasi (TPG) Jangan Resah dan Gelisah Sebelum Ada SK Dan Juknis Yang Jelas Dari Pemerintah Mengenai Sertifikasi Guru!!!!

loading...

1 komentar so far

Semoga tidak ada perubahan dan semoga niat dan tujuan pemerintah untuk mensejahterakan Guru semakin tepat sasaran. Kita doakan agar pemerintah selalu dalam lindungan Allah!!! jangan selalu menghujat.


EmoticonEmoticon