Saturday, 20 August 2016

Komisi IX DPR RI Hadiri GENRE Ceria Jember 2016

Komisi IX DPR RI Hadiri GENRE Ceria Jember 2016


SMAN 4 Jember, Menjadi Salah Satu Tempat Sosialisasi Program GENRE 2016 BKKBN - Program kegiatan sosialisasi GENRE CERIA BKKBN yang diadakan dibeberapa SMA Jember ini merupakan program dari BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasionl) yang bertujuan untuk menyiapkan kehidupan yang lebih baik bagi remaja.

GenRe merupakan kepanjangan dari Generasi Berencana. GenRe adalah program untuk remaja agar bisa menyiapkan kehidupan keluarganya kelak sehingga mampu melaksanakan pendidikan, karir dan pernikahan terencana.

Dalam acara sosialisasi tersebut menghadirkan 4 Narasumber yaitu :

1. Drs. Ayub Khan, M.Si - Anggota Komisi IX DPR RI
2. Istiqomah, S.Psi, M.Si - Dosen Psikologi Unmuh Jember
3. Drs. Suprihandoko, MM - Kepala Balai Diklat BPPKB Kab. Jember
4. Eddy Ariesmanto, M. Hum - Kepala Balai Diklat BKKBN Provinsi Jawa Timur

Acara sosialisasi yang memiliki tujuan umum "Meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya merencanakan masa depan" ini di awali dengan sambutan oleh Kepala Dinas Kabupaten Jember yang dalam hal ini diwakili oleh Kasi SMA/SMK H. Tatang Prijanggono, M.Pd.

"Untuk itu apabila anak-anak ingin betul-betul apa yang menjadi cita-cita kalian bisa terwujud dengan baik, harapan kami pada hari ini mari kita ikuti, kita dengarkan bersama sehingga apa yang menjadi cita-cita pemerintah yang dituangkan di dalam UUD 45 khususnya alenia ke-4 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa benar-benar terwujud dengan baik," kata Tatang dalam pidatonya.

Sebelum menutup pidatonya, beliau seperti biasanya mengajak siswa-siswi SMAN 4 Jember yang menghadiri acara tersebut dengan pekik "Apa Kabar?" dan dijawab "Luar Biasa", kemudian dilanjutkan "Prestasi?", dijawab "YES", dan ditutup "Narkoba?", lalu siswa menjawab "NO".

Pada acara inti yang berisi pemaparan dari keempat narasumber juga diberikan kesempatan diskusi tanya jawab dari siswa dan ditanggapi oleh narasumber.

Dalam penjelasan yang diberikan oleh salah satu narasumber, Istiqomah menjelaskan kepada siswa bahwasannya Tuhan Allah SWT telah mengkaruniakan emosi terbaik kepada manusia yaitu cinta. "Cinta yang benar adalah cinta yang berkembang sesudah pernikahan," kata salah satu Dosen Universitas Muhammadiyah Jember ini.

Ayub Khan yang merupakan anggota komisi IX DPR RI adalah salah satu putra Jember yang merupakan alumni SMAN Ambulu Jember menyatakan bahwa kehadirannya di SMAN 4 Jember ini selain melakukan pengawasan juga berreoni dengan Ibu Hj. Husnawiyah, M.Si selaku kepala SMAN 4 Jember.

"Bu Yayak ini merupakan salah satu guru saya dulu waktu saya masih SMA, jadi kehadiran saya disini bertemu dengan beliau sama dengan reoni," terang Ayub.

Ayub juga menambahkan dalam pemaparannya bahwasannya komis IX DPR RI adalah patner dan berkolaborasi dengan divisi kesehatan, salah satunya adalah BKKBN.

Ada 3 hal tujuan GenRe yang dijelaskan oleh anggota IX Komisi DPR RI ini yang pertama adalah promosi penundaan dan usia kawin, utamkan sekolah dan berkarya, yang kedua penyediaan informasi kesehatan reproduksi seluas-luasnya atau PIKR, dan yang ketiga adalah promosi perencanaan kehidupan.

"Kita nanti akan mendapatkan bonus demografi, apa itu bonus demografi? yaitu pada tahun-tahun 2025 - 2030 nanti masyarakat Indonesia banyak generasi yang produktif di tahun itu," kata Ayub. 

"Kalau tidak mulai sekarang kita memberikan informasi keterampilan dan perencanaan generasi 2015 mendatang yang akan diisi adik-adik nantinya kita justru sebaliknya, kalau tidak kita manage mulai sekarang, 2025 nanti tidak akan menjadi bonus tetapi malah menjadi malapetaka." imbuh beliau.

Acara yang juga dihadiri oleh Muspika Jember, Kapolsek Kaliwates, dan Perwakilan Koramil Jember mendapatkan antusias yang tinggi dari para siswa dan siswi SMAN 4 Jember yang mana mereka adalah remaja-remaja yang nantinya akan menjadi generasi emas di tahun 2025-2030.

Acara juga dimeriahkan oleh seniman-seniman SMAN 4 Jember yaitu kreasi dari siswa-siswi SMAN 4 Jember. Dimeriahkan oleh Group Akustik dan Tari Tradisonal dari Eksklul Tari Sakura.

Patut dibanggakan bahwasannya pembawa acara atau Host dalam Acara Talk Show GenRe Ceria adalah siswi SMAN 4 Jember yang bernama Fitri Annisa dari kelas XI MIPA 1. "Acara seperti ini seharusnya direspon positif oleh sekolah kedepannya yaitu dengan tetap menyajikan materi-materi perencaan berkeluarga di dalam pembelajaran di sekolah," kata siswi yang terbiasa jadi MC ini. 

"Acara sisialisasi ini sangat bermanfaat bagi siswa SMA 4 Jember, Soalnya dalam acara itu mengandung materi-materi yang bisa diterima dan dipelajari serta menambah wawasan siswa, terus senang sekali bisa mendatangkan anggota DPR RI," imbuh Annisa. 

Di tahun 2013 SMA Negeri 4 Jember adalah Juara Nasional PIK-R.

Dalam acara tersebut juga dimeriahkan dengan pembagian doorprise kepada seluruh pengunjung acara langsung oleh keempat narasumber.

Satu hal yang membanggakan dari kabupaten Jember bahwa remaja-remaja SMAN 4 Jember welcome dan antusias dalam mengikuti acara tersebut sampai selesai, Sabtu (20/8/2016) Pk.08.00 - 12.45 WIB. Dan acara ditutup dengan doa yang dipimpin Drs. H. Tohar Ahmad.

Berikut adalah photo-photo kegiatan Sosialisasi GenRe Ceria 2016.











Photo-photo by: Bee & Ce

Terimakasih atas kunjungannya. Salam GenRe "Yang Muda Waktunya Berencana"
loading...

4 komentar

Brilian Raka Abadi delete 21 August 2016 at 18:00

Mantap

Wih...baru ketemu webnya Pak Sobi. Keren. Jadi pengen nulis lagi di blogku yang masih acak adul. Hehe...Kunjung balik Pak. Kasih saran dan kritikan biar blogku makin sip. Makasih Pak!


EmoticonEmoticon