Sunday, 14 August 2016

MenPAN RB Pastikan Tidak Ada Pemangkasan Jumlah PNS

MenPAN RB Pastikan Tidak Ada Pemangkasan Jumlah PNS


Tenang!!! Tidak ada Pemotongan Jumlah PNS. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur memastikan tidak akan ada pemangkasan sejuta PNS. Kalaupun ada penataan kepegawaian, pemerintah lebih memilih prinsip zero growth atau pengurangan PNS secara alamiah.

"Tidak ada pemangkasan atau pemotongan jumlah PNS, PNS akan berkurang secara alamiah artinya antara jumlah PNS yang pensiun tidak diimbangi dengan perekrutan pegawai baru," kata Menteri Asman, Minggu (14/8/2016), berdasarkan kabar yang kami himpun dari fajar.co.id.

Dengan pengurangan PNS secara alami, menurut Asman akan membuat pegawai lebih tenang dalam bekerja. Meski tidak ada pemangkasan, setiap PNS akan diberikan target kinerja. Yang berkinerja baik akan mendapatkan reward. Sebaliknya yang buruk diberikan sanksi sesuai PP. 53/2010 tentang disiplin PNS.

"Sesuain PP. 53/2010, PNS yang berkinerja buruk bisa dikenakan sanksi berat berupa pemberhentian dengan tidak hormat," tegasnya.

Asman menjelaskan rasionalisasi yang sempat ditakutkan PNS bukan diartikan sebagai pemotongan PNS. Namun, tujuannya meyelesaikan masalah SDM Aparatur Sipil Negera (ASN) dengan meningkatkan kualitasnya menjadi profesional.

Dengan meningkatnya profesionalisme ASN, diharapkan anggapan negatif publik kepada ASN tidak terbukti lagi, "Kami bukan membuang tapi sedikit demi sedikit dibenahi, dibina dan dididik supaya punya keahlian dan kemampuan ataupun ditempatkan dibagian lagi. Tujuannya agar ASN ini bisa berkreasi di tempat baru, makin bersemangat, dan spirit hidupnya makin tinggi," imbuhnya.

Sesuain data e-PUPNS, tingkat pendidikan PNS yang masih rendah sebanyak 28,32%, menengah 20,09% dan tinggi 51,59%.
loading...


EmoticonEmoticon