Thursday, 11 August 2016

Rekrutmen 90 Ribu CPNS 2016 BATAL

Rekrutmen 90 Ribu CPNS 2016 BATAL


Pemerintah batalkan rekrutmen 90 ribu CPNS 2016 - Pemerintah Pusat menyatakan tahun ini tidak akan membuka perekrutan Calon Pegawain Negeri Sipil (CPNS). Anggaran yang tersedia untuk 90 Ribu formasi CPNS juga batal digunakan.

Dikutip dari berita.suaramerdeka.com - Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan, alokasi anggran sebenarnya ada  dan cukup untuk 90 ribu formasi CPNS di Pusat. Namun dengan kondisi keuangan negera dan situasi perekonomina seperti sekarang, pihaknya memilih berhati-hati. "Kami ingin ada perekrutan CPNS, hanya saja, di sisi lain takut nanti ada pemotongan anggaran. Imbasnya gaji tidak akan mencukupi. Padahal salah satu dana yang diharapkan itu hasil tax amnesty. Jika uang tidak masuk, jelas akan timbul kendala baru," tandas Bima setelah meresmikan UPT BKN semarang di Bergas, Kabupaten Semarang, kemarin.

Kalaupun ada perekrutan CPNS, BKN hendak memprioritaskan para sarjana yang mempunyai nilai tinggi untuk mendaftar dan menempati formasi pegawai pemerintahan. Untuk diketahui, upaya tadi sudah dilakukan pada 2014 silam. Setidaknya ada 200 formasi khusus untuk lulusan cum laude.


"Kedepan akan lebih banyak jumlahnya. Kami punya cadangan 7.000 formasi khusus untuk itu. Paling tidak 2.000 sampai 3.000 dulu untuk formasi lulusan sarjana berprestasi, Artinya, mereka bisa menjadi kader birokrasi ke depan," tandasnya.

Terkait dampak penundaan perekrutan CPNS, Bima Haria mengatakan hal itu membuat jumlah PNS tua jauh lebih banyak daripada PNS muda.

"Sudah minus PNS sejak 10 tahun terakhir, PNS yang pensiun lebih banyak daripada yang masuk. Lebih banyak jenderal daripada prajurit," kata Bima. Pihaknya mengakui, jumlah PNS usia 50 tahun keatas lebih tinggi.

Dominasi oleh PNS guru, sehingga perlu cepat diantisipasi sebelum banyak yang masuk masa pensiun. Jangan sampai ada kasus ruang kelas tanpa guru, "Perncanaan ke depan harus akurat. Untuk itu, dibutuhkan data realtime," tegasnya.


***Terimakasih atas kunjungannya, semoga informasi ini bermanfaat***
loading...


EmoticonEmoticon