Wednesday, 24 August 2016

Yang Mau Jadi Wirausaha Muda, Agribisnis UM Bandung Solusinya, Lulus Sudah Punya Usaha

Yang Mau Jadi Wirausaha Muda, Agribisnis UM Bandung Solusinya

Agribisnis UM Bandung Siap Mencetak Wirausaha Muda Indonesia - Bagi kalian yang belum mendapatkan study S1 bisa mencoba memanfaatkan peluang ini, agak terlambat sih tapi tidak masalah karena informasi ini juga berlaku bagi adik-adik yang masih duduk dibangku SMA/SMK yang nantinya akan meneruskan kuliah S1. Simak iformasi berkut ini jika memang kalian pemilik cita-cita sebagai Wirausaha Muda Sukses.

Program studi Agribisnis Univ. Muhammadiyah Bandung dan sepuluh prodi lainnya yang disahkan melalui SK Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Nomor 1987/a4/HK/2016 tentang ijin pendirian Universitas Muhammadiyah Bandung, Sebagai Program Studi yang berada dibawah naungan Muhammadiyah.

Prodi Agribisnis UM Bandung tidak hanya mempelajri dan mengembangkan ilmu ekonomi pertanian dan manajemen usaha agribisnis, namun juga mempelajari mata ke Islaman.

Prodi ini memiliki kurikulum yang khas yang tidak dimiliki oleh program studi serupa di perguruan tinggi lainnya. Yakni adanya program Pengembangan Bisnis. Dimana program ini terdiri dari empat rangkaian mata kuliah. Yaitu:
  1. Pengembangan Bisnis I (Perencanaan Usaha Agribisnis)
  2. Pengembangan Bisnis II (Pembuatan Produk dan Manajemen Produksi)
  3. Pengembangan Bisnis III (Praktek Pemasaran dan Manajemen Pemasaran)
  4. Pengembangan Bisnis IV (Evaluasi dan Pengembangan Usaha)
Keempat rangkaian matakuliah di atas meliputi kegiatan praktis dan teoritis. Target outputnya adalah terbentuknya rancangan bisnis dan prakterk usaha agribisnis dalam skala kecil kelompok mahasiswa mulai dari pembuatan produk, kegiatan pemasaran, sampai pada evaluasi dan rencana strategis pengembangannya pasca mahasiswa mendapatkan gelar sarjana atau menjadi alumni.

Maka dengan adanya rangkaian mata kuliah tersebut, Prodi Agribisnis UM Bandung siap mencaetak wirausaha agribisnis muda Indonesia yang rintisan usahanya dimulai sejak dari mas kuliah. Struktur kurikulum Prodi Agribisnis menunjukkan bahwa di semester tiga mahasiswa sudah dapt memulai rancangan bisnisnya.

Yang Mau Jadi Wirausaha Muda, Agribisnis UM Bandung Solusinya

Sebagai prodi yang berada di bawah naungan Institusi Muhammadiyah, prodi ini memiliki keunggulan keilmuan nilai-nilai Islami yang diperoleh selama 4 semester dengan beban 2 SKS per semester. Mata kuliah ini juga dilengkapi dengan praktik dan teori sehingga diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang cerdas dan berkualitas secara intelektual, emosional, dan spiritual. Mampu memegang teguh dan menerapkan nilai-nilai Islami dalam budaya kerja dan kehidupan bermasyarakat ketika lulusannya terjun di lapangan langsung.

Satu lagi tuntutan bagi lulusan perguruan tinggi, yaitu tidak hanya dituntut memiliki knowledge tetapi juga skill untuk bersaing di dunia kerja termasuk di dalamnya adalah soft skill. Beberapa soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja antara lain:
  • Skill Interpersonal
  • Skill Intrapersonal
  • Leadership
  • Kreatifitas, dan
  • Inovasi
Dimana skill-skill tersebut akan mendukung kinerja efektif dalam budaya kerja. Untuk menggali dan mengembangkan soft skill mahasiswanya, Prodi Agribisnis UM Bandung memfasilitasi perangkat lembaga kemahasiswaan sebagai wadah untuk mengembangkan minat, bakat dan softskillnya.

Untuk memacu motivasi mahasiswa pada kegiatan kemahasiswaan, Prodi Agribisnis secara khusus membuat standar penilaian aktif kemahasiswaan dalam bentuk transkrip nilai aktif kemahasiswaan yang meliputi penilaian kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, Organisasi Kemahasiswaan, dan Organisasi Ekstra Kampus.

Saat ini, UM Bandung sedang melakukan penjaringan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2016/2017. Terdapat 11 Program Studi yang terbagi menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Sosial dan Fakultas Sains dan Teknologi. Adapun Prodi Studinya meliputi:
  1. Agribisnis
  2. Psikologi
  3. Kriya
  4. Administrasi Publik
  5. Ilmu Komunikasi
  6. Teknologi Pangan Halal
  7. Informatika
  8. Teknik Industri
  9. Farmasi
  10. Teknik Elektro, dan
  11. Bioteknologi
Jadwal penting untuk penerimaan mahasiswa baru antara lain:
  1. Pendaftaran 1 Agustus - 9 September 2016
  2. Psikotes 10 September 2016
  3. Pengumuman hasil Psikotes 20 September 2016
  4. Registrasi 23 September 2016
  5. Forum taaruf dan orientasi mahasiswa baru 24-25 September 2016
  6. Mulai perkuliahan 26 September 2016
Formulir pendaftaran dapat diperoleh di kampus UM Bandung,
Jl. Palasari No.9A Kota Bandung,
Pukul 08.00 - 16.00 WIB, atau 
Kontak pendaftaran melalui nomor Ibu Riri - 081 323 000 222 / 081 313 962 200

Informasi lengkap mengenai Prodi Agribisnis UM Bandung bisa di akses di www.agribisnis-umbandung.com dan
Informasi pendaftarannya silahkan klik Pendaftaran UM Bandung 2016/2017


Buruan daftar, meski agak terlambat masih ada waktu kok, semoga kalian-kalian semua menjadi wirausahawan sukses. Dan terimakasih atas kunjungannya di situs blog mardiyas.com


loading...


EmoticonEmoticon