Friday, 9 September 2016

3 Tips Jitu Mendikbud Agar Siswa Mampu Unggul Di Eranya

3 Tips Mendikbud Agar Siswa Mampu Unggul Di Eranya

Mendikbud Muhadjir Effendy dengan pesan 3 tips untuk kemajuan siswa Indonesia - Tak henti-hentinya Mendikbud yang satu ini untuk terus memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan. Sejak ditunjuk oleh Presiden Jokowi, Muhadjir Effendy terus mengembangkan program-progam yang mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Tak hanya program namun beliau juga memberikan pemikiran-pemikiran seperti halnya yang dilakukan di lingkup sekolah sebagai seorang pendidik.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan tiga fokus yang menjadi perhatian untuk membantu siswa unggul di zamannya. Yakni Percepatan penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pengembangan Pendidikan Vokasi, dan Realisasi Pendidikan Karakter.
3 Tips Mendikbud Agar Siswa Mampu Unggul Di Eranya

"Pada fokus percepatan KIP ini perlu dilakukan dengan segera sebagai upaya menghindari terjadinya generasi putus sekolah," kata Mendikbud dalam pernyataan resminya, Rabu (7/9/2016) seperti yang dilansir jpnn.com

Percepatan penyaluran KIP ini, kata Muhadjir, sebagai wujud membantu pendidikan anak tidak mampu usia 6-12 tahun.


"Termasuk di dalamnya untuk menjaring anak-anak yang sudah tidak sekolah dapat kembali ke sekolah. Ini menjadi kewajiban pemerintah menyediakan akses pendidikan bagi anak-anak yang putus sekolah. Dengan begitu kita dapat membantu mereka menjadi anak yang unggul," kata beliau.

Dalam menyiapkan generasi muda unggul dan berdaya saing, Mendikbud mengatakan perlu diterapkan pendidikan karakter. Penekanan pendidikan karakter akan dilakukan pada jenjang pendidikan dasar yakni Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sebanyak 70 persen pendidikan karakter untuk jenjang SD, 60 persen jenjang SMP. Implementasi pendidikan karakter, menurut Muhadjir Effendy, harus mengedepankan potensi lokal.

Besar harapan dari anak-anak bangsa dan para pelaku pendidikan agar ketiga tips yang dianjurkan Mendikbud ini dapat terlaksana demi maju dan berkembangnya dunia pendidikan Indonesia sehingga kualitas SDM menjadi lebih baik lagi dari tahun ke tahun.  
loading...


EmoticonEmoticon