Friday, 30 September 2016

Apa Sih Bedanya Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

Apa Sih Bedanya Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

Apa perbedaan Ilmu Komputer, Teknik Informatika dan Sistem Informasi - Pak apa sih bedanya TI dan SI? Bu Guru apa perbedaan yang mencolok antara jurusan Teknik Informatika, Sistem Informatika dan Ilmu Komputer? Enaknya masuk mana ya kawan, TI apa SI? Mungkin itu beberapa pertanyaan yang sering muncul dikalangan siswa SMA atau SMK. Dan pertanyaan itu biasanya muncul ketika mereka sudah kelas dua belas dan menjelang pendaftaran SNMPTN atau SPBMPTN. Biasanya tempat mereka bertanya adalah Guru TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) atau Guru BK (Bimbingan Konseling). Tapi tidak menutup kemungkinan guru-guru yang lain pun ditanya masalah perbedaan ketiga jurusan tersebut.

Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi adalah jurusan yang peminatnya sangat banyak. Tidak dipungkiri jika jurusan TI, Tek-Kom, dan SI merupakan jurusan yang favorit bagi siswa-siswi SMA dan SMK. Dijaman yang serba modern, digital dan teknologi komunikasi maka sangatlah bijak jika siswa memilih ketiga jurusan tersebut, karena lowongan pekerjaan yang ada pun sangat luas dan banyak.

Siswa, guru, orang tua murid dan tentunya guru Bimbingan Konseling (BK) setidaknya tahu tentang perbedaan ketiga jurusan favorit tersebut. Oleh karena itu kami tim redaksi mardiyas.com mencoba untuk mengumpulkan dari berbagai sumber informasi untuk mengurai perbedaan ketiga jurusan tersebut yaitu Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Sistem Informasi. Simak informasinya ya...
Namun sebelumnya jika kalian butuh informasi tentang SNMPTN bisa kunjungi Panduan Cara Pendaftaran SNMPTN 2017/2018.

Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi


Jurusan Teknik Informatika

Jika kalian masuk dalam jurusan TI, maka kalian akan banyak mempelajari tentang cara pembuatan program dengan menggunakan aneka bahasa pemrograman. Mulai dari yang sederhana atau mudah hingga ke hal yang rumit atau kompleks. Kalian akan diajari membuat program menggunakan bahasa programan seperti Java, C++, atau PHP dalam pembuatan web. Bahasa pemrogrman seperti Visual Basic, C++, Foxpro bahkan sampai pada Oracle pun akan kalian dapatkan ketika ingin membuat sebuah program aplikasi perkantoran seperti program kasir, program transaksi apotik dan lainnya.

Selain itu, ada banyak matakuliah yang berbau matematika dan fisika dengan tujuan untuk mengasah logika dan aritmatika untuk menyelesaikan masalah. Karena seorang programmer itu harus benar-benar pandai dalam hal logika. Pada jurusan Teknik Informatika ini kalian juga akan mendapatkan materi tentang jaringan komputer, karena dalam hal pembuatan program aplikasi perkantoran biasanya program akan terhubung dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Jadi dasar-dasar jaringan perlu kalian kuasai juga.

Disiplin ilmu dari Teknik Informatika mencakup beberapa macam bidang, diantaranya Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi Manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Nah sudah jelas kan kenapa kalian harus masuk ke jurusan Teknik Informatika? Mau jadi apa? Kalian akan dicetak menjadi seorang Programmer.

Apa Sih Bedanya Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi


Jurusan Ilmu Komputer

Lalu bedanya Ilmu Komputer dengan Teknik Informatika itu seperti apa? Mungkin pertanyaan itu muncul sebelumnya, karena Ilmu Komputer masuk dalam disiplin Ilmu Teknik Informatika. Sebenarnya itu hanya dari penamaan saja. Perlu kalian ketahui kedua jurusan tersebut mempelajari hal-hal yang sama, yaitu tentang mengasah logika hingga membuat program.

Ilmu Komputer juga dikenal dengan Computer Science, secara umu diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Ilmu Komputer mencakup beragam topik berkaitan dengan komputer mulai dari analisis algoritma samapai pada bahasa pemrograman.

Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer dan rekayasa perangkat lunak (software). Sementara Teknik Komputer lebih cenderung berkaitan dengan perangkat keras komputer (hardware).

Jadi jika kalian masuk jurusan Ilmu Komputer maka kalian akan lebih banyak mempelajari tentang dasar-dasar komputasi komputer dan software komputer. Sedangkan Teknik Komputer lebih ke arah sebagai seorang Teknisi Komputer (Dokternya komputer, Red). 

Jurusan Sistem Informasi

Sistem Informasi tidak kalah populer dengan Teknik Informatika, sehingga menyebabkan banyak yang bingung mengenai perbedaan kedua jurusan ini. Saya sebagai junior konsultan di sekolah saja sering mendapatkan pertanyaan yang sama tiap tahunnya dari siswa mengenai perbedaan SI dan TI. Begini ceritantya...

Sistem Informasi merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen, Bingung? Dalam artian yang luas istilah Sistem Informasi yang sering digunakan untuk merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data dan teknologi.

Dalam perkuliahannya Sistem Informasi tidak jauh beda dengan Teknik Informatika, namun pada jurusan Sistem Informatika lebih ditekankan pada manajemen dalam mengolah sebuah data. Sebagai contoh dalam pembuatan sebuah program aplikasi maka dalam pelaksanaannya nanti tugas kalian adalah bagaimana cara agar program tersebut dapat berinteraksi baik dengan orang dalam mendukung sebuah bisnis didalamnya. Dengan kata lain Sistem Informasi ini merupakan fokus utama dari studi untuk organisasi informatika. Natinya kalian bisa menjadi seorang analisis program, konsultan program atau bahkan menjadi programmer.

Nah, semoga informasi sederhana di atas setidaknya bisa menjadi gambaran kemana kalian nantinya akan mengambil jurusan kuliah khususnya dibidang komputer. Sekali lagi Teknik Informatika itu lebih mempelajari pada seluruh materi komputer, Ilmu Komputer dan Teknik lebih pada perangkat lunak dan perangkat keras komputer, Sistem Informasi lebih pada manajemen sistem komputer. Jangan lupa baca juga Panduan Cara Pendaftaran SBMPTN 2017 bagi kalian yang tidak lolos seleksi SNMPTN.


loading...

1 komentar so far


EmoticonEmoticon