Saturday, 3 September 2016

Ini Serius, Jadi PNS Tanpa Tes Langsung Masuk

Ini Serius, Jadi PNS Tanpa Tes Langsung Masuk

Jadi PNS tanpa tes dan langsung masuk, apa syaratnya? - Di negara Indonesia fenomena menjadi Pegawai Negeri Sipil tetap menjadi yang populer dikalangan masyarakat. Menjadi PNS atau Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) juga menjadi idaman para orang tua untuk anak-anaknya. Kali ini kembali informasi terbaru seputar perekrutan CPNS muncul ke permukaan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Ya... KemenPAN-RB akan kembali membuka perekrutan pegawai negeri sipil (CPNS). Namun kapan itu, belum diketahui kepastiannya. MenPAN-RB, Asman Abnur mengatakan, pihaknya kini telah memikirkan teknis perekrutan PNS. Ia mengaku pihaknya masih pihaknya masih melakukan perbaikan terkait dengan sistem perekrutan agar mendapatkan sumber daya manusia yang kompeten.

"Aparatur sipil negara tidak boleh kalah dengan pegawai swasta, masak kami kalah dengan swasta. Dan Saya bilang ke Badan Kepegawaian Negara mulai dari perekrutan sampai program pelatihan itu harus diperbaiki," kata Asman kepada wartawan di Hotel Trans Luxury, Kota Bandung, Jumat (2/9/2016) seperti yang dilansir di tribunnews.com.

Asman pun berencana membentuk panitia seleksi nasional (panselnas) khusus terkait dengan perekrutan PNS nanti. Pihaknya berencana akan mencari lulusan sarjana yang memiliki indeks prestasi komulatif (IPK) tinggi.

"Khusus IP tinggi tidak perlu tes dan langsung masuk, dan kami butuh calon pegawai yang cumlaude, termasuk atlet," kata Asman.

Asman mengakui, pihaknya tengah membuat kriteria hal tersebut. Minimal, kata Asman, pemilik IP tinggi itu harus berasal dari perguruan tinggi yang status akreditasinya A.

"Kalau penempatannya itu tergantung kementrian yang membutuhkan. Kan ada ukurannya. Itu teknis," ucap Asman.

Terkait jumlah perekrutan, Asman mengaku akan melakukan secara bertahap.

Menurutnya, perekrutan tidak dilakukan dalam jumlah banyak. "Misalnya yang pensiun 100 ribu, kami rekrut 50 ribu," tutup Asman.

Ya semoga saja rencana ini dapat dijalankan oleh bapak menteri dan benar-benar terlaksana sebelum diganti atau dicopot dari jabatan menteri. Karena yang dikhawatirkan adalah program sudah berjalan dan belum 100 persen berhasil kebijakannya dirubah kembali.
loading...

1 komentar so far

Adanya kebudayaan malu datang terlambat dan pulang sebelum jadwal karena banyaknya tagihan utang tak meminjam dana keuangan disekolah melalui kepsek?. Apakah ini bukan termasuk pungli dari pihak terkait dengan alasan buat atasan atau pengawas. Tolong pihak terkait gimana solusinya!.


EmoticonEmoticon