Saturday, 3 September 2016

Nilai UKG Tinggi Tapi Raportnya Merah. Kok Bisa?

Contoh Raport UKG

Nilai tinggi kok merah, nilai rendah kok hitam, mengapa? - Banyak pertanyaan serupa muncul setelah ada program Guru Pembelajar dan guru diminta untuk Registrasi Akun Daring untuk melihat Raport UKG melalui web Sim Guru Pembelajar. Seperti dilingkungan SMAN 4 Jember, banyak guru yang sudah selesai registrasi dan dapat melihat raport atau laporan hasil UKG tahun 2015 dalam bentuk Raport UKG. Ada yang bergembira karena raportnya hitam dan ada yang penuh tanda tanya karena raportnya ada yang merah.

"Kok bisa ya, padahal nilai saya lebih tinggi dari teman saya yang sama mapelnya. Tapi punya saya ada yang merah, sedangkan punya teman saya itu merahnya lebih sedikit?" ucap Mrs Yuliati, M.Pd selaku pengampu mapel Bahasa Inggris.

|Baca Juga : 10 Fakta Terbaru Mengenai Guru Pembelajar

Kami mencoba untuk mengumpulkan informasi dan menyimak serta menganalisa apa penyebab terjadinya Raport UKG yang menimbulkan pertanyaan di atas.

Penjelasannya:
  1. Hitam (Memenuhi) atau Merah (Tidak Memenuhi) bukan ditentukan oleh tinggi rendahnya skor UKG, tetapi ditentukan oleh tercapainya atau tidaknya angka Kriteria Capaian Minimal (KCM >=55) dari tiap-tiap kelompok kompetensi (KK)
  2. Nilai KK adalah rerata dari kompetensi pedagogic dan profesional. Dalam UKG 2015 ada 10 KK yang diujikan yang merupakan turunan dari Standar Kompetensi Guru (SKG)
  3. Jadi, memperoleh nilai KK sedikit di atas 55 tapi merata pada 10 KK sudah cukup untuk menghitamkan Raport UKG Anda. Demikian sebaliknya memperoleh nilai KK sangat tinggi tetapi hanya beberapa KK dari 10 KK, maka dipastikan akan memerahkan Raport UKG Anda
  4. Yang kita tidak ketahui adalah dimana saja sebaran nomor soal yang merupakan representasi kelompok kompetensi (KK), karena soal di acak otomatis dari server pusat tiap -tiap peserta UKG.
  5. Apapun hasil UKG Anda, marilah kita tetap terus menjadi Guru Pembelajar.
  6. Tentunya hal ini perlu mendapatkan koreksi dan pembenahan dari pemerintah, agar Raport UKG yang diterimakan ke guru benar-benar valid dan dapat digolongkan sesuai dengan hasil UKGnya.
Nah, itulah beberapa penjelasan yang dapat kami sajikan, jika kurang pas mohon dikoreksi dan bisa disampaikan di kolom komentar atau kontak admin. terimakasih.

|Baca Juga : Video Tutorial Guru Pembelajar Moda Daring Terlengkap
loading...


EmoticonEmoticon