Tuesday, 11 April 2017

Panduan Cara Pendaftaran SBMPTN 2017

Panduan Cara Pendaftaran SBMPTN
Mardiyas.com - Panduan Cara Pendaftaran Online SBMPTN 2017 - Hari ini per tanggal 11 April 2017 pukul 08.00 WIB telah dibuka pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017. Bagi siswa yang tidak terjaring dalam 50 persen terbaik di sekolah untuk mengikuti SNMPTN yang akan berakhir pada 14 April 2017 bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN. Demikian juga yang tidak lolos seleksi SNMPTN 2017 bisa mendaftarkan diri melalui jalur SBMPTN 2017.

Kita ketahui untuk memasuki perguruan tinggi negeri maka siswa kelas XII SMA/SMK, MA calon mahasiswa harus mengikuti tes jalur seleksi nasional memasuki perguruan tinggi negeri. Jalur seleksi ini dibagi menjadi 2 yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Kalian harus tahu bahwa tidak semua siswa dapat masuk mengikuti seleksi SNMPTN. Jalur seleksi SNMPTN didasarkan pada nilai prestasi raport semester 1 sampai dengan 5. Sedangkan jalur SBMPTN didasarkan pada hasil ujina tulis atau kombinasi nilai ujian tulis dengan bidang kemampuan khusus seperti olahraga dan senibudaya. SBMPTN bisa diikuti oleh semua siswa SMA, SMK, MA dan yang sederajat serta dapat diikuti oleh lulusan 3 tahun terakhir.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN adalah seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional. Bagi calon mahasiswa, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintas wilayah dalam mengikuti SBMPTN.

Pendaftaran seleksi SBMPTN atau Pendaftaran Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri  SBMPTN merupakan salah satu cara atau mekanisme agar siswa lulusan SMA, SMK, MA atau sederajat dapat mengikuti tes masuk SBMPTN. Ada dua jenis ujian yang dilaksanakan saat SBMPTN yakni Ujian Tertulis dan Ujian Keterampilan. Berikut kami sajikan informasi mengenai kedua jenis ujian SBMPTN tersebut :

Ujian Tulis SBMPTN
  • Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
Ujian Keterampilan
  • Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani
  • Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman www.sbmptn.ac.id
SBMPTN bisa juga disebut sebagai jalur alternatif bagi kalian yang telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN tetapi tidak lolos, maka kalian bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Berdasarkan data dan fakta kebanyakan siswa-siswa yang tidak lolos saat mengikuti seleksi jalur SNMPTN justru lulus saat mengikuti seleksi jalur SBMPT. Jadi jangan pernah patah semangat untuk menggapai cita-cita. Selain itu bagi yang tidak bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN, bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Siswa yang tidak bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN biasanya adalah siswa yang tidak masuk dalam 75 persen peringkat paralel di jurusannya.

Mulai tahun kemarin mekanisme pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN sedikit mengalami perubahan. Salah satunya adalah perubahan dalam hal pelaksanaan ujian, pada tahun-tahun sebelumnya ujian seleksi SBMPTN hanya dilakukan melalui ujian tertulis dan ujian keterampilan. Sedangkan mulai tahun kemarin 2016 ada opsi pemilihan ujian menggunakan komputer, maka tidak perlu mengikuti tes tertulis, begitu sebaliknya jika mengikuti tes tulis maka tidak perlu mengikuti tes menggunakan komputer. Untuk ujian keterampilan masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Antara ujian tertulis dan ujian menggunankan komputer kalian tidak perlu bingung, inti ujiannya sama yang berbeda cuma mekanisme pelaksanaannya saja. Antara menggunakan Kertas LJK (PBT) atau menggunakan komputer online (CBT).

Adapun persiapan yang harus dilakukan adalah semisal dengan mulai gemar membaca dan mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun lalu atau mengerjakan soal-soal prediksi SBMPTN tahun ini. Selai itu pula, kalian bisa mengikuti aneka macam ujian try out SBMPTN dikota kalian, atau mengikuti les khusus Kiat Sukses SBMPTN di lebaga-lembaga kursus di kota kalian. Jangan lupa pula beribadah dan berdoa agar keinginan kalian untuk lulus SBMPTN terkabulkan.

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pendaftaran SBMPTN?

Semoga keterangan di atas dapat memberikan informasi yang kalian butuhkan mengenai SBMPTN di Negar kita. Mari kita simak tentang informasi yang kami himpun untuk memberikan gambaran kepada kalian-kalian yang ingin mengikuti seleksi mahasiswa baru jalur SBMPTN.

Persyaratan Pendaftaran Online SBMPTN
  1. Peserta adalah lulusan SMA, SMK, MA, MAK Negeri maupun Swasta dan Lulus maksimal 3 tahun terakhir
  2. Bagi Lulusan 2015 dan 2016 harus sudah memiliki ijasah
  3. Bagi Lulusan 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah Atas atau Kejuruan (SKL) sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
Setelah membaca dan bis memenuhi persyaratan pendaftaran SBMPTN di atas, kalian selanjutnya silahkan melakukan pendaftaran awal SBMPTN. Bagi kalian yang mengikuti program bidikmisi dan tidak lolos dalam seleksi bidikmisi SNMPTN jangan khawatir, karena jalur SBMPTN juga memiliki seleksi bidikmisi jalur SBMPTN. Coba simak informasi berikut ini mengenai program bidikmisi jalur SBMPTN.

Pendaftaran Program Bidikmisi Jalur SBMPTN

Kalian pasti sudah paham dan mengetahui syarat diterimanya seorang siswa untuk dikatakan layak mendapatkan bidik misik bukan. Agar bisa mendaftar Bidikmisi, maka calon peserta diharuskan mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, yang mana kalian sudah dinyatakan layak untuk mengikuti program Bidikmisi. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka kalian dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi seperti ketentuan di bawah ini :
  1. Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftakan diri ke situs resmi Bidikmisi, yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  2. Setelah mendaftar Bidikmisi dan dinyatakan memenuhi persyaratan maka Calon peserta penerima Bidikmisi akan memperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SBMPTN melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id tanpa harus membayar biaya seleksi.
  3. Calon peserta Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SBMPTN dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.


Pendaftaran Di Awal SBMPTN 2017

Nah, pada tahapan awal ini kalian diminta untuk mengisi data pendaftaran  awal SBMPTN. Untuk peserta jalur Bidikmisi jalur SBMPTN, tidak perlu melakukan pendaftaran SBMPTN tahap awal, namun langsung mendaftar SBMPTN.

Tata Cara Untuk Pendfataran Awal SBMPTN
  1. Pendaftaran awal dilakukan secara online dengan membuka alamat situ resminya di pendaftaran.or.id
  2. Setelah berada pada halaman website  tersebut, masukkan nama dan tanggal lahir kalian
  3. Kemudian cetak tanda bukti pendaftaran awal tersebut dan bawalah ke Bank saat kalian melakukan pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN
  4. Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan di Bank BNI atau Bank Mandiri sebesar Rp. 200.000
  5. Setelah membayar, kalian akan mendapatkan KAP dan PIN yang nantinya digunakan untuk melakukan pendaftaran online SBMPTN
Tata Cara Pendaftaran Online SBMPTN
  1. Buka situs resmi pendaftaran online SBMPTN di pendaftaran.sbmptn.or.id
  2. Login menggunakan KAP dan PIN yang telah kalian dapatkan dari Bank. Peserta Bidikmisi login menggunakan KAP dan PIN yang diperoleh setelah mendaftar Program Bidikmisi
  3. Setelah login, isilah data diri kalian secara lengkap dan benar
  4. Jangan lupa untuk memilih PTN yang kalian minati
  5. Periksalah kembali kebenaran data pendaftaran 
  6. Jika telah selesai, cetaklah tanda bukti pendaftaran online tersebut
  7. Tanda bukti pendaftaran yang kalian dapatkan berupa kartu tanda peserta SBMPTN
  8. Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian seleksi berlangsung
|Baca Juga : Tata Cara dan Langkah-langkah Pendaftaran Online SBMPTN 2017.

Kelompok dan Jumlah Program Studi Pilihan pada SBMPTN
  1. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
    * Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian saintek
    * Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok shoshum, maka peserta mengikuti kolompok ujian soshum
    * Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok saintek dan soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian campuran.
  2. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan
  3. Program studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum
  4. Peserta ujian yang hanya memilih satu program studi dapat memilih program studi di PTN manapun
  5. Peserta ujian yang memilih dua program studi atau lebih (maksimal 3 program studi), salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi lainnya boleh di PTN di luar wilayah tempat peerta mengikuti ujian seleksi.
  6. Ini sekedar tambahan, bahwasannya di tahun 2016 ada beberapa PTN yang tidak mau di nomor duakan. Maksudnya jika PTN pilihan pertama tidak Lolos namun lolos pilihan kedua di PTN X, maka PTN X ini tidak mau menerima peserta ujian SBMPTN tersebut. Untuk kebenarannya kalian bisa menanyakan informasinya langsung ke guru BK masing-masing. 
Kriteria Penerimaan Mahasiswa Baru SBMPTN
  1. Lulus pendidikan menengah atas atau kejuruan
  2. Lulus SBMPTN 2017
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan olah masing-masing PTN penerima

Jadwal Pelaksanaan SBMPTN 2016/2017

Berikut Jadwal Pendaftaran SBMPTN 2017:
  1. Pendaftaran Online:
    <> Computer Based Test (CBT) pada 11 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai 5 Mei 2017 Pukul 23.59 WIB. Khusus CBT pendaftaran dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama mulai tanggal 11 April pukul 08.00 WIB sampai dengan 25 April pukul 23.59 WIB atau tanggal sebelumnya sampai kuota tahap pertama habis dan tahap kedua mulai tanggal 26 April pukul 08.00 WIB sampai dengan 05 Mei pukul 23.59 WIB.
    <> Paper Based Test (PBT) pada 11 April 2017 Pukul 08.00 WIB sampai 05 Mei 2017 Pukul 22.00 WIB
  2. Pelaksanaan Ujian Tulis:
    <> Computer Based Test (CBT) pada 16 Mei 2017
    <> Paper Based Test (PBT) pada 16 Mei 2017
  3. Pelaksanaan Ujian Keterampilan pada 17 dan/atau 18 Mei 2017
  4. Pengumuman SBMPTN pada hari Selasa, 13 Juni 2017.

Itulah informasi mengenai Pendaftaran Online SBMPTN 2017. Semoga panduan pendaftaran online SBMPTN singkat ini dapat membantu kawan-kawan yang akan menempuh jenjang perkuliahan. Bagikan informasi ini kepada teman-teman yang lain melalui tombol-tombol berbagi yang ada di bawah artikel ini agar semuanya tidak mendapati kebingungan saat mendaftar SMBPTN, bahkan melakukan kesalahan-kesalahan fatal sehingga gagal mengikuti tes seleksi SBMPTN.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang mungkin bingung mengenai seputar Pendaftaran Online SBMPTN, Panduan Pendaftaran SBMPTN, Tata Cara Pendaftaran Online SBMPTN, Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN, Jalur Seleksi Nasional, Situs Resmi Pendaftaran Online SBMPTN, Pendaftaran SBMPTN 2017, pendaftaran.sbmptn.or.id, Pendaftaran SBMPTN Jalur Mandiri, Pendaftaran SBMPTN Gelombang Kedua, Pendaftaran SBMPTN, Pendaftaran Akhir SBMPTN 2017, Pendaftaran SBMPTN Bidikmisi, Pendaftaran SBMPTN Bidikmisi 2917, Pendaftaran SBMPTN Bermasalah, Pendaftaran SBMPTN Bank Mandiri, Pendaftaran SBMPTN Bank BNI, Pendaftaran SBMPTN Bagi Peserta Bidikmisi, Jadwal Pendaftaran SBMPTN, Jadwal Pendaftaran SBMPTN Bagi Alumni, Pendaftaran SBMPTN Biaya, Cara Pendaftaran SBMPT 2017, Contoh Pendaftaran SBMPTN 2017, Formulir Pendaftaran SBMPTN.
loading...

2 komentar

Wah terimakasih udah mau berkunjung. Mohon bantuannya untuk di share informasinya biar yang lainnya juga dapat manfaat tulisan sederhana ini. Sekali lagi terimakasih


EmoticonEmoticon