Friday, 13 January 2017

Panduan Cara Pendaftaran SNMPTN 2017

Panduan Cara Pendaftaran SNMPTN

Mardiyas.comPanduan Cara Pendaftaran SNMPTN - Tahun ajaran baru 2016/2017 sudah berjalan sekitar 3 bulan, itu artinya 2 - 3 bulan lagi akan diadakan Ujian Akhir Semester Ganjil di tingkat SMA, MA, SMK dan sekolah sederajat. Dan Merupakan Evaluasi terakhir untuk syarat mengikuti pendaftaran SNMPTN 2017. Perlu kalian ketahui bahwa salah satu syarat agar bisa mengikuti seleksi SNMPTN yaitu masuk 75 persen peringkat paralel di jurusannya untuk nilai Raport semester 1 sampai dengan semester 5 bagi SMA, MA dan SMK yang masa pendidikannya 3 tahun, nilai raport semester 1 sampai dengan semester 7 bagi SMK yang masa pendidikannya 4 tahun.

"BELAJARLAH DENGAN GIAT SEJAK SEMESTER PERTAMA AGAR KALIAN MENDAPATKAN NILAI RAPORT YANG BAGUS SEBAGAI SYARAT UTAMA LOLOS SELEKSI SNMPTN"

SNMPTN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru untu masuk perguruan tinggi negeri yang dilakukan secara serentak se Indonesian. Sekedar informasi bahwa sejak tahun 2013 SNMPTN Tulis berubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), sedangkan SNMPTN Undangan berubah menjadi SNMPTN (tanpa Undangan) dengan kriteria seleksi penerimaan SNMPTN berdasarkan nilai raport, nilai Ujian nasional dan Prestasi Akademis lainnya.

"GIATLAH MENGIKUTI LOMBA-LOMBA TINGKAT KABUPATEN, PROPINSI ATAU NASIONAL. DENGAN MENJADI JUARA MAKA ITU ADALAH POIN PLUS UNTUK DITERIMA SAAT SELEKSI SNMPTN"

Pendfataran SNMPTN adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa perguruan tinggi negeri yang pertama kali dibuka. Jika kalian tidak lolos seleksi jalur SNMPTN maka kalian bisa mengikuti jalur berikutnya yaitu SBMPTN. Pendaftaran SBMPTN dibuka setelah seluruh proses seleksi SNMPTN selesai sampai Pengumuman Kelulusan SNMPTN. SNMPTN pada saat ini telah menjadi jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri terfavorit. Hal ini terlihat dari kuota penerimaannya yang disedikan. Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN memiliki kuota paling banyak yaitu 40 persen, sedangkankan SBMPTN 30 persen dan UMPTN 30 persen .

Tahun 2016 merupakan pertama kalinya Pendaftaran  SNMPTN diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setelah pindahnya bagian Pendidikan Tinggi dari Kemendikbud ke Kemenristekdikti

Semoga sedikit penjelasan di atas dapat memberikan gambaran kepada kalian untuk bisa mempersiapkan diri dalam mengikuti seleksi SNMPTN guna menyongsong masa depan. Berikut kami paparkan mengenai Panduan Pendaftaran Seleksi SNMPTN 2017.


PANDUAN CARA PENDAFTARAN SNMPTN ONLINE

Persyaratan Sekolah
  1. SMA/SMK/MA/MAK Negeri maupun Swasta, termasuk sekolah Republik Indonesia di luar negeri yang memiliki NPSN.
  2. Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar

Tata Cara Pengisian PDSS Oleh Sekolah pada SNMPTN
  1. Kepala Sekolah atau yang mewakili membuka situs pangkalan data PDSS di alamat www.pdss.snmptn.ac.id
  2. Kemudian mendaftarkan nama-nama siswa dan mengisi data siswa yang akan ikut seleksi jalur SNMPTN pada alamat situs tadi
  3. Nantinya Kepala Sekolah akan mendapatkan NISN dan Password
  4. Kepala Sekolah memberikan NISN dan Password kepada siswa
  5. Siswa melakukan verifikasi terhadap data yang telah diisikan oleh Sekolah pada PDSS
  6. Jika siswa tidak melakukan verifikasi, maka data tersebut telah dianggap benar
  7. Fungsi siswa melakukan verifikasi adalah memastikan data nilai yang dimasukkan sekolah sudah benar dan sesuai dengan data nilai yang ada di raport
  8. Jika ada selisih perbedaan maka yang benar adalah yang di raport. Segera minta perubahan perbaikan data ke Sekolah.
  9. Selanjutnya siswa peserta SNMPTN dapat melakukan pendaftaran SNMPTN sendiri.

Tata Cara Pendaftaran Online Oleh Peserta Pendaftar SNMPTN
  1. Buka Situs resmi pendaftaran Online SNMPTN di www.web.snmptn.ac.id
  2. Login menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh sekolah
  3. Mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (Upload) file foto resmi berwarna terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada)  
  4. Khusus siswa yang mendaftar pada program studi keolahragaan dan seni, diwajibkan mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah
  5. Periksalah kembali kebenaran data diri kalian kemudian memfinalisasi pendaftaran SNMPTN (siswa yang tidak memfinalisasi dianggap tidak mengikuti seleksi jalur SNMPTN)
  6. Jika sudah selesai selanjutnya adalah mencetak kartu tanda peserta SNMPTN 2017

Persyaratan Siswa Peserta SNMPTN
  1. Siswa yang akan lulus dari SMA/SMK/MA pada tahun 2017
  2. Memiliki prestasi unggul yaitu : calon peserta masuk peringkat terbaik atau paralel di jurusannya pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan Akreditasi Sekolah sebagai berikut:
    <> Akreditasi A, 50% terbaik di sekolah dan jurusannya
    <> Akreditasi B, 30% terbaik di sekolah dan jurusannya
    <> Akreditasi C, 10% terbaik di sekolah dan jurusannya
    <> Belum terakreditasi 5 % terbaik di sekolah dan jurusannya.
  3. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  4. Memiliki Nilai Raport semester satu sampai dengan semester 5 bagi siswa SMA/MA, SMK masa pendidikannya 3 tahun atau Nilai Raport semester 1 sampai dengan 7 bagi SMK masa pendidikannya 4 tahun yang telah diisikan di PDSS.
Tahapan Seleksi SNMPTN
  1. Siswa Pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi
  2. Siswa yang memilih dua PTN, apabila dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan pertama, maka akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan prodi dan ketersediaan daya tampung masing-masing program studi.

Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi pada SNMPTN
  1. Setiap siswa Peserta pendaftar SNMPTN bisa memilih sebanyak-banyaknya 2 PTN
  2. Apabila memilih 2 PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah asalnya
  3. Apabila memilih 1 PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi manapun
  4. Siswa Peserta SNMPTN dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 program studi
  5. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan
  6. Siswa SMK/MAK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN

Biaya Pendaftaran SNMPTN

Perlu kalian ketahui bahwa biaya pendaftaran SNMPTN telah ditanggung oleh pemerinta, sehingga peserta SNMPTN tidak perlu lagi membayar biaya pendaftaran. Hal ini memberikan keringanan kepada siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang mengikuti seleksi melalui jalur SNMPTN.


Pendaftaran Jalur SNMPTN Bidikmisi

Pendaftaran SNMPTN Bidikmisi merupakan pendaftaran SNMPTN yang dikhususkan bagi siswa-siswi yang berasal dari keluarga kurang mampu atau miskin. Pendaftaran Bidikmisi diawali oleh Sekolah yang merekomendasikan para siswanya. Operator Sekolah membuka situs pendaftaran Bidikmisi untuk sekolah yaitu di alamat www.bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian klik login sekolah. Isi data sekolah dan data siswa yang akan mengikuti Program Bidikmis.

Jadi biarkan sekolah kalian yang mendaftakan kalian Program Bidikmisi melalui Operator Sekolah. Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian klik login siswa. Siswa login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses yang telah diberikan oleh sekolah. Isi biodata kalian dengan lengkap dan benar. Setelah selesai mengisi data, lalu cetak kartu peserta Bidikmisi, dan selanjutnya kalian bisa mendaftarkan diri mengikuti SNMPTN. Untuk syarat umum mendaftar bidikmisi silahkan klik Apa Saja Persyaratan Agar Bisa Ikut Bidikmisi?

Berikut jadwal lengkap pelaksanaan Pendaftaran SNMPTN 2017.
  1. Pengisian dan Verifikasi PDSS pada 14 Januari s.d 12 Februari
  2. Pendaftaran Online SNMPTN pada 21 Februari s.d 6 Maret
  3. Pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN pada 14 Maret s.d 14 April
  4. Proses seleksi dilakukan pada 15 Maret s.d 15 April
  5. Pengumuman Kelulusan SNMPTN pada 25 April jam 18.00 WIB

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Informasi Panduan Cara Pendaftaran SNMPTN. Semoga tulisan sederhana ini dapat membantu dalam mempersiapkan diri untuk menempuh jenjang pendidikan selanjutnya melalui seleksi jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru SNMPTN.

Jika ada pertanyaan atau kurang jelas mengenai Informasi Pendaftaran SNMPTN bisa ditanyakan melalui kolom komentar dibawah artikel ini. Kami akan memberikan jawaban yang akan kalian butuhkan agar dapat memberikan penjelasan lebih lanjut.

Semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran bagi kalian yang masih belum tahu tentang Pendaftaran SNMPTN 2017, Pendaftaran SNMPT Jalur Mandiri, Pendaftaran Mahasiswa Baru Melalui SNMPTN, Pendaftaran SNMPTN Untuk alumni, Pendaftaran pdss.snmptn.ac.id, Pendaftaran Bidik Misi SNMPTN, Cara Pendaftaran SNMPTN, Cara Pendaftaran SNMPTN Online, Contoh Pendaftaran SNMPTN 2017, Pendaftaran SNMPTN Ditutup, Form Pendaftaran SNMPTN, Pendaftaran SNMPTN Gelombang Kedua, Nomor Pendaftaran SNMPTN Hilang, Pendaftaran SNMPTN Jalur Bidik Misi. Pendaftaran Kuliah SNMPTN, Pendaftaran SNMPTN Login Siswa, Pendaftaran SNMPTN Login Sekolah, Pendaftaran SNMPTN Nasional, Pendaftaran Online SNMPTN.
loading...

6 komentar

Terima kasih pak. Ini sangat bermanfaat :)

Sama-sama. Senang jika bisa bermanfaat. Ikuti terus infonya. terutama untuk pendaftaran 2017 jika sudah ready

kira kira kapan ya pak mulainya pendaftaran snmptn 2017/2018

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2016/2017

Berikut jadwal lengkap pelaksanaan Pendaftaran SNMPTN 2017.
Pengisian dan Verifikasi PDSS pada 14 Januari s.d 12 Februari
Pendaftaran Online SNMPTN pada 21 Februari s.d 6 Maret
Pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN pada 14 Maret s.d 14 April
Proses seleksi dilakukan pada 15 Maret s.d 15 April
Pengumuman Kelulusan SNMPTN pada 26 April jam 13.00 WIB.

Data sudah kami update - bisa dibaca kembali artikelnya. terimakasih

Terimakasih banyak atas informasinya pak..


EmoticonEmoticon