Saturday, 3 September 2016

PLPG dan Bagaimana Menjalaninya?

PLPG dan Bagaimana Menjalaninya?

Sekilas tentang PLPG dan Bagaimana Persiapan Menjalaninya? - PLPG merupakan kependekan dari Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Dalam dunia pendidikan, guru dan dosen sejak dicetuskannya program sertifikasi guru pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, PLPG merupakan program yang dikhususkan bagi guru dan dosen yang sudah memenuhi syarat untuk menerima tunjangan profesi atau sertifikasi. PLPG bertujuan untuk meningkatkan komptensi dan profesionalisme guru. PLPG sendiri hadir sebagai pengganti dari porttofolio yang dinilai kurang maksimal dalam menjaring guru agar lulus sertifikasi.

Dalam menjalani PLPG tentu ini adalah hal yang tidak mudah untuk dibayangkan. Bukan berarti menakut-nakuti. Yang namanya penjaringan dan agar mendapatkan hasil yang diharapkan sesuai dengan keinginan negara, maka PLPG patut dipersiapkan sejak dini.

Berikut beberapa tips yang dapat kami sajikan dalam mengikuti PLPG:

  1. Fisik adalah modal utama dalam mengikuti PLPG karena jadwal dan banyaknya tugas secara tidak langsung akan menguras tenaga dan pikiran peserta PLPG. Saran kami bawalah vitamin atau suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Tidak sedikit peserta PLPG yang jatuh sakit ketika mengikuti PLPG. Padahal syarat utama kelulusan PLPG adalah absensi.
  2. Membawa materi pelajaran dan peer teaching. Karena tugas-tugas tersebut berhubungan dengan materi pembelajaran yang diampu.
  3. Perangkat pembelajaran, baik softcopy maupun hardcopy atau yang sudah dicetak.
  4. Proposal PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
  5. Laptop dilengkapi printer dan yang tidak kalah penting adalah modem. Medem berguna jika ditempat menginap peserta PLPG tidak tersedia jaringan internet. Tersedia pun mungkin akan lambat karena banyak yang mengakses. Dijaman yang serba canggih ini Anda bisa menggunakan Smartphone Anda sebagai modem. Kita ketahui bahwa internet sangat membantu peserta ketika membutuhkan informasi tambahan untuk mengerjakan tugas-tugas. Untuk printer sifatnya tidak wajib, karena biasanya di sekitar tempat penginapan banya yang menawarkan jasa pengetikan. Tentu biaya dan waktu yang dibutuhkan jadi lebih besar. Amannya kami sarankan bawa sendiri saja printernya. Dan jangan lupa kertasnya juga ya...
  6. Kertas A4
  7. Peer teaching atau microteaching.
Materi PLPG

Pada dasarnya semua materi yang diberikan pada saat PLPG sangat bermanfaat bagi peserta, namun ada satu materi yang berbeda dan merupakan teknik yang baru pada pelaksanaan pembelajaran di kelas yaitu Model pembelajaran PAIKEM, dan Pemanfaatan Media Belajar, serta Pembuatan RPP yang baik dan benar. Ada banyak model atau strategi yang dikembangkan oleh para ahli saat PLPG dalam usaha untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa, diantaranya pembelajaran Kontekstual, Nodel Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Quantum, Model Pembelajaran Terpadu, Pembelajaran Berbasi Masalah (PBL).

Materi Dalam PLPG yang dipelajari antara lain:
  • Pengertian Media Pembelajaran
  • Berbagai bentuk media pembelajaran : media visual, media audio, media audio visual, multimedia, pengembangan media sederhana, cara pemilihan media dan penggunaan media dalam pembelajaran.
  • Lebih khusus lagi materi PLPG disesuaikan dengan matapelajaran yang diampu peserta.
Namun semua itu nanti tergantunga dari narasumbernya karena setiap narasumber menyampaikan materi dari sudut pandang yang bermacam-macam.

Manfaat PLPG
  1. Memperdalam ilmu dan wawasan mata pelajaran
  2. Penguasaan IT meningkat
  3. Performa atau penampilan di depan kelas semaik baik
  4. Menambah teman
  5. Semakin menghargai peserta didik dengan keberagamannya
  6. Dapat membuat perangkat pembelajaran yang baik dan benar
  7. Dapat menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif
  8. Menambah motivasi dalam mengajar di kelas
  9. Semakin mampu mengelola kelas dengna baik
  10. Semakin menyadari kelemahan dan kekurangan sebagai guru yang baik.
Informasi selengkapnya tentang PLPG dapat diakses di website resmi :
1. Untuk guru di lingkungan Dinan Pendidikan www.sergur.kemdiknas.go.id
2. Untuk guru di lingkungan Kemenag www.pendis.kemenag.go.id


loading...


EmoticonEmoticon