Saturday, 17 September 2016

Ribet, Kenaikan Pangkat Tak Akan Pernah Lagi


BKN Kenaikan pangkat Berbasis Less Paper - Kenaikan pangkat bagi para PNS merupakan hal yang wajib dilakukan guna mengupgrade diri. Namun kenyataannya banyak PNS yang tidak melakukan kewajiban tersebut. Alasannya sederhana, ribet, ruwet, capek, melelahkan karena harus mengumpulkan berkas-berkas saat mau melaksanakan kenaikan pangkat dan pengajuan pensiun. Namun hal kenaikan pangkat itu telah diminimalisir oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

BKN akan berlakukan pelayanan KPO dan PPO berbasis less paper seperti yang dilansir di situs resmi bkn.go.id. Guna meningkatkan percepatan layanan kepegawaian utama, seperti kenaikan pangkat (KP) dan Pensiun, BKN akan menerapkan sistem pelayanan Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO) berbasis less paper. Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Iwan Hermanto menjelaskan bahwa less-paper yang diartikan dalam layanan KPO dan PPO, yakni dengan mengurangi persyaratan administratif yang sebelumnya masih memerlukan banyak dokumen, kini diminimalisasi.

Sestem layanan kepegawaian KPO dan PPO sudah dilaksanakan oleh BKN sejak tahun 2015 lalau dengan mengacu pada peraturan Kepala (Perka) BKN Nomor 25 Tahun 2013 tentang Pedoman Pemberhentian Persetujuan Teknis Kenaikan Pangkat Reguler PNS Tinggak I Golongan Ruang IV/b ke bawah dan Perka BKN Nomor 26 Tahun 2013 tentang Pedoman Pemberhentian dan Pemberian Pensiun PNS yang mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) yang akan diberhentikan dalam Pangkat Pembina Tingkat I Golongan Ruang IV/b ke bawah.

Layanan KPO dan PPO berbasis less paper dilakukan untuk memangkas dokumen persyaratan administratif yang harus dipenuhi ketika mengajukan usulan Kenaikan Pangkat dan Pensiun, sehingga proses pengusulan hingga penetapan dapat berjalan singkat tanpa melewati alur yang panjang dengan prosedur yang kompleks.

|Baca Juga : PNS Dan Guru PNS Naik Pangkat Otomatis Plus Tunjangannya Mulai Tahun Ini

Hal ini merupakan komitmen BKN untuk terus melakukan terobosan dalam mempermudah dan mempersingkat seluruh layanan kepegawaian, serta mengoptimalkan seluruh sistem informasi kepegawaian yang cepat, tepat dan akurat. iwan Hermanto menegaskan bahwa perjalanan sistem ini juga tentu membutuhkan kerjasama dan komitmen seluruh pihak, terutama pihak setiap Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam melakukan rekonsiliasi data PNS melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) yang dimiliki oleh BKN.

Semoga informasi yang disampaikan melalui humas BKN ini setidaknya dapat menjawab keluh kesah para PNS dalam melakukan kenaikan pangkat dan pengajuan pensiun. Semoga BKN dapat melaksanakan program KPO dan PPO ini dengan maksimal, sehingga permasalahan-permasalahan administratif PNS dikit demi sedikit dapat teratasi.

Berikut adalah Alur Kenaikan Pangkat sistem Otomatis dan Penetapan Pensiun Otomatis

Alur Kenaikan Pangkat

Alur Penetapan Pensiun


loading...


EmoticonEmoticon