Tuesday, 13 September 2016

7 Tips Sukses Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate

7 Tips Sukses Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate

Tips Wawancara Kerja Bagi Fresh Graduate - Selamat siang sobat-sobat yang sedang dalam keadaan bersuka cita karena baru saja lulus dari pendidikannya. Baik pendidikan diploma, maupun sarjana. Apakah sobat sedang bingung ditengah kegembiraan sobat dalam memikirkan langkah selanjutnya untuk mendapatkan perkerjaan. Ya... itu sudah pasti. Setelah lulus kuliah yang harus dipikirkan berikutnya adalah "Aku harus segera mendapatkan pekerjaan".

Pertanyaan wawancara kerja fresh graduate. Mungkin juga Jawaban wawancara kerja fresh graduate sobat butuhkan untuk saat ini agar dapat membantu walau hanya sekedar memberi gambaran apa yang harus dipersiapkan dalam menghadapi wawancara kerja bagi fresh graduate yang belum berpengalaman sama sekali. Namun pada kesempatan kali ini kami sajikan terlebih dahulu Tips wawancara kerj untuk fresh graduate agar dapat dijadikan gambaran sehingga bisa sukses dalam melakoni dunia kerja.

7 TIPS SUKSES WAWANCARA KERJA UNTUK FRESH GRADUATE AGAR DITERIMA

  1. Persiapkan Diri Anda Mulai Dari Kondisi Tubuh, Penampilan dan Sikap
    Untuk hal yang satu ini merupakan syarat wajib untuk menghadapi wawancara kerja fresh graduate. Kesehatan tubuh, suasana hati atau mood benar-benar harus dijaga. Penulis memiliki pengalaman 3 kali menghadapi wawancara kerja yang mana tim pengujinya biasanya dari lembaga penguji wanwancara kerja HRD. Ketiga situasi itu hampir sama walaupun beda tempat kerja yang dilamar. Terakhir kalinya adalah lembanga perbankan. Ada hal yang perlu diperhatikan bahwa kadangkala saat tes wawancara penguji sengaja membiarkan kita dalam keadaan menunggu panggilan yang cukup lama. Ya cukup lama... Jadual wawancara kerja yang penulis terima waktu itu adalah 14.00 WIB dan sobat tau saya dipanggil jam berapa? 21.00 WIB. Bukan berarti sobat untuk tidak datang tepat waktu lho ya. Ontime itu hal paling penting.

    Bisa sobat bayangkan menunggu lebih dari 6 jam diruang tunggu. Sobat tahu menunggu adalah hal yang menjenuhkan. Lelah, lapar, tidak bersemangat dan rasa malas akan menghampiri sobat. Nah untuk yang satu ini kami bisa berikan beberapa saran untuk menghadapinya. Pastikan sobat makan dulu sebelum berangkat interview kerja. Jangan lupa bawa roti dan coklat yang sobat sukai untuk mengganjal lapar jika nanti terlalu lama menunggu, perlu sobat ketahui coklat adalah sumber moody yang baik untuk tubuh kita (biar gak cepat bad mood). Bawa air minum yang cukup untuk dimasukkan didalam tas sobat. Bawa kelengkapan make up (buat yang perempuan), yang laki-laki bisa bawa minyak rambut dan sisir, bawa parfum juga ya! ini semua untuk menjaga penampilan agar tetap rapi dan bersih. Jika mengantuk selama menunggu, sobat bisa pergi ke kamar mandi untuk cuci muka atau mushola untuk berwudhu, ini semua agar tetap terlihat fresh.

  2. Tunjukkan Pada Penguji Bahwa Anda Adalah Seorang Yang Penuh Percaya Diri
    Merupakan salah satu aspek penting yang diperhatikan oleh perusahaan untuk calon karyawan yang nantinya akan bekerja di bidang yang bersinggungan dengan banyak orang, seperti bank. Kemungkinan sangat kecil untuk lolos interview kerja jika satu hal ini belum bisa sobat kuasai.

    Kepercayaan diri tidak hanya berfungsi agar si karyawan dapat berkomunikasi dengan orang lain lebih baik lagi, namun juga agar karyawan lebih memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas kerja yang dibebankan, semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin percaya perusahaan tersebut memperkerjakan sobat.

    Jika sobat memiliki kepercayaan diri yang rendah maka sudah dipastikan sobat akan sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain dan dampaknya adalah pekerjaan menjadi terbengkalai karena tidak terjalinnya komunikasi yang baik dengan karyawan yang lain bahkan pimpinan.

    Kami punya beberapa saran agar sobat bisa memiliki kepercayaan diri dalam hal apapun. Sobat bisa melatih kepercayaan diri dengan rutin berbicara dengan diri sendiri di depan cermin. Sobat juga bisa melatih kepercayaan diri dengan memperbanyak komunikasi dengan orang-orang baru. Misalkan sobat sedang ke Mall atau minimarket, cobalah untuk mengajak mereka ngobrol tentang barang dagangan yang mereka jaga. InsyaAllah mereka senang (karena sebenarnya mereka juga lelah seharian bekerja) untuk berkomunikasi dengan sobat, namun harus ingat batasan kesopanan ya... Sobat harus belajar untuk tidak malu berbicara dengan orang lain, terlebih dengan orang baru karena jika sobat bekerja maka sobat akan bertemu dengan orang-orang baru. Ingat, saat sobat wawancara kerja sobat akan berhadapan dengan penguji yang merupakan orang yang baru sobat ketahui.

  3. Jangan Pernah Ada Kata TIDAK Dalam Memberikan Jawaban Tetapi Katakan YES
    Sobat mungkin sudah sering dengar dalam pendidikan psikologi dan ilmu kehidupan, jangan pernah berfikiran negatis, dont be negative thinking, selalu berpikirlah positif, be positive thinking. Itu artinya sobat diminta untuk tidak sekali-kali mengatakan TIDAK, namun katakan YA!. 

    Singkatnya seperti ini, otak sobat jika dijejali hal-hal yang negatif atau selalu mengatakan tidak maka alam bawah sadar kita akan merespon itu semua, oleh sebab itu seringkali jika sobat mengatakan tidak maka hal-hal negative akan datang pada sobat. Namun sebaliknya jik sobat suka mengatakan YA maka otak sobat atau entah bagaimana sobat akan mencari jalan keluara demi suksesnya kata YA tersebut, alam bawah sobat akan menuntun untuk kesuksesan kata YA tersebut.

    Kerap kali dalam sebuah wawancara masuk kerja, penguji memberikan pertanyaan wawancara kerja soal kemampuan apa yang sobat miliki. Misalkan, "Bisa mengoperasikan komputer?" atau "Bisa menggunakan Corel Draw atau Adobe Permiere?"

    Jika sobat mendapatkan pertanyaan semacam ini atau sejenisnya jangan pernah sekalipun mengatakan tidak bisa, karena sekali sobat menjawab tidak bisa maka si penguji akan memberikan penilaian terhadap kemampuan yang Anda miliki dan akan memutuskan bahwa Sobat tidak layak untuk masuk ke perusahaan yang sobat lamar.

    "Lho... kan memang saya tidak bisa komputer apalagi CorelDraw." itulah kesalahan sobat, penguji tidak akan pernah menanyakan hal yang tidak mungkin untuk tidak bisa dipelajari. Saat sobat menjawab TIDAK untuk pertanyaan yang sebenarnya bisa sobat pelajari bahkan itu mudah, maka perusahaan tidak akan percaya kepada sobat untuk memberikan tanggung jawab pekerjaan kepada karyawan yang tidak mau berusaha untuk bisa mengerjakannya.

    Lalu apakah sobat berbohong? Solusi dari masalah ini sebenarnya cukup sederhana, sobat tidak perlu berbohong bahwa sobat bisa. Yang harus sobat lakukan adalah belajar. Saat sobat ditanya apakah sobat bisa menggunakan komputer, Sobat harus menjawab BISA dan juga harus berkomitmen dengan jawaban sobat tersebut. Jika sudah menjawab bisa menggunakan komputer, maka dalam waktu 1 hingga 2 minggu ke depan sobat harus fokus untuk belajar mengoperasikan komputer dan saat sobat sudah resmi menjadi karayawan, sobat tetap bisa belajar komputer sambil bekerja.

    Biasanya saat sobat dinyatakan lulus tes interview kerja akan ditanya kapan bisa mulai bekerja di perushaan ini. Saat inilah sobat bisa menjawab untuk memulai bekerja 1 minggu lagi, dan dalam waktu 1 minggu tadi sobat bisa belajar untuk mengoperasikan komputer.

  4. Jawab Dengan Tegas Setiap Pertanyaan dan Sesuai Dengan Yang Ditanyakan
    Pada poin ini banyak sekali para peserta tes wawancara kerja fresh graduate yang melakukan kesalahan yang seharusnya tidak perlu mereka lakukan. Banyak dari fresh graduate yang memberikan jawaban wawancara kerja bertele-tele saat ditanyai oleh pihak HRD (Human Resource DEpartement) perusahaan.

    Dengan memberikan jawaban wawancara kerja yang bertele-tele atau berputar-putar maka sobat akan dicap oleh sang HRD sebagai orang yang tidak tegas dan lebih buruknya sobat akan dianggap orang yang pandai berkilah. Dengan begini kesmpatan sobat untuk masuk ke perusahaan yang sobat lamat semakin sempit dan bahkan tertutup.

    Saran dari kami adalah jawablah setiap pertanyaan yang dilontarkan penguji dengan tegas, jelas dan tidak bertele-tele. Jawab sesuai pertanyaan yang diberikan. Misalkan pihak penguji atau HRD memberikan pertanyaan interview yang perlu dijawab "ya" atau "tidak" maka cukup jawab dnegan singkat dan jelas.

    Jika sobat diminta untuk menjelaskan barulah tugas sobat untuk menjelaskan dengan cukup panjang namun tetap jelas dan padat.

  5. Persiapkan Sebuah Jawaban Spektakuler Akan Pertanyaan Mengenai Motivasi Bekerja
    Ini adalah pertanyaan pamungkas yang mana disetiap interview kerja selalu dilontarkan. Jika sobat ditanya mengenai apakah motivasi sobat melamar dan bekerja di perusahaan ini oleh penguji wawancara kerja, sobat harus menjawab dengan baik. Maka jawaban terbaik adalah berikan jawaban yang sesuai dengan bidang kerja yang sedang sobat lamar saat ini.

    Sebagai contoh jika sobat melamar di suatu perusahaan desain grafis dan web desain maka sobat bisa menjawab jika sobat memiliki hobi menggambar digital dendan menggunakan Photoshop atau Corel Draw dan juga senang dengan dunia programmer yang sangat diperlukan oleh para desainer web.

    Dengan bigini ada baiknya sobat mencari informasi mengenai perusahaan yang dilamar atau bisa juga mencari informasi tentang visi dan misi perusahaan yang sedang dilamar. Cari tahu juga tentang latar belakang perusahaan yang sobat lamar, tentang produk-produk yang ditawarkan , dan tentang sepak terjang perusahaan yang sobat lamar saat ini.

    Dengan begitu sobat dapat menjawab pertanyaan tentang motivasi bekerja ini dengan lebih baik dan akan membuat HRD menyukai sobat bahkan memilih sobat untuk lolos wawancara kerja sebagai karyawan.

  6. Berikan Jawaban Yang Normatif Saat Ditanya Mengenai Gaji
    Ini nih bab yang membuat seorang pelamar pekerjaan di tahap wawancara kerja, apalagi wawancara kerja fresh graduate yang notabene belum pernah gajian. Namun sobat tidak boleh bingung jika menerima pertanyaan dari penguji mengenai jumlah nominal gaji yang sobat inginkan jika diterima diperusahaan yang sobat lamar.

    Jawaban yang normatif dalam artian jawaban yang Anda berikan tidak perlu menjawab pertanyaan secara spesifik tetapi jawaban yang lebih luas. Saat sobat ditanya mengenai hal ini oleh HRD banyak fresh graduate yang melakukan kesalahan dengan mengajukan gaji yang terlalu muluk-muluk.

    Sebagai fresh graduate yang masih miskin pengalaman ada baiknya jika ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" cukup sobat jawab, "Cukup sesuai dengan standar perusahaan dan standar pemerintah saja." itulah contoh jawaban saat interview.

    Jawaban seperti ini akan membuat tim HRD berpikir bahwa sobat orang yang kompeten dan siap bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang lebih. Jika sobat menjawab bagian ini dengan terlalu muluk-muluk bukan tidak mungkin jika sobat tidak akan lolos dari tes wawancara kerja ini.

    Jangan pernah ngotot untuk meminta gaji sesuai dengan yang sobat inginkan karena jika sobat melakukan hal itu dapat dipastikan sobat tidak akan lolos. Hal itu dikarenakan sobat akan dianggap sebagai orang yang suka menuntut dan hal ini sangat dihindari oleh perusahaan.

    Saat sudah mulai bekerja cukup tunjukkan bahwa diri sobat memang layak untuk digaji lebih maka nila gaji sobat akan naik dengan sendirinya. Di Jamin.

    |Baca Juga : 7 Cara Jitu Atur Waktu Agar Kerja Lebih Produktif

  7. Berdoa dan Mohon Doa Restu Orang Tua Terutama Ibu
    Seperti yang sudah diajarkan oleh orang tua penulis, doa restu dari orang tua adalah faktor X yang juga harus diperhitungkan. Ada baiknya selama menempuh ujian tes masuk kerja hingga tahap akhir wawancara kerja sobat sudah mohon ijin dan doa restu dari orang tua terutama ibu. Semua usaha yang kita lakukan tanpa diiringi dengan doa terasa sia-sia. Walaupun kadangkala keberuntunganlah yang berpihak pada sobat.

    Semua usaha telah sobat lakukan, mulai dari belajar agar bisa lulus pendidikan dengan nilai memuaskan yang juga sekian persen modal dari diterimanya sobat bekerja di perushaan yang sobat lamar. Tentu doa adalah jalan terakhir sobat memasrahkan segala keputusan kepada Allah Tuhan Yang Maha Perkasa. Ada baiknya doa ini sudah diniatkan dan dipanjatkan sejak sobat berada di bangku kuliah. Jadi doanya tidak hanya lulus sarjana atau diploma saja namun setelah luluh agar dimudahkan untuk mendapat pekerjaan. Jadi tidak menjadi sarjana yang sia-sia.
Baiklah sobat, itu saja dulu yang bisa kami tuliskan mengenai Tips Sukses Wawancara Untuk Fresh Graduate. Harapan besar kami terhadap sobat sekalian untuk benar-benar mengilhami mengenai 7 Tips Sukses Wawancara Kerja yang kami sajikan di atas agar sobat bisa diterima bekerja di tempat yang sobat inginkan. Bagikan informasi tips interview untuk fresh graduate kepada teman-teman sobat agar mereka juga mendapatkan manfaat atas jerih payah mereka dan sobat selama menempuh pendidikan atau kuliah.

Semoga tulisan ini dapat membantu bagi sobat-sobat yang bingung seputar tips wawancara kerja fresh graduate, pertanyaan wawancara kerja fresh graduate, pertanyaan interview fresh graduate, tips interview kerja untuk fresh graduate, contoh pertanyaan wawancara kerja fresh graduate, pertanyaan dan jawaban wawancara kerja fresh graduate, tips wawancara kerja bagi fresh graduate, tips interview hrd, cara menjawab untuk pertanyaan interview, contoh jawaban saat interview, tentunya juga tips sukses wawancara kerja untuk fresh graduate. Semoga info ini bermanfaat dan membantu.
loading...


EmoticonEmoticon