Friday, 16 September 2016

Hindari Warna Pakaian Ini Saat Wawancara Kerja

Hindari Warna Pakaian Ini Saat Wawancara Kerja

Tips Memilih Warna Pakaian Saat Wawancara Kerja - Bekerja adalah suatu yang amat dicari di dunia ini. Dengan bekerja maka status sosial orang tersebut akan meningkat. Terlebih-lebih bidang kerja atau pekerjaan yang digeluti memberi penghasilan yang tinggi. Namun untuk mendapatkan pekerjaan tidaklah semudah yang kita bayangkan, apalagi seorang Fresh Graduate.

Mendapatkan keberhasilan dalam wawancara kerja bukanlah hal yang mudah. Jika sobat sedang mencari pekerjaan  yang baru, setiap action sangatlah penting. Sobat harus berhati-hati dengan perkataan, cara berjalan, gaya rambut, aksesories, pakaian, bahkan pilihan warna baju juga perlu diperhatikan.

Warna baju yang sobat pilih memiliki pengaruh kuat terhadap orang lain. Jadi, penting memilihnya dangan baik dan bijak. "Dalam bidang industri kreatif, seperti periklanan, penerimaan warna pakaian cenderung lebih luas," kata psikolog dan pelatih karir, Janet Scarborough Civitelly, kepada The Cheat Sheet (27/6).

Tentu saat tes wawancara kerja sobat tidak ingin terlihat seperti menghadiri pemakaman atau berkostum badut. Pilihan warna tergantung pada jenis pekerjaan yang sobat cari. Berikut adalah Beberapa warna baju yang patut sobat hindari saat wawancara kerja. Semua ini hanya untuk memastikan sobat tidak meninggalkan kesan yang salah pada penguji wawancara kerja. Seperti yang dikutip dari bisnis.liputan6.com mari simak ulasannya :

1. Jingga

Tidak peduli seberapa sukanya sobat dengan warna ini, sebaiknya tinggalkan jauh-jauh saat menghadiri tes wawancara kerja. Menurut seorang penulis buku Ben Par, orang memiliki reaksi otomatis pada pandangan, suara dan warna. Parr mengatakan, warna jingga memiliki korelasi terendah pada rasa percaya diri.

Kurangnya kepercayaan diri adalah hal terakhir yang ingin sobat sampaikan kepada pewawancara. Survey yang dilakukan oleh Harris Interactive untuk Career Builder mengatakan, 25 persen perusahaan menilai warna jingga adalah warna terburuk bagi calon pekerja jika memakainya karena terlihat tidak profesional.

2. Merah 

Wow ini dia warna yang begitu memikat perhatian, meski dilihat dari jauh warna merah begitu mencolok terlihatnya. Warna-warna cerah seperti merah dapat menimbulkan perasaan sangat kuat dan seringnya tidak menjadi positif ketika dalam wawancara kerja. Sobat sebaiknya tidak memakai warna yang dapat terlihat jelas dan dominan di seluruh ruangan.

"Pewawancara kerja cenderung mencintai atau membenci merah sehingga pilihlah ketika Anda merasa nyaman dengan resikonya," kata Civitelli.

3. Coklat

Warna ini mungkin terlihat aman. Tapi Civitelli mengatakan banyak manager tidak peduli dengan pekerja yang memakai baju coklat. Meskipun warna tersebut sering dikaitkan dengan keandalan dan kenyamanan, namun ia bisa menjadi bumerang untuk wawancara kerja perusahaan yang berkembang cepat. Penguji wawancara kerja bisa mendapat kesan sobat tidak tahan terhadap perubahan yang terjadi di tempat kerja.


Nah itulah sedikit ulasan mengenai warna baju yang sebaiknya sobat perhitungkan saat menghadiri wawancara kerja. Selama sobat nyaman dengan warna-warna di atas tidak ada masalah. Namun kami menyarankan lebih baik ambil amannya saja, demi sebuah langkah awal menuju keberhasilan. Kami hanya perpesan bahwa "Penguji Wawancara Kerja Rata-Rata Adalah Orang-Orang Yang Paham Akan Segala Action Kehidupan", Jadi jangan pernah coba-coba dalam menjalani sebuah wawancara kerja. Semoga Sukses.
loading...


EmoticonEmoticon