Thursday, 27 October 2016

2020 Kemendikbud Targetkan Semua Sekolah Sudah Full Day

2020 Kemendikbud Targetkan Semua Sekolah Sudah Full Day

2020, Seluruh Sekolah Terapkan Full Day School - Kali ini mardiyas.com kembali menyajikan informasi terkait dunia pendidikan terkini di Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan pendidikan karakter akan diterapkan seluruhnya pada 2020. Ini merupakan target yang masuk akan mengingat kemendikbud masih punya waktu sekitar 4 tahun untuk mempersiapkan segala sistem penerapan Full Day School.

Untuk saat ini, penerapan akan dilakukan bertahap dan hanya pada sekolah-sekolah yang siap. Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, penguatan pendidikan karakter (PPK) pada Pendidikan Dasar dan Menengah Pertama (SD dan SMP) akan diimplementasikan pada 542 sekolah di 34 provinsi.

Penguatan lima nilai utama karakter, di antaranya riligius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas. Kelima penguatan itulah yang nantinya akan dijadikan landasan utama dalam penerapan Full Day School.

|Baca Juga : 13 Adab Murid Terhadap Guru Agar Tidak Ada Guru Yang Dipenjara Lagi

Dilansir dari jpnn.com menteri Muhadjir mengatakan pada Selasa (25/10) bahwa Integritas pada kegiatan inti akan menjadi praktik penerapan sekolah percontohan PPK. Dimana Kemendikbud targetkan 2020 seluruh sekolah di Indonesia telah menerapkan pendidikan karakter.

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menambahkan, pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam merevolusi karakter anak-anak bangsa. Anak-anak dibiasakan mengisi waktu dengan kegiatan positif.

Semoga apa yang menjadi wacana dan tujuan dari menteri Muhadjir bisa memberikan dampak yang positif terhadap dunia pendidikan di Indonesia, utamanya dalam pembangunan karakter anak-anak. Dimana kita ketahui saat ini karakter anak-anak banyak yang tidak terkendali bahkan kelewat batas. mari kita dukung wacana-wacana baik dari Kemendikbud dalam mencerdaskan anak-anak bangsa.

|Baca Juga: Inilah 12 Alasan Finlandia Pendidikannya Terbaik Sedunia
|Baca Juga: Siaran Pers, Full Day School Itu Yang Dimaksud Seperti Apa? 
loading...


EmoticonEmoticon