Sunday, 2 October 2016

Cara Melihat Rapor Dan Peringkat Sekolah Menggunakan Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016


Cara melihat rapor sekolah menggunakan aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016 - Pada kesempatan yang baik ini kami berikan informasi tata cara untuk mengetahui hasil dari Ujian Nasional (UN) 2016 secara nasional menggunakan Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016. Tujuannya adalah agar sekolah atau masyarakat dapat melihat seperti apa sih rapor atau laporan hasil UN sekolah mereka atau sekolah tempat anak mereka menimba ilmu. Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016 dibuat oleh Puspendik, namun tidak semua sekolah bisa memilikinya.
Pastikan Anda sudah download Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016, jika belum silahkan kunjungi halaman Download Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016 Puspendik. Setelah Anda selesai mengunduhnya silahkan ikuti langkat-langkah berikut ini:

1. Meng-ekstrak Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016

Setelah Anda selesai mendowload maka Anda akan mendapatkan sebuah file RAR yaitu Aplikasi Pamer16 UN 2015-2016.rar. Silahkan Anda ekstrak file tersebut dengn cara klik kanan pada Aplikasi Pamer16 UN 2015-2016.rar. seperti yang tampak pada gambar berikut ini:


Setelah proses ekstraks selesai maka Anda akan mendapatkan sebua folder Aplikasi Pamer16 UN 2015-2016.

2. Cara melihat Rapor Sekolah Hasil Ujian Nasional 2016

Silahkah Anda buka folder Aplikasi Pamer16 UN 2015-2016 lalu jalankan file aplikasi pamer16. Akan muncul Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016 tampak seperti gambar berikut ini :

Interface Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016

Silahkan pilih jenjang sekolah sesuai dengan sekolah Anda. Dalam hal ini kami contohkan Rapor dari SMA Negeri 4 Denpasar Bali. Silahkan klik tombol SMA (yang berwarna merah) sehingga akan berubah seperti tampak pada gambar di bawah ini:

Interface Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016 SMA

Kemudian silahkan pilih Statistik, maka Anda akan masuk pada Aplikasi halaman Statistik. Lalu isi dan pilih perbagiannya seperti keterangan berikut:

  • Wilayah dipilih Sekolah
  • Provinsi dipilih BALI
  • Kota/Kab. dipilih KOTA DENPASAR
  • Program Studi pilih IPA (karena kami ingin melihat rapor jurusan IPA)
  • Jenis sekolah dipilih SEMUA JENIS
  • Status Sekolah centang Negeri (hanya melihat sekolah negeri) dan centang Cetak IIUN (Index Integritas Ujian Nasional - untuk melihat sekolah UNBK atau UN PBT - tingkat kejujuran)
  • Pilih SMA Negeri 4 Denpasar (Sekolah yang akan kami lihat rapor UN 2016)
lebih jelasnya simak gambar di bawah ini:

Halaman Aplikasi Statistik untuk melihat rapor

Setelah Anda selesai melakukan settingnya maka langkah berikutnya adalah klik tombol Cetak (tombol bergambar printer). Maka Anda akan mendapatkan Laporannya tampak seperti gambar di bawah ini:

Rapor UN SMAN 4 Denpasar Bali

Jika kita lihat dari hasil keterangan Rapor UN 2016 SMA Negeri 4 Denpasar Bali maka dapat disimpulkan, SMAN 4 Denpasar Bali Peringkat 1 Kabupaten/Kota dan Provinsi, Peringkat 6 Nasional untuk jurusan IPA UNBK. Bagamaimana dengan sekolah Anda?

3. Index Integritas Ujian Nasional

Jika Anda perhatikan secara keseluruhan pada Laporan Hasil Sekolah tadi maka dibagian bawah ada Index Integritas Sekolah (Nilai Kejujuran, Red). Ada tiga hal yang akan muncul pada laporan Index Integritas Sekolah yaitu :

a. UNBK - IIUN tidak dilakukan kepada sekolah peserta UNBK (SMA Negeri 4 Denpasar)

b. Tidak Terindikasi

c. Terindikasi

Demikian informasi mengenai cara Melihat Rapor dan Peringkat Sekolah Hasil Ujian Nasional 2016 yang dapat kami sajikan. Untuk hal-hal lainnya silahkan Anda pelajari sendiri. Misalnya Anda ingin melihat peringkat Ujian Nasional Sekolah di tingkat Kabupaten. Silahkan Klik tombol Daftar pada halaman utama Aplikasi Hasil Ujina Nasional 2016. Kemudian  anda Isi dan pilih sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah contoh hasil Peringkat SMAN 4 Denpasar Bali khusus SMA Negeri Saja di Kabupaten/Kota Denpasar jurusan IPA. SMA Negeri 4 Denpasar berada di peringkat pertama, dan Anda juga dapat melihat peringkat sekolah lainnya.

Halaman Aplikasi Daftar untuk melihat peringkat keseluruhan

Hasil Cetak Laporan Halaman Apliksai Daftar




loading...


EmoticonEmoticon