Saturday, 1 October 2016

Download Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016 Puspendik

Download Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016 Pupendik

Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016 - Pada setiap tahunnya negara kita Indonesia melaksanakan Ujian Nasional untuk tingkat sekolah dasar dan menengah. Dan setelah selesainya program Ujian Nasional (UN) tersebut pemerintah mengeluarkan Aplikasi Hasil Ujian Nasional. Tujuan diterbitkannya Aplikasi Hasil Ujian Nasional adalah agar sekolah-sekolah di seluruh Indonesia yang menjadi peserta UN dapat mengetahui hasil prestasi sekolah masing-masing di skala nasional. Selain itu Aplikasi Ujian Nasional ini juga digunakan untuk melakukan evaluasi Hasil Ujian Nasional matapelajaran di masing-masing sekolah.

|Baca Juga: Ini dia gambaran lengkap tentang UNBK

Aplikasi Hasil Ujian Nasional ini kami dapatkan dari salah seorang guru di Kabupaten Jember Lilik Kamilah S.Pd guru mata pelajaran Kimia yang mengikuti Bimtek (bimbingan teknis) Pasca EHB (Evaluasi Hasil Belajar) di Hotel Grand Savero Bogor tanggal 19 s.d 23 September 2016. Bimtek tersebut merupakan gelombang ke-2 (dua) yang dihadiri oleh 220 guru yang terpilih seluruh Indonesia. Kali ini guru mata pelajaran yang di undang yaitu mata pelajaran Kimia, Fisika, Biologi, Ekonomi, Geografi, Sosiologi dan Antropologi.

"Selain kita belajar tentang penggunaan Aplikasi itu, kita juga dapat mengetahui hasil raport UN sekolah seluruh Indonesia baik yang UN PBT (Ujian Nasional Paper Base Test, Red) maupun UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer, Red), kita juga belajar bagaimana untuk menelaah hasil nilai UN anak-anak kita," kata Lilik.

Adapun kegiatan inti dari Bimtek Pasca EHB tersebut:
  1. Analisis materi sulit pada UN 2016 menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif
  2. Tips and Trik pembelajaran materi sulit
  3. Soal-soal UN yang daya serapnya rendah dan pembahasannya
  4. Pengembangan butir soal dan analisis butir soal.

Lilik juga menambahkan pada saat bimtek juga ada sesi penyusunan kisi-kisi soal, penulisan butir soal dan analisis butir soal UN. "Saat bimtek kami juga belajar menyusun kisi-kisi soal dan soal untuk UN, dengan harapan anak-anak itu fokus belajarnnya," imbuh Ibu dari 3 (tiga) anak ini. Lilik juga menambahkan, kesan yang didapat saat mengikuti Bimtek Pasca EHB bisa berbagi pengalaman dengan guru seluruh Indonesia. "Kesan bisa berbagi pengalaman dengan guru seluruh Indonesia, yang pasti senang ya karena banyak ilmu dan informasi yang didapat disana," papar Lilik Kamilah.

Nah, sekolah-sekolah atau siapapun, bisa guru, kepala sekolah, pegawai dispendik kabupaten, orang tua atau siswa yang ingin mengetahui Hasil Ujian Nasional Tahun 2016 seluruh sekolah yang ada di Indonesia baik sekolah negeri maupun swasta, silahkan download aplikasinya pada link atau tautan berikut ini:


Sebelumnya Aplikasi Hasil Ujian Nasinal ini dikembangkan oleh BSNP (Badan Nasional Standar Pendidikan) yaitu 2013, 2014 dan 2015. Namun kali ini Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016 dikembangkan oleh Puspendik. Untuk cara penggunaan dari Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016 Anda bisa lihat di Cara Melihat Rapor Sekolah Menggunakan Aplikasi Hasil Ujian Nasional 2016. Semoga bermanfaat.


loading...

1 komentar so far

terimaksih banyak pak..sangat membantu


EmoticonEmoticon