Tuesday, 18 October 2016

Goodbye Senioritas, Inilah Cara Kampus Jepang Melaksanakan Ospek Mahasiswa Baru


Inilah Cara Kampus Jepang Melaksanakan Orientasi Mahasiswa Baru - Semangat pagi dan salam hangat sobat sekalian. Mardiyas.com kembali dengan informasi mengenai tata cara kampus Jepang dalam melaksanakan ospek mahasiswa baru mereka. Dalam hal ini sobat mungkin akan menginginkan apa yang dilakukan oleh kampus Jepang juga akan terlaksana di Indonesia. Simak informasinya ya sobat!

Beppu, Jumat 23 September 2016 - Di pagi hari yang cerah terdengar tawa di sana-sini, bersama riuh langkah kaki para mahasiswa baru Ritsumeikan Asia Pasific University (APU). B-Con Plaza di Beppu, Jepang dan waktu menunjukkan pukul 10.00 WIB. Wajah riang nan gembira terpancar dari para mahasiswa baru APU.

Sobat, hari itu adalah seremoni masa orientasi (Ospek) bagi mahasiswa baru. Kurang lebih selama sepekan, mereka akan berkenalan dengan kampus yang akan menjadi tempat belajar selama minimal empat tahun ke depan.

Hebatnya sobat, di area kampus tersebut tidak ada aura penggojlokan menguar di area kampus tersebut. Justru, ada warna-warni yang muncul, terutama dari para mahasiswa internasional sobat. Pada seremoni itu, para mahasiswa internasional diminta mengenakan pakaian khas negara masing-masing, bila memungkinkan. Tak heran, pada pagi itu ada banyak orang berseliweran mengenakan kebaya dan batik. Benar sobat, mereka adalah saudara-saudara kita mahasiswa baru dari Indonesia.

"Di sini (APU) memang begitu. Di acara entrance ceremony akan terasa warna-warni budaya dari banyak negara," ungkap Aisyah Fakhriyah Ahmad Wadi, salah satu mahasiswa asal Indonesia, sperti yang dilansir kompas.com di APU (22/9/2016).

Aisyah memang bukan mahasiswa baru, tapi dia ikut mengisi acara seremoni tersebut. "Saya akan pakai baju Bodo, pakaian khas Makasar, besok," tutur dia.

Masuk APU pada 2014, Aisyah menjadi pembawa acara untuk upacara penerimaan mahasiswa baru angkatan 2016, pada Jumat itu. Dia membawakan agenda presentasi pengenalan kegiatan kampus dan pertunjukan oleh mahasiswa.

Bagaimana dengan Agenda Orientasi di APU Jepang?

Aisyah pun lalu bertutur tentang acara orientasi mahasiswa baru di kampusnya. Agenda acara orientasi, kata Aisyah, lebih banyak membahas kehidupan mahasiswa kampus dan bimbingan untuk mandiri selama belajar disana.

"Tidak ada senioritas sama sekali. Saat acara orientasi, senior berperan sebagai pembimbing mahasiswa baru agar tetap survive," ungkap dia. Agenda itu mulai dari bimbingan-bimbingan student life guidance penenalan hak dan kewajiban serta adaptasi mahasiswa di kampus, course registrasion, penyusunan rencana studi, pengenalan seluk-beluk kampus, hingga acara untuk menjalin keakraban.

Bebarapa agenda utama digeber pada Jumat. Acara tak lalu bikin jenuh karena pada baigan akhir ada pertunjukan seni dari grup mahasiswa senior.

kompas.com/Sri Noviyanti

Misalnya sobat, di acara pertunjukan seni, grup mahasiswa Indonesia APUIna bahkan sempat menampilkan tarian saman dari Aceh di hadapan audiens. Pertunjukan seni budaya juga ditampilkan grup mahasiswa dari Jepang dan Korea Selatan.

Berdasarkan riset Nikkei pada Juli 2016, APU merupakan kampus di peringkat teratas yang dinilai paling antusias dan siap menghadapi globalisasi.

Perlu sobat ketahui mahasiswa Indonesia yang masuk APU pada penerimaan September 2016 ada 79 orang. Saat ini Indoneisa menjadi penyumbang mahasiswa ke-empat terbanyak di APU.

Selamat datang di kampus tanpa senioritas pada hari-hari orientasi.


loading...


EmoticonEmoticon