Saturday, 22 October 2016

Ini Dia 10 Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia

Ini Dia 10 Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia

The Best 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia - Sobat teman-teman SMA dan SMK masa sekolah menengah atas atau kejuruan bagi sobat kelas XII sudah memasuki bulan penghujung semester 1 (satu). Dan Semester 2 (dua) biasanya tidak sebanyak semester 1 (satu) dalam tatap muka pembelajaran di kelas, karena sobat sudah mulai akan disibukkan dengan persiapan aneka macam ujian. Sampai pada akhirnya SBMPTN dalam menentukan nasib sobat sekalian akan kuliah dimana. Informasi mengenai SBMPTN sobat bisa lihat Panduan Cara Pendaftaran SBMPTN 2017/2018 dan Panduan Cara Pendaftaran SNMPTN 2017/2018.


Kali ini mardiyas.com akan berbagi informasi mengenai 10 Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia yang dilansir oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Merujuk data tersebut, inilah 10 peringkat tertinggi Perguruan Tinggi di Indonesia:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  3. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  4. Universitas Indonesia (UI)
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  6. Universitas Brawijaya (Unibraw)
  7. Universitas Padjajaran (Unpad)
  8. Universitas Airlangga (Unair)
  9. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  10. Universitas Diponegoro (Undip)
Ini Dia 10 Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia

Ada empat indikator yang dijadikan pedoman Kemristek Dikti dalam menilai perguruan tinggi.
  • Kualitas sumber daya manusia (SDM)
  • Kualitas manajemen perguruan tinggi
  • Kualitas kegiatan kemahasiswaan
  • Hasil penelitian dan publikasi ilmiah
Dari keempat kriteria itu dikenakan bobot untuk menghitung skor. Rinciannya, indikator SDM yang secara khusus menilai kualitas dosen memiliki bobot 12 persen dan kecukupan dosen berbobot 18 persen.

Adapun indikator kualitas manajemen mendapat bobot penilaian 30 persen. Sementara itu, indikator kualitas kegiatan mahasiswa menyumbang bobot penilaian 10 persen. Terakhir, bobot penilaian untuk kualitas kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah adalah 30 persen.

Meski pada peringkat total ada di peringkat tiga, IPB justru mendapat skor tertinggi sebesar 4 poin untuk kualitas SDM. Pada indikator ini, UGM di peringkat kedua dengan skor 3,99 dan ITB di posisi ketiga dengan skor 3,93.

UGM menempati peringkat teratas untuk kualitas kegiatan mahasiswa, dengan skor 4. Pada kriteria ini, selisih nilai cukup jauh. ITB ada di peringkat kedua dengan skor 1,9 dan menyusul dibawah nya IPB yang mendapat nilai 1,8.

Untuk kualitas penelitian dan publikasi ilmiah, ITB jawaranya, dengan skor sempurna 4. UGM ada diperingkat kedua dengan skor 3,69 sedangkan IPB di peringkat ketiga yang mengantongi nilai 3,1.

Dari keempat kriteria tersebut, ITB menempati peringkat pertama karena mendapatkan  total skor 3,743. UGM mengumpulkan skor 3,69 sedangkan IPB 3,49.

Gimana? Berani masuk kampus terbaik? Siapa Takut.

loading...


EmoticonEmoticon