Tuesday, 11 October 2016

Mulai Semester Depan Guru Dilarang Memberikan PR Kepada Murid Oleh Mendikbud

Mulai Semester Depan Guru Dilarang Memberikan PR

Mulai semester depan guru dilarang kasih PR ke murid - Mendikbud Muhadjir Effendy kembali membuat terobosan demi memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia. Setelah beberapa wacananya seperti Full Day School, Guru dilarang menggunakan LKS sampai 3 Tips Jitu Mendikbud agar Unggul di Eranya, kini Mendikbud memiliki wacana tentang penghapusan PR (Pekerjaan Rumah, red) yang diberikan guru kepada murid. Tentu hal ini tidak serta merta bisa diterima begitu saja, terutama oleh para guru. Meskipun akan mendapatkan sambutan baik dari para murid-murid.

Penghapusan PR resmi dilakukan Semester Depan. Dilansir dari manado.tribunnews,com, ditemui di ruangannya, Gedung A Kemendikbud, Jakarta Pusat, Pak Menteri Muhadjir mengatakan pelajaran sekoolah seharusnya enggak kebawa-bawa ke rumah.

Sekolah harus bisa menyajkan pembelajaran yang menggembirakan, itulah visi pendidikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru Muhadjir Effendy. Untuk mengimplementasikanya, Pak Muhadjir punya beberapa rencana program. Salah satunya yang terbaru adalah rencana penghapusan PR sekolah.

Pak Muhadjir juga menginginkan nantinya Lembar Kerja Siswa (LKS) juga tidak boleh ada lagi. Beliau menginginkan pendidikan tuntas di sekolah. Murid tidak boleh bawa pekerjaan rumah. Beliau juga menuturkan membawa bacaan boleh, itu bagus tapi jika malah menjadi beban itu tidak boleh.

Program penghapusan PR sekolah ini terintegrasi dengan rencana program pengembangan karakter di sekolah yang lebih kit kenal dengan istilah Fullday School. Karena akan ada perpanjangan waktu sekolah untuk diisi dengan kegiatan kokurikuler, jadi pembelajaran benar-benar tuntas di sekolah tidak dibawa kerumah.

Kini, Menteri Muhadjir dan timnya sedang menyiapkan peraturan penghapusan PR sekolah ini sehingga bisa cepat diterapkan.

"Semester depan tahun ajaran ini (akan dimulai, red). Nanti saya keluarkan peraturan menteri," kata Pak Muhadjir. Lalu bagaimana menurut Anda tentang rencana penghapusan PR Sekolah oleh Pak Menteri Muhadjir Effendy?

Baca Juga: Setujukah Anda Jika Guru Dilarang Kasih PR? 
loading...


EmoticonEmoticon