Thursday, 13 October 2016

Program Alih Fungsi Guru Program Terbaru Kemendikbud 2016

Program Alih Fungsi Guru Program Terbaru Kemendikbud 2016

Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMK/SMA - Salam hangat buat para pembaca setia mardiyas.com, kali ini kami bagikan info terbaru dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud) RI. Program terbaru kemdikbud yang baru-baru ini diluncurkan melalui situs website baru kemdikbud alihfungsi.gtk.kemdikbud.go.id yaitu Program Alih Fungsi GTK. Hal ini muncul karena bentuk tindak lanjut dari Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.

|Baca Juga: Program Alih Fungsi Berubah Menjadi Program Keahlian Ganda New
|Baca Juga: Pengumuman Peserta Program Alih Fungsi Guru Seluruh Indonesia 2016

Melalui inpres tersebutlah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan diinstruksikan untuk meningkatkan jumlah dan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di SMK. Selanjutnya dalam penataan dan pemenuhan guru produktif di SMK, Kemdikbud, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan perlu melakukan cara strategis pada tahun 2016 ini yaitu akan melaksanakan Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMK/SMA atau yang dikenal dengan Program Alih Fungsi untuk memenuhi kekurangan guru produktif di SMK.

  1. Meningkatkan kompetensi guru SMK dan SMA yang mengampu mata pelajaran adaptif untuk memperoleh komptensi keahlian tambahan dan mampu menjadi guru mata pelajaran produktif di SMK
  2. Memenuhi kebutuhan guru produktif di SMK khususnya untuk 4 bidang prioritas yaitu maritim/kelautan, pertanian, ekonomi kreatif, pariwisata, serta teknologi dan rekayasa.
  1. Guru memperoleh sertifikat pendidik dan srtifikat keahlian sesuai dengan kompetensi keahlian.
  2. Proses pembelajaran di SMK lebih optimal sesuai dengan prinsip profesionalisme dan kewirahusahaan.
  3. Lulusan SMK mempunyai kompetensi yang sesuai dengan bidang keahlian sehingga mampu bersaing di dunia kerja terutama menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).
  • Program sertifikasi pendidik dan sertifikasi keahlian bagi guru SMK/SMA atau Program Alih Fungsi pada tahun 2016-2017 diperuntukkan bagi 15.000 guru yang berasal dari guru SMK dan SMA.
Program Alih Fungsi Guru Program Terbaru Kemendikbud 2016

  1. Usia maksimal antara 45 s.d 55 tahun sesuai dengan karakteristik kompetensi keahlian.
  2. Guru mata pelajaran yang diidentifikasi kelebihan guru, yaitu: guru SMK adaptif (PKn, Matematika, Seni Budaya, IPA, IPS, Kewirausahaan, dan KKPI); dan guru SMA (PPKn, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, Bahasa Asing Lain, Antropologi, TIK).
  3. Mengikuti tes minat dan bakat (khusus bidan seni/ekonomi kreatif).
  4. Mempunyai minat terhadap salah satu komptensi pada program keahlian tertentu pada kelompok bidang keahlian:
    * Maritim
    * Pertanian
    * Pariwisata
    * Ekonomi Kreatif
    * Teknologi dan Rekayasa
  • Program ini dilaksanakan selama 12 bulan melalui belajar mandiri terbimbing yang dilaksanakan di SMK sekolah tempat guru mengajar, pendidikan dan pelatihan komptensi, magang di dunia usaha dan dunia industri (DUDI), diakhiri dengan sertifikasi guru dalam jabatan melalui PLPG dan sertifikasi keahlian.
Program Alih Fungsi Guru Program Terbaru Kemendikbud 2016

Info selengkapnya tentang strategi program alih fungsi bisa Anda lihat di Inilah Strategi Pelaksanaan Pelatihan dan Kelulusan Program Alih Fungsi

  1. Guru melakukan pendaftaran melalui laman resmi http://alihfungsi.gtk.kemdikbud.go.id.
  2. Klik tombol daftar pada kanan atas dari lama tersebut.
  3. Masukkan kode registrasi pada kotak isian, tandai pada kotak "saya bukan robot", kemudian klik tombol daftar.
  4. Pada laman registrasi, masukkan alamat email dan password, kemudian klik tombol daftar.
  5. Baca petunjuk pendaftaran pada laman registrasi, untuk melakukan langkah berikutnya.
  6. Untuk melihat tata cara mendaftar program alih fungsi silahkan kunjungi 13 Langkah Cara Mudah Mendaftar Program Alih Fungsi

Kewajiban:
  1. Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan program alih fungsi.
  2. Peserta wajib memenuhi standar minimal komptensi yang ditentukan pada setiap tahapan Program Alih Fungsi.
Hak:
  1. Selama mengikuti Program Alih Fungsi, guru berhak tetap mendapatkan tunjangan profesi pendidik (bagi yang memiliki sertifikat pendidik).
  2. Peserta berhak mendapatkan diklat dan pengalaman praktek kerja dari instruktur yang kompeten di bidangnya.
  3. Setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan memenuhi standar minimal kompetensi, peserta berhak mendapatkan sertifikat pendidik dan sertifikat keahlian sesuai kompetensi keahlian yang diikuti.
Dalam hal ini yang dimaksud adalah program keahlian yang akan diikuti oleh guru peserta Program Alih Fungsi. Berikut data Kompetensi dan Keahliannya:

Program Alih Fungsi Guru Program Terbaru Kemendikbud

Untuk melihat informasi lengkap mengenai Paket Keahlian Program Alih Fungsi Guru silahkan kunjungi laman Inilah 51 Daftar Paket Keahlian Yang Dibuka Untuk Program Alih Fungsi Guru.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan. Untuk melakukan kontak informasi dan pertanyaan tentang masalah Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian atau Program Alih Fungsi, Anda bisa melayangkannya melalui email ke alamat : alihfungsiguru@gmail.com.

Sumber : alihfungsi.gtk.kemdikbud.go.id

Catatan: Mohon bagi yang belum dapat undangan Alih Fungsi maka dimohon untuk mendaftarkan diri!
Program Alih Fungsi Guru Program Terbaru Kemendikbud 2016

loading...

99 komentar

mau tanya...saya guru ekonomi,sdh inpassing dan sertifikasi tapi kurang jam sehingga inpassing dan sertifikasinya tidak cair kalau alih fungsi apakah jamnya akan bertambah menjadi minimal 24 jam?

Iya Bunda Emir. Bagi yang belum sertifikasi dan ikut alih fungsi akan mendapat 2 sertifikat yaitu sertifikat pendidik dan sertifikat keahlian dan mengajarnya harus sesuai dengan kompetensi yang diambil pada saat alih fungsi, jadi tidak lagi berdasarkan ijazah tetapi berdasarkn sertifikat keahlian.

Saya guru kimia smk. Kalau saya ikut alih fungsi jurusan komputer apakah suatu saat nantinya saya masih bisa mengajar di kimia lagi?

Tidak bisa karena tujuan utama program alih fungsi adalah pemenuhan guru produktif di SMK. Dengan memegang sertifikat pendidik dan sertifikat keahlian maka melekat tugas sebagai guru alih fungsi. Namun semua itu bisa berubah tergantung kebijakan dari kementrian, ditunggu saja...

Saya guru matematika smk sudah bersertifikat pendidik. Kalau saya ikut alih fungsi jurusan komputer apakah saya masih bisa mengajar matematika dan diakui jamnya?

Iya bisa. Bagi yang sudah memiliki sertifikat pendidik, maka dapat mengampu 2 matapelajaran yaitu mapel utama pada sertifikat pendidik dan mapel keahlian sesuai sertifikat keahlian. Selama mengikuti program alih fungsi maka Anda tetap mendapatkan hak tunjangan profesi pendidik karena sudah memiliki sertifikat pendidik. Semoga info ini bisa membantu. Terimakasih

Saya CPNS dan nama saya tercantum dlm program alih fungsi,apakah tidak berpengaruh ke depannya,karena saya masih 80%? Terima Kasih

Justru jika Anda bisa lulus dengan sertifikat pendidik dan sertifikat keahlian kemungkinan untuk bisa 100% ada, karena Anda mengisi posisi yang dibutuhkan oleh pemerintah. Saya berdoa semoga Anda sukses dan baik-baik saja dengan adanya program alih fungsi ini.

Saya guru pns bahasa asing dSmk,blm lulus sertifikasi,tp saya berminat alih fungsi ke perkebunan.dsmk tempat saya mengajar Blm ad jurusan trsbt,Apkh saya bs ngambil jurusan perkebunan smntr dsklh tmpt saya mngajar Blm ad jurusan itu?kemudian apakah saya hrs mngambil jurusan yg ad dtmpt saya mngajar misl.komputer agar bs ikut progrm ini?mohon petunjukn agr tdk slh kaprah,trimakasih bpk.

saya guru pns, di smk belum sertifikasi, dan juga belum S1, tapi saya mendapat undangan untuk mengikuti program alih fungsi, mohon penjelasan, terima kasih.

Saya guru seni rupa smk,dan blm sertifikasi saya mau alih fungsi ke jurusan diskomfis atau animasi..akan tetapi di kabupaten saya mengajar blm ada jurusan tersebut..bagaimana saya kelanjutannya jika mau mengambil alih fungsi?, mohon bantuannya

Saya guru produktif jurusan TKJ dan diundang untuk mengikuti program alih fungsi dan belum sertifikasi dan jumlah jam ngajar saya itu 32 jam yg sy mau tanyakan pak apakah yg ikut program ini akan di mutasi ke sekolah lain walaupun sekolah tempatnya ngajar juga kekurangan guru ?

Saya guru produktif jurusan TKJ dan diundang untuk mengikuti program alih fungsi dan belum sertifikasi dan jumlah jam ngajar saya itu 32 jam yg sy mau tanyakan pak apakah yg ikut program ini akan di mutasi ke sekolah lain walaupun sekolah tempatnya ngajar juga kekurangan guru ?

Syarat utama untuk sertifikasi adalah mutlak harus S1. Untuk masalah pak Yohanes mohon tanyakan langsung pada Dinas Pendidikan Kab/Kota tempat bapak mengajar. Terimakasih.

Saya guru pns mata pelajaran sejarah, dan sy sdh coboa mendaftar namun pada saat daftar gangguan jaringan. utk itu saya coba lagi esoknya ternyata jadwal sdh habis, bagaimana cara daftar lagi?

Jadwal pendaftaran untuk yang tidak mendapat undangan berakhir 20 Oktober Bu. Kita tunggu informasi selanjutnya, jika tidak memenuhi kuota 15.000 kemungkinan akan ada pendaftaran gelombang 2.

Kira2 kapan ya.... pengumuman kelulusan calon peserta alih fungsi guru sma / smk tahun 2016

maaf, pengumuman kelulusan peserta alih fungsi guru bisa dilihat dimana???

Mohon informasi Admin....kapan mulai pembekalan guru alih fungsi ini..?

Mau tanya.. Saya sdh dftr.. Tindak lanjutx bagaimn.. Kegiatanx mulai kpn n dimn.. Dist disuru plh 2 jur nnt bagaimn ... Mksh

Mau tanya.. Saya sdh dftr.. Tindak lanjutx bagaimn.. Kegiatanx mulai kpn n dimn.. Dist disuru plh 2 jur nnt bagaimn ... Mksh

pak mau tanya....saya dapat undangan alih fungsi dan sudah daftar tp dipengumuman hasil verifikasi saya gak muncul...padahal saya ingin ikut. bagaimana apakah saya bs mendaftar lagi atau bagaimana..

Kapan pengumuman kelolosan calon peserta alih fungsi bagi yg sudah mendaftar dan ada undangan?

Silahkan cek disini pak http://www.mardiyas.com/2016/10/pengumuman-peserta-program-alih-fungsi.html

Kalau sudah mendaftar tapi tidak mau ikut gimana pak?

Kalau sudah mendaftar tapi tidak mau ikut gimana pak?

Bisa di lihat disini pak arif Silahkan cek disini pak http://www.mardiyas.com/2016/10/pengumuman-peserta-program-alih-fungsi.html

Pembekalan dimulai awal november. Informasi lebih lanjut bisa ditanyakan di dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

Bapak apa lolos dalam seleksi penetapan Program Alih Fungsi? infonya bisa dilihat di Silahkan cek disini pak http://www.mardiyas.com/2016/10/pengumuman-peserta-program-alih-fungsi.html - Jika Anda lolos maka coba untuk konfirmasi pengunduran diri ke dinas pendidikan setempat.

Pengumaman merupakan hasil seleksi penetapan berdasarkan kebutuhan guru alih fungsi di kabupaten/kota tempat bapak mengajar. Pendaftaran 2016 sudah ditutup tgl 20 oktober, Semoga saja ada gelombang ke dua untuk program alih fungsi.

Apakah nanti yg lolos seleksi sampai mendapat sertifikat pendidik dan sertifikat keahlian akan ditempat kan di sekolah yg ada jurusan yg kita ambil? Mohon infonya pak

Apakah nanti yg lolos seleksi sampai mendapat sertifikat pendidik dan sertifikat keahlian akan ditempat kan di sekolah yg ada jurusan yg kita ambil? Mohon infonya pak

pak, nama saya Pak. Utoro kemarin pada program ahli fungsi saya mendaftarkan diri dari jurusan pkn ke jurusan tkr dan tkj,tetapi mengapa pada pengumuman penetapan program alih fungsi yang dikeluarkan oleh kemediknas yang khok masuk jurusan multi mendia tidak sesuai dengan apa yang saya pilih. apakah penetapan itu dapat dirubah.

Iya Bu Esti. Namun untuk jurusannya nanti akan disesuaikan dengan kebutuhan jurusan yang ada di masing-masing sekolah di kabupaten Ibu tempat mengajar. Semua ketetapan kemdikbud yang mengatur.

Itu yang menetapkan kemdikbud Pak Utoro, atas hasil verifikasi kebutuhan persekolah pak. Coba lebih jelasnya nanti ditanyakan langsung pada dinas pendidikan setempat.

MAu tanya pak, Disekolah saya infonya, Kalau kita blm sertifikasi, Kemudian ikut alih fungsi, Maka nanti kita ttp mngajar mapel sblm alih fungsi masih bs pak, Misal ngajar matematika, Maka, nnti masi bisa mngajar mata pelajaran itu, Mohon kejelasan infonya pak

Sekolah saya tidak ada jurusan multimedia,adanya jurusan tkr, tkj dan akuntansi. Jurusan tkr memiliki 13 klas sedangkan guru produktif yang mengapu cuma 2 orang, untuk jurusan tkj dan Akt masing 3 klas. Karena guru produktif jurusan tkr kekurang untuk itu saya ikut program alih fungsi.kalau tidak sesuai dengan keinginan kita apakah boleh mengundurkan diri dari progran alih fungsi? Atas jawabannya sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Pak, Knapa info dari skolah saya, Bagi yang blm sertifikadi dan ikut program alih fungsi, Nntinya masih bisa tetap mengajar mapel awal, Misalnya saya masi ttp bs mngajar matematika, Mihon penjeladanny pk

Pak, Knapa info dari skolah saya, Bagi yang blm sertifikadi dan ikut program alih fungsi, Nntinya masih bisa tetap mengajar mapel awal, Misalnya saya masi ttp bs mngajar matematika, Mihon penjeladanny pk

Sebelumnya ada fasilitas untuk pengunduran diri pada situs resmi tempat mendaftar. Namun jika sudah masuk dalam seleksi dan penetapan berdasarkan pengumuman, coba bapak konfirmasi langsung ke dinas pendidikan setempat untuk proses pengunduran dirinya. terimakasih.

Pak, Knapa info dari skolah say bagi yanh belum sertifikasi dan ikut alih fungsi nantinya masih bisa tetap mengajar mapel awal, misalny saya masi ttp bs mengajar matematika, Mohon penjelasaannya pak, Agar saya tdk bgg lg

Kalau dari sma lalu lulus alih fungsi apakah harus minta mutasi ke smk yg sesuai?

Pak, saya GTT mengajar KKPI, apakah bisa mengikuti program alihfungsi ?

Jika GTT spertinya harus SK Bupati Pak untuk SK GTT-nya baru bisa ikut program sertifikasi. Namun program alih fungsi tahun 2016 sudah ditutup 20 oktober lalu.

Soalnya pak sy bgg, Saya tanya pada dinas pendidikan ditempat saya, ktnya walaupun blm sertifikadi kmudian mngikuti alih fungsi, Makamapel awal kita ttp di akui, Jadi namanya keahlian ganda, apa bnr bgitu pak, Dan apa stelah kita ikut alih fungsi, Kt masih bisa mngikuti ukg berdasarkan mapel awal kitapak, misal matematika dan ikut GP jurusan jt pak?, Mohon. Pnjelasanny pak

Masalah ini sepertinya masih di kaji, demikian juga pernyataan bapak ketua IGI Muhammad Ramli Rahim "alih fungsi sebaiknya tidak berjalan 100 persen. Guru yang semula mengajar matematika, IPA, atau IPS, tidak total pindah menjadi guru produktif. ’’Apalagi di sekolah yang jumlah gurunya pas-pasan,’’. Semoga saja guru alih fungsi juga masih bisa mengajar mapel sebelumnya. Namun semua itu kita kembalikan kebijakannya pada Kemendikbud ya Bu. Semoga jawaban saya bisa membantu.

Wah bu maaf, untuk sementara ini saya belum ada info pasti mengenai istilah keahlian ganda. Alih fungsi dapat diartikan kita berpindah dari mapel utama ke mapel guru produktif untuk pemenuhan guru produktif di SMK. Mengenai keikutsertaan UKG, nanti akan ada daftar guru mapel yang akan mengikuti UKG. Dari situ ibu bisa lihat apakah ibu masih dalam mapel yang lama apa sudah pada mapel alih fungsi.

Trimakasih bnyk ya pak, Tp kepastian masih bisa mngajar mapel awal atau tdk lg, blm ada ya pak

Trimksih bnyk ya pak, Tp kepastian msh bs mbgajar mapel awL atau tdk lg blm ada ya pak??
Klu kita tidak mngikuti platihannya, Apakah itu bisa dianggap gugur atau mngundurjan diri pak

Iya bu. Jika peserta yang lolos seleksi tidak mengikuti pelatihan maka tidak akan mendapatkan sertifikat pendidik dan sertifikat keahlian dan dinyatakan tidak lulus. Masalah dianggap gugur atau mengundurkan diri saya kurang tahu bu. Terimakasih atas kunjungannya di situs blog kami. Semoga Allah memberikan yang terbaik buat Ibu.

Pak saya mau tanya..apakah kami yg dari provinsi Bengkulu akan melaksanakan pelatihan paling tidak 4 bulan dijakarta?

Tidak Bu, untuk jelasnya ibu bisa lihat peta pelaksanaan pelatihan guru alih fungsi di bagian Strategi Program Alih Fungsi di Artikel ini.

Sy dari NTB, pembekalan di propinsi belum mulai di sini? Apakah di tempat lain sudah?

Pak, ApakH tdk ada tes lg sebelum mlaksanakan program. Ini, Apakah begitu mendaftar lgsg dinyatakan lulus, krn di tmpt kami bgitu mendaftar lgsg dinyatakan lulus jd pserta tnpa mlalui tes

Belum ada pak, program pelatihan dilaksanakan awal Desember 2016 jika tidak ada perubahan dari Kemendikbud. pembekalan dimulai 24 oktober - 24november ini. Namun jika di NTB belum ada pembekalan ditunggu saja pengumumannya dari dinas pendidikan setempat. Tanggal 25 November launching peserta alih fungsi.

Semula memang ada rencana tes bakat dan minat mulai 8-20 Oktober. Kemungkinan ada perubahan kebijakan dalam seleksi peserta yang mendaftar oleh Kemendikbud. Jadi yang sudah dinyatakan lulus tanpa tes ya tidak masalah.

Assalamualaikum dan selamat sore rekan sefrofesi dalam bidang pendidik..semoga dalam keadaan sehat..Aamiin..maaf min, sy mau tanya msalah alih fungsi, sy sudah mendaftar dan sudah ada tercantum nama saya dlm dafatar guru alih fungsi khusus untuk Aceh Gayo Lues..saya skr mengajar di slah satu SMAN yg ada di kab.gayo lues yaitu Jurusan Fisika..terus kmaren saya mendapat undangan dari Kemdikbud untuk mendaftarkan diri menjadi guru alih fungsi,dan Alhamdulillah sudah terdaftar. Tapi sy agak sesikit kurang paham, jika nantinya jurusan yg saya ambil yaitu agribisnis perikanan sekiranya jurusan itu tdk ada di sekolah tempat saya mengajar itu bagaimana ya pak admin? Terus masalah magang itu biasanya dilaksanakan dimana? Satu sisi saya senang untuk mengikuti alih fungsi ini..semoga semua ada hikmahnya..tolong penjelasannya..sebelumnya saya ucapkan terimakasih pak..

Assalamualaikum dan selamat sore rekan sefrofesi dalam bidang pendidik..semoga dalam keadaan sehat..Aamiin..maaf min, sy mau tanya msalah alih fungsi, sy sudah mendaftar dan sudah ada tercantum nama saya dlm dafatar guru alih fungsi khusus untuk Aceh Gayo Lues..saya skr mengajar di slah satu SMAN yg ada di kab.gayo lues yaitu Jurusan Fisika..terus kmaren saya mendapat undangan dari Kemdikbud untuk mendaftarkan diri menjadi guru alih fungsi,dan Alhamdulillah sudah terdaftar. Tapi sy agak sesikit kurang paham, jika nantinya jurusan yg saya ambil yaitu agribisnis perikanan sekiranya jurusan itu tdk ada di sekolah tempat saya mengajar itu bagaimana ya pak admin? Terus masalah magang itu biasanya dilaksanakan dimana? Satu sisi saya senang untuk mengikuti alih fungsi ini..semoga semua ada hikmahnya..tolong penjelasannya..sebelumnya saya ucapkan terimakasih pak..

Pak, Saya mendapatkan undangan untuk pembekalan, Ttapidisitu di buat keahlian ganda pak, Brrti apakah bisa yg blm sertifikasi ttp mngajar mapel awal seduai ijazah stelah mngikuti alih fungsi tersebut

Apakah sertifikat pendidik yg dimaksudkan disini sama dengan sertifikat pendidik bagi yg sudah sertifikasi...?apakah nanti bagi guru yg belum sertifikasi otomatis mendapatkan tunjangan sertifikasi setelah melaksanakan alih fungsi ini?

Apakah sertifikat pendidik yg dimaksudkan disini sama dengan sertifikat pendidik bagi yg sudah sertifikasi...?apakah nanti bagi guru yg belum sertifikasi otomatis mendapatkan tunjangan sertifikasi setelah melaksanakan alih fungsi ini?

Saya belum mendapat info pasti mengenai istilah keahlian ganda bu. Namun jika dalam undangan pembekalan disitu tertulis keahlian ganda berarti ibu masih bisa mengajar mapel yang lama. Ibu sudah memiliki sertifikat pendidik sebelumnya?

Penempatan yang menentukan adalah kemendikbud nantinya dan tidak keluar kabupaten. untuk magang ditempatkan di sekolah asal atau sekolah rujukan.

iya sama, namun sertifikat pendidik akan diperoleh apabila sudah lulus dan mendapatkan sertifikat keahlian. coba cek disini : http://www.mardiyas.com/2016/11/inilah-strategi-pelaksanaan-pelatihan-kelulusan-alih-fungsi.html

Mau tanya pak,saya sudah mendaftar sudah diterima di jurusan x ,apakah saya masih bisa merubah pilihan saya pak.hari senin saya sudah mulai pembekalan

BLm pak, Jd bgmmana, Apakah nnti otomatis mapel lama saya sudah tersertifikasi jg pak?? Atau bagaimana pak

Mapel awal saya blm sertifikasi pak, Jd nnti apakah mapel awal saya secara otomatis sudah tersertifikasi juga pak, Atsu bgmn pak

pak saya sudah terdaftar sebagai peserta alih fungsi.. apakah saya bisa mengundurkan diri pak?

Kemungkinannya seperti itu Bu. Istilah Keahlian Ganda berarti Ibu selain mengajar mapel adaptif yang lama juga akan mengajar mapel produktif yang baru. Itu pun jika ibu lulus sertifikasi keahlian baru bisa mengikuti sertifikasi pendidik.

Coba anda koordinasi langsung dengan MKKS atau Dinas Pendidikan setempat.

Hasil pengumuman seleksi peserta alih fungsi sudah dipetakan oleh kemendikbud. untuk masalah bisa pindah jurusan coba nanti tanyakan langsung pada narasumber saat pembekalan. mungkin ada kebijakan baru yang belum kita ketahui.

Brrti pak, Pelajaran awal kita otomatis sudah tersertifikasi pak??
Misal matematika saya otomatis sudah tersertifikasi

Saya sudah mendaftar pada program alih fungsi. Akan tetapi sy lihat pd pengumuman peserta program utk wilayah sy banyak yg memilih paket keahlian teknologi pengolahan hasil pertanian. Dan paket itu ada di 1 smk, sedangkan byk pendaftar lain yg jg memilih paket tersebut d smk yg sama. Bagaimana nanti kelanjutannya pak? Teman sy yg memilih paket keahlian tehnik sepeda motor ini sudah pembekalan di pontianak. Apa berati sy tidak lolos verifikasi ya pak, belum mendapat undangan dr dinas setempat? Mohon pencerahannya, sy dr kab. Ketapang kalbar

Pak, Wktu di pembekelan ada saya tanya bagi guru yg blm sertifikasi, Bila mngikuti program keahlian ganda, Maka nntinya disertifikat pendidik tu akan ditulis dua mapel, Mapel awal dan mapel keahlian, Bgitu jwbny pak, Apa bnr pak bgitu

Pada pengumuman akhir apakah nama bapak tercantum? Saya sudah melihat untuk nama Affan Asnawi atau Dwi Wahyu tidak tercantum di pengumuman hasil seleksi.
Pengumumannya Bapak bisa lihat di http://www.mardiyas.com/2016/10/pengumuman-peserta-program-alih-fungsi.html

Nah itu sudah terjawab. Oleh karenanya alih fungsi juga punya nama lain keahlian ganda. Berarti ibu masih tetap bisa mengajar matapelajaran yang lama. Karena bagi yang sudah sertifikasi maka cukup sertifikasi keahlian saja. dan melekat 2 mapel pada guru tersebut. Semoga ibu semakin paham tentang program ini. Ikuti pembekalannya dengan serius dan semangat ya bu. Semoga semuanya lancar dan ibu merasakan manfaatnya, bukan malah tersusahkan. Selamat mengikuti pelatihan.

Brrti pak, Apa betul nnti di sertifikat nya bagi kami guru yg blm sertifikasi akan ditulis 2 mapel yg tersertifikasipak???
Brrti mapel awal saya secara otomatis juga tersertifikasi pak

Saya belum terdaftar, tp berminat ikut program ini masih boleh gak ya...n bagaimana cara daftarnya.trims

Pendaftaran sudah ditutup 20 Oktober 2016. Ini sudah memasuki tahap pembekalan untuk pelatihan.

Pak saya udah terdaftar alih fungsi guru dan teman teman saya Udh dapat undangan untuk mengikuti diklat tapi kenpa saya tidak ada undangan untuk mengikuti diklat saya guru ups mengambi alih fungsi perhotelan apa karena di sekolah saya jurusan perhotelan nya tdk ada guru tetap ato gi mn ? Mohon jawaban nya

saya sdh terdaftar diprogram alihfungsi ini, yg mau saya tanyakan apakah bisa pindah jurusan lagi? karna tempat magang yang ditempatkan dari dinas pendidikan setempat sangatlah jauh diluar kabupaten (beda kabupaten),alasannya jurusan tersebut tidak ada lagi di SMK kabupaten setempat, jadi apakah bisa diganti jurusannya?. sehinnga bisa terjangkau kelak. terimakasih

Saya terdaftar diprogram alihfungsi tp tidak ikut karna jurusan yg terpilih tdk ada minat, apakah bisa ikut di gelombang selanjutnya atau tahun depan dgn jurusan diminati....

Saya terdaftar diprogram alihfungsi tp tidak ikut karna jurusan yg terpilih tdk ada minat, apakah bisa ikut di gelombang selanjutnya atau tahun depan dgn jurusan diminati....

Marudut Simangunsong delete 18 November 2016 at 00:41

Nama saya sudah ikut sebagai peserta tapi belum ada undangan untuk pembekalan atau diklat, mohon pencerahannya pak

Mau minta info pa saya sudah terdaftar dan udah ada nama dari hasil registrasi tapi saya enga tau kapan waktu pembekalan hanya tau bulan tapi pastinya tanggal blum tau mohon bantuan ya karena saya ada di daerah kepulauan kab.raja ampat. Terima kash

Untuk ganti jurusan itu tidak segampang yang kita minta. Penempatan sudah disesuaikan dengan kebutuhan jurusan dan itu keputusan final hasil seleksi dari kemendikbud. Jadi untuk ganti jurusan agak sulit dilakukan.

Dicoba saja pak, namun pengunduran diri tahun semoga tidak menjadi track record yang buruk dimata kemendikbud sehingga bisa ikut tahun berikutnya.

Ditunggu saja pak, dan sering-sering cek email yang digunakan untuk mendaftar. Kabupaten kota lain sudah mulai pembekalan kok.

Sering-sering cek email ya pak. pembekalan berkisar antara 24 oktober - 24 november. Kabupaten/kota lain sudah mendapatkan undangan.

saya juga mendaftar program alih fungsi pak. dan pasca penetapan peserta nama saya juga ada. tapi pada saat undangan pembekalan nama saya tidak tercantum sebagai peserta. bagaimana kondisinya itu pak.

Wah sepertinya itu murni kesalahan sistem, coba koordinasi dengan diknas pendidikan setempat pak.

Saya sudah terdaftar alih fungsi di Muliti Media. apakah bisa pindah ke teknik sepeda motor mengingat saya sudah lama mengajar di program keahlian sepeda motor.

saya guru produktif di salah satu SMK,namun nama saya ada dalam program alih fungsi dengan mapel produktif. jadi saya alih fungsinya bagaimana?



saya sudah mendaftar program alih fungsi... lalu untuk mendapat info lebih lanjut bagaimana caranya?
lalu melalui apa undangan pembekalan diberikan?

Mohon infonya teman kami ada yang sudah dapat undangan pembekalan dan pada saat yang bersamaan dapat undangan tes bakat minat, tetapi karena ketidaktahuan teman saya lebih memilih tes bakat minat. Pada akhirnya ternyata tidak dapat mendaftar ke akun keahlian ganda akibat tidak mengikuti pembekalan. bagaimana solusinya? Mohon jawabannya terima kasih

mohon bantuannya apa konsekuensinya jika tidak ikut keahlian ganda/mengundurkan diri

Bagaimana prosedur pengunduran diri di situs pendaftarannya pak Mardiyas Sobi ?
Mohon di bantu.

Saya sertfikasinya TIK thn.2010,, ijazah Fisika,, Apakah saya bisa mengikuti alihfungsi2017 untuk LATAR BELAKANG
SERTIFIKASI: Fisika? atau hanya untuk LATAR BELAKANG
SERTIFIKASI: TIK/KKPI!?? Terima kasih,, mohon kirim juga jawaban Bapak ke 085845956692,, terima kasih banyak,,


EmoticonEmoticon