Friday, 4 November 2016

Inilah 12 Alasan Finlandia Pendidikannya Terbaik Sedunia

Inilah 12 Alasan Finlandia Pendidikannya Terbaik Sedunia

12 alasan Finlandia pendidikannya terbaik sedunia - Fakta dan data banyak berbicara mengenai pendidikan di negara yang satu ini. Ya, Finlandia. Negara ini dinilai memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Mungkin Finlandia bisa menjadi salah satu tolak ukur perbaikan demi perbaikan yang dilakukan kemendikbud saat ini. Meski beda geografis namun tidak ada salahnya untuk dicoba.


Apakah Konsep Fullday School Ada di Finlandia? - Konsep full day school yang banyak dibicarakan dan mulai menuai protes banyak pihak, maka coba kita belajar dari negara lain tentang sistem pendidikan mereka yang terbaik. Seperti Finlandia, yang merupakan negara dengan pendidikan terbaik sedunia. Mari kita simak 12 Alasan kenapa Finlandia menjadi negara dengan pendidikan yang terbaik :

1. Perbanyak bermain.
Di Finlandia orang tua percaya bahwa anak-anak bisa belajar melalui banyak cara, salah satunya bermain. Jadi guru di sana tidak melulu mencekoki murid dengan buku teks saja, melainkan dengan bermain untuk menemukan potensi dirinya.

2. Tidak memiliki standar untuk nilai.
Pendidikan di sana berpendapat adanya standar nilai justru akan membuat anak stres saat akan ujian. Di sistem pendidikan Indonesia disebut KKM. Oleh karena itu mereka membiarkan anak belajar sendirinya dengan apa yang disukai tanpa harus terbebani dengan nilai. Sementara itu nilai lebih ditentukan oleh guru berdasarkan keaktifan anak di kelas.

3. Kepercayaan.
Faktor inilah yang paling penting disana. Pemerintah percaya terhadap pendidik dan pendidik percaya kepada siswa mereka. Begitu juga sebaliknya, orang tua mempercayakan pendidikan anaknya ke sekolah tanpa harus mencampuri terlalu dalam. Dengan adanya sistem kepercayaan ini maka sangat minim sekali sekolah disalahkan oleh orang tua siswa (Fenomena di Indonesia - Guru diselkan oleh orang tua siswa).

4. Tidak ada persaingan antar sekolah.
Jika di negara lain termasuk Indonesia setiap sekolah bersaing untuk mendapat gelar sekolah terbaik, berbeda dengan di Finlandia. Di sana tidak ada persaingan antar sekolah. Semua sekolah diyakini punya kualitas baik untuk anak mereka. Maka dengan begini sekolah akan mendapatkan inputan dan lulusan yang merata kualitasnya, tidak timpang ketika satu sekolah mendapatkan gelar sekolah favorit maka sudah jelas akan mendapatkan siswa baru dengan kualitas input yang bagus-bagus.

5. Fasilitas sekolah yang lengkap.
Orang Finlandia percaya bahwa kesuksesan pendidikan anak mereka juga ditentukan oleh fasilitas sekolah yang memadai. Oleh karena itu di dalam sekolah banyak ruang-ruang bermain atau diskusi bersama. Tak hanya itu saja, ruang olahraga juga ada dimana-mana untuk membuat pikiran dan tubuh siswa bisa segar setiap saat.

6. Pelajaran etika wajib diikuti sejak pertama masuk sekolah.
Pelajaran ini diwajibkan dalam kelas-kelas utama baik yang beragama maupun atheis. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter anak yang baik. Jika karakter anak sudah terbentuk dengan baik saat menjalani pendidikan, maka jaminannya adalah generasi yang baik di era dunia kerjanya.

7. Standar nilai ditentukan oleh guru.
Finlandia tidak memiliki ujian akhir atau UN seperti di Indonesia. Kemampuan siswa akan dinilai langsung oleh guru kelas yang mengetahui kemampuan dan prestasi anak selama ini di kelas.

8. Siswa dibebaskan memilih pelajaran yang sesuai dengan kemampuannya.
Setelah usia 16 tahun, siswa dibebaskan mau masuk sekolah biasa (akademi berbasis) atau kejuruan. tidak ada perbedaan dari dua sekolah itu, semuanya dihormati dan dihargai sama rata oleh masyarakat Finlandia.

9. Guru memiliki hak untuk bahagia.
Sama dengan muridnya, guru di sana juga tidak dituntut bekerja keras. Karena mereka yakin guru yang bahagia akan membuat siswanya ikut berbahagia juga. Tidak ada tuntutan administrasi yang begitu memberatkan guru. Oleh karena setiap guru di sana hanya mengajar 20 jam perminggunya.

10. Waktu istirahat yang panjang.
Di sana waktu istirahat sekolah yang disediakan bisa sampai 45 menit. Finlandia percaya bahwa kapasitas setiap siswa dalam belajar akan berhasil jika mereka memiliki waktu bersantai yang cukup. Sehingga saat masuk kelas untuk belajar, pikiran mereka akan segar dan bisa fokus kembali.

11. Jam belajar cuma 4-5 jam.
Siswa setingkat SD dan SMP di sana belajar di sekolah cuma 4-5 jam. Sedangkan untuk SMA sama dengan kuliah, hanya menghadiri kelas yang sudah dipilih dari awal masuk. Dengan begini siswa diharapkan tidak stres dan kecapekan saat sekolah.

12. Semua guru diseleksi dengan ketat.
Salah satu faktor penting dari sebuah pendidikan adalah peran para guru. Guru di Finlandia harus diseleksi dengan ketat mulai dari nilai, integritas mereka, semangat mereka dalam mengajar, serta karya apa yang bisa menunjang pendidikan di Finlandia.

Nah, itulah mengenai ulasan 12 alasan yang membuat Finlandia memiliki sistem pendidikan terbaik sedunia. Tidak ada kata-kata Fullday School. Bagamaina menurut Anda? Point-point mana sajakah yang dapat diterapkan pada sistem pendidikan di negara kita Indonesia? Pemikiran-pemikiran cerdas Anda kami tunggu. Terimakasih.

Sumber: www.edweek.org.
loading...


EmoticonEmoticon