Friday, 4 November 2016

Ada Ribuan Lowongan Guru, Segera Ambil Kesempatan Emas Ini

Ada Ribuan Lowongan Guru, Segera Ambil Kesempatan Emas Ini

Ada ribuan lowongan guru baru - Ditengah ramainya program-program dan wacana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) guna mendapatkan formula yang baik dan pas untuk sistem pendidikan di Indonesia, ternyata masih banyak daerah-daerah yang kekurangan guru. Salah satunya kabupaten-kabupaten di Kalimantan Utara yang membutuhkan ribuan guru. Itupun masih terganjal program dari Presiden yang menginginkan adanya perampingan anggaran negara yang menyebabkan minimnya pengangkatan CPNS di tahun-tahun Presiden Joko Widodo menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia.

Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie menyebutkan, daerah yang dipimpinnya masih kekurangan guru. Propinsi termuda ini masih kekurangan banyak guru. Dikompilasi dari lima kabupaten/kota, jumlah kekurangan guru di Kalimantan Utara mencapai tiga ribu orang.

Jumlah guru yang ada saat ini baru mencapai 8.250 dari seluruh satuan pendidikan seperti PAUD, SD, SMP dan SMA/SMK.

"Di Kalimantan Utara kekurangan 3.000 guru. Di Bulungan saja, itu kekurangan 500 guru. Menyiasatinya, Pemkab Bulungan mengontrak 400 guru. Jika anggaran defisit, untuk membayar tunjangannya itu agak berat," ujarnya, Selasa (1/11) seperti yang dilansir di jpnn.com.

Di sisi lain, Mendikbud Muhadjir Effendy mengungkapkan, pemerintah saat ini tengah mencari solusi untuk mengatasi minimnya jumlah guru. Langkah awal, Kemendikbud sudah mengusulkan sedikitnya 6.000 formasi guru yang akan ditempatkan di daerah perbatasan, terluar, terpencil dan pedalaman.

"Akan kami angkat guru P3T. Itu ada 6.000, tengah diproses di Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara. Kalau di Kemendikbud sudah final. Kami berdoa semua, semoga bisa terpenuhi," ujar Muhadjir.
loading...


EmoticonEmoticon