Tuesday, 29 November 2016

Inilah 7 Cara Jitu Melawan Ngantuk Saat Ujian

Inilah 7 Cara Jitu Melawan Ngantuk Saat Ujian

Cara jitu melawan ngantuk saat menghadapi ujian - Hayo sobat, siapa yang suka ngantuk bahkan tertidur saat di kelas? Baik itu saat menerima pelajaran dari guru maupun saat mengerjakan soal-soal ujian. Ngaku aja sobat? hihihi... Kayak yang nulis gak pernah ngantuk aja saat belajar atau ngerjakan ujian di kelas.

Penyebab ngantuk itu apa saja sih? - Sebelum kita bahas 7 cara jitu melawan ngantuk saat ujian, ada baiknya sobat ketahui dulu apa penyebab ngantuk itu datang saat kita belajar atau mengerjakan soal ujian di kelas. Mungkin semua orang sudah tahu pasti jawabannya, namun perlu kami ingatkan ya sobat, berdasarkan pengalaman pribadi dan berbagai sumber yang kami himpun. 

Ngantuk itu bisa datang kapan saja sobat, itu terjadi saat tubuh kita merasa lelah atau kurang istirahat. Namun ketika kita cukup istirahat pun kadang mengantuk itu datang tiba-tiba. So apa sebenarnya yang terjadi sobat. Jawabannya adalah boring dan kita kurang dalam motivasi diri. Daya juang dan semangat kita menurun. Usut kena usut kenapa daya juang dan semangat kita menurun disaat kita belajar atau mengerjakan soal ujian karena kita membiasakan diri untuk malas mengerjakan sesuatu yang tidak kita suka, meskipun kita tahu itu baik untuk kita.

Belajar di kelas itu menuntut ilmu, jangan mengatakan itu hal yang tidak baik ya sobat. Mengerjakan soal saat ujian itu juga baik, karena semakin sobat terbiasa memcahkan suatu masalah, maka tingkat pemikiran sobat akan semakin naik dan jelas itu akan menaikkan IQ sobat. Sobat akan terbiasa dalam menghadapi masalah dan tidak lebay setiap kena masalah.

Jadi intinya adalah kita masih ada rasa malas untuk mengerjakan sesuatu yang kita tidak sukai meski itu baik untuk kita. Sehingga rasa kantuk itu akan cepat menyerang kita seperti halnya virus. Akhirnya daya juang pada diri sobat tidak ada sama sekali saat mengerjakan soal ujian. Kepala ditaruh di atas meja, membaca soal asal-asalan, dan akhirnya tertidur pulas karena kantuk sudah menyerang dengan dahsyat.

Ini penyakit harus disembuhkan, jangan dibiasakan seperti itu ya sobat. Mulailah dari niat untuk diri sendiri terlebih dahulu agar semuanya akan baik-baik saja dikemudian hari. Nah bagi sobat yang ingin menghilangkan virus ngantuk saat belajar di kelas atau saat mengerjakan soal-soal ujian. Kami ada 7 tips untuk melawan ngantuk saat ujian.

Inilah 7 Cara Jitu Melawan Ngantuk Saat Ujian

1. Olahraga
Inilah 7 Cara Jitu Melawan Ngantuk Saat Ujian

Olahraga merupakan salah satu usaha yang harus dilakukan secara kontinyu (terus-menerus). Sobat tahu kan olahraga paling murah meriah adalah walking, jogging or running. Ya cukup menyediakan waktu sekitar 15-20 menit untuk lari pagi setelah solat subuh adalah solusi olahraga terbaik yang bisa sobat lakukan sebagai seorang pelajar. Dengan begitu badan sobat jadi segar dan sehat, pasokan oksigen di otak pun jadi tercukupi. So, jangan habis solat subuh trus sobat tidur lagi ya!!!

2. Jaga Pola Makan (Jangan Telat-telat Makan)
Inilah 7 Cara Jitu Melawan Ngantuk Saat Ujian

Pola makan yang baik akan memberikan efek yang baik pula untuk lambung sobat. Banyak pepatah mengatakan sumber penyakit itu datangnya dari perut. Jika sobat jaga kondisi perut sobat dengan baik, maka kondisi organ tubuh yang lain akan baik pula. Contoh nih sobat, coba jika sobat sudah lapar disiang hari saat belajar di sekolah, yang ada malah pusing kan kepala sobat. Itu karena perut dalam kondisi kosong. Pola makan yang baik juga akan membentuk daya tahan tubuh yang baik pula sobat. Biasakan sarapan sebelum beraktifitas. Jadi sobat jangan lupa sarapan sebelum menghadapi ujian ya!!! Minta sama ibunda sobat untuk menyajikan sarapan yang menggugah selera sehingga sobat sarapan dengan baik.

3. Jaga Pola Tidur (Jangan Begadang)
Inilah 7 Cara Jitu Melawan Ngantuk Saat Ujian

Ini yang menjadi kebiasaan yang tidak baik yang selalu dan selalu dilakukan kaula muda, begadang. Entah apa yang mereka cari dan nikmati saat berlama-lama membuka mata hingga larut malam. Jelas mereka melakukan hal yang mereka sukai sobat. Terlalu asyik dengan smartphone atau gadget itu yang paling sering dilakukan. Ngobrol via chatmedia atau sosmed juga bisa membuat kalian betah hingga larut malam tidak tidur. Itu hal yang salah ya sobat, karena besok kan harus beraktifitas kembali. Maka pola tidur ini harus dijaga. Tetapkan paling malam tidur adalah jam 10 sehingga waktu subuh bisa bangun dan lanjut olahraga. Semangat!!!

4. Belajar Dengan Baik
Inilah 7 Cara Jitu Melawan Ngantuk Saat Ujian

Penyebab mengantuk saat ujian juga datang karena sobat tidak bisa menjawab soal-soal ujian, akhirnya malas untuk mengerjakan soal selanjutnya. Duh soalnya sulit. Kasihan soalnya jadi kambing hitam. Padahal jika sobat mau belajar dengan baik, maka sobat kemungkinan besar bisa menjawab soal-soal tersebut hingga 90%. Ketika sobat bisa menjawab soal karena hasil belajar yang baik tadi, maka sobat akan bergairah dan semangat untuk membaca soal berikutnya. Nah semangat inilah yang menyebabkan virus ngantuk tidak menyerang kita. Kita jadi suka karena kita bisa mengerjakannya. Tambahan sobat, jika sobat sudah mengandalkan orang lain untuk dicontek jawabannya atau tanya kanan kiri, maka sobat tidak akan pernah mau belajar. Sampai kapan pun itu.

5. Makan Coklat
Inilah 7 Cara Jitu Melawan Ngantuk Saat Ujian

Berdasarkan pengalaman pribadi nih sobat, coklat itu memang ajaib. Kok bisa, coklat itu adalah makanan yang mampu mengubah mood seseorang (mood booster). Mood yang dimaksud sobat, dapat membuat mood berubah menjadi lebih baik lagi, seperti bersemangat, lebih aktif bergerak, ceria, dan lain-lain. Coklat akan memperlambat produksi hormon stress, dan tingkat kecemasan otomatis akan menurun. Ini karena coklat akan membuat pelepasan endorfin otak, dan juga dapat meningkatkan kadar serotin. Inilah yang akan menciptakan rasa bahagia yang dapat berlangsung selama beberapa jam. Jadi sobat, kami sarankan makan cokelat sebelum masuk ruang ujian ya!!!

6. Perhatikan Posisi Dudukmu
Inilah 7 Cara Jitu Melawan Ngantuk Saat Ujian

Posisi duduk merupakan salah satu aspek penting dalam K3 sobat. Apa itu K3? Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Sobat mengerjakan ujian duduk lebih dari satu jam itu sama saja dengan bekerja. Nah, jika duduk sobat itu baik dan benar, maka kesehatan sobat akan terjaga pula. Duduk tegak 90 derajat dan posisikan kaki dengan rileks atau senyaman mungkin. Jika sobat duduknya saja sudah tidak karuan, bagaimana bisa bekerja dengan baik. Contoh, belum selesai membaca 5 soal, sobat sudah ndelosor (kepala ditaruh dimeja, red). Maka selain kesehatan punggung sobat terganggu, rasa malas akan cepat muncul dan virus ngantuk siap menyerang. Apapun yang terjadi usahakan duduk tegak sempurna dan santai ya sobat. Rileks...

7. Motivasi Diri
Inilah 7 Cara Jitu Melawan Ngantuk Saat Ujian

Nah jika ke enam cara tadi sudah dilakukan dan ternyata virus mengantuk masih menyerang, berarti ada yang salah dari ke enam cara di atas. Kemungkinan sobat tidak melakukannya dengan baik. Maka, kita kembalikan kepada diri pribadi sobat masing-masing. Kalo mengantuk masih menyerang coba motivasi diri sobat sendiri bahwa sobat datang ke sekolah buat belajar, mencari ilmu, dan menjadikan diri lebih baik lagi. Sobat merasa malu jika pada akhirnya tertidur pulas saat ujian, malu dengan teman, malu dengan pengawas, malu pada diri sendiri. Sobat merasa tidak menyia-nyiakan waktu karena mengantuk dan tertidur di kelas. Dengan begitu, semoga niat dan semangat sobat bangkit dan rasa ngantuk itu menghilang.
loading...


EmoticonEmoticon