Tuesday, 1 November 2016

Luar Biasa, 136 Guru Berprestasi Siap Studi Banding Ke Australi

Luar Biasa, 136 Guru Berprestasi Siap Studi Banding Ke Australi

136 Guru SD berprestasi studi banding ke Australia - Ini kabar yang sangat menggembirakan bagi insan pendidikan. Guru saat ini memang syarat akan tuntutan dan sibuk akan administrasi. Jika ada hal seperti ini, maka guru layak mendapatkannya sebagai reward atau penghargaan agar bisa berimbas pada guru-guru yang lainnya. Luar biasa, pemerintah memberikan hadiah studi banding ke Australia bagi 136 guru SD berprestasi.

Sebanyak 136 guru SD berprestasi dari berbagai daerah mendapatkan kesempatan mengikuti studi banding ke Australia. Mereka akan mempelajari sistem pendidikan di Negeri Kanguru tersebut.

Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Popy Dewi Puspitasari mengungkapkan, 136 guru SD yang dikirim ke Australia untuk studi singkat di Universitas Melbourne dan sekolah ini dipilih melalui proses panjang.

"Seleksinya cukup ketat, saat ini ada 300-an guru keren. Namun, tahun ini yang kami berangkatkan 136 guru dulu. Studi singkat ini dibiayai oleh pemerintah Australia," kata Poppy saat melepas 136 guru berprestasi studi singkat, (27/10) seperti yang dilansir jpnn.com.

136 guru ini nantinya tidak tinggal di penginapan atau hotel. Mereka akan tinggal bersama keluarga setempat. "Guru-guru ini akan mengalami langsung praktik edukasi terbaik Australia. Kami berharap, mereka bisa memberikan inspirasi dan gagasan baru dengan sesama guru serta kepsek mereka sekembalinya ke Indonesia," beber Poppy.

Hubungan antara Australia dan Indonesia telah lama terjalin di beberapa bidang pendidikan. Australia merupakan destinasi pilihan masyarakant Indonesia yang belajar di luar negeri. Seperempat dari orang Indonesia yang belajar di luar negeri memilih belajar di Australia. 19.300 orang Indonesia terdaftar di lembaga pendidikan Australia pada 2015.

Sejak 2014, hampir 2000 generasi muda Australia tinggal, bekerja dan belajar di Australia sebagai bagian dari program pemerintah Australia. Harapan kedepannya adalah Indonesia tidak hanya menjalin hubungan baik seperti ini dengan Australia saja namun dengan negara-negara maju lainnya. Agar pemuda-pemuda Indonesia dapat menyerap peradaban dan pemikiran modern dari negara-negara maju untuk dapatnya memajukan negara Indonsia.
loading...


EmoticonEmoticon