Wednesday, 2 November 2016

Persiapan UNBK 2017 Memasuki Simulasi Tahap 1

Persiapan UNBK 2017 Memasuki Simulasi Tahap 1

Mardiyas.comUNBK 2017 sudah memasuki simulasi tahap 1 - Kabar apakah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 ada atau tidak kini sudah bisa dijawab. Dengan adanya pemberitahuan dari dinas pendidikan kabupaten/kota setempat kepada sekolah-sekolah peserta UNBK 2016 dan atau sekolah yang akan mengikuti UNBK 2017 agar segera mempersiapkan diri. Tak pelak hal ini memeras otak dan pikiran sekolah-sekolah peserta UNBK 2017 agar segera berbenah. Mulai dari nominasi siswa peserta UN 2017 (Ujian Nasional) sampai pada media perangkat yang digunakan untuk UNBK 2017.

|Baca Juga : 
Informasi lengkap tentang UNBK New
Jadwal dan Rencana Simulasi 2 UNBK 2017 Oleh Puspendik
Simulasi UNBK 2017 Tahap Satu Berjalan Dengan Lancar 
Cara Melihat Rapor dan Peringkat Sekolah Menggunakan Aplikasi Hasi Ujian Nasional 2016

Kepala teknisi UNBK 2017 SMAN 4 Jember Haries Setyo Utomo menerangkan bahwa persiapan media perangkat UNBK di sekolahnya masih 70 persen. Hal ini terkait karena adanya penambahan jumlah peserta UNBK 2017 sebanyak 22 siswa dibanding UNBK 2016. Sebanyak 283 siswa SMAN 4 Jember telah masuk nominasi UN 2017.

"Persiapan untuk 3 laboratorium komputer yang akan digunakan UNBK kira-kira sudah 70 persen. Hal ini dikarenakan ada penambahan sejumlah 22 peserta UNBK 2017 dibanding tahun lalu, belum lagi ada beberapa komputer yang mengalami kerusakan selama setahun ini," kata Haries.

"Kami masih menunggu keputusan dari sekolah untuk pengadaan komputer baru guna mencukupi kebutuhan ketiga lab komputer UNBK sebanyak total 96 komputer dengan formasi tiap lab komputer UNBK berisi 32 unit komputer," imbuhnya.

Pernyataan Kepala Teknisi UNBK 2017 SMAN 4 Jember ini dibenarkan oleh Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum (Waka Kurikulum) Drs. Bambang Sunardi, M.Pd. Dalam hal ini (UNBK 2017, red) belum ada persiapan khusus, seperti pemberian jam pelajaran tambahan, dan juga media komputer masih belum mencukupi kebutuhan jumlah peserta UNBK 2017 di SMAN 4 Jember.

Drs. Bambang Sunardi, M.Pd juga menjelaskan terkait belum siapnya anak-anak siswa-siswi SMAN 4 Jember dalam menghadapi UNBK 2017 dikarenakan sampai saat ini sekolah belum bisa menjawab permintaan siswa terkait adanya jam pelajaran tambahan di sekolah guna persiapan UNBK 2017.

"Jam Pembelajaran Tambahan bukan hanya untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak, namun juga untuk meningkatkan percaya diri anak dalam menghadapi UNBK. Karena dalam masalah teknis anak-anak bisa dibantu oleh proktor dan teknisi UNBK, tetapi dalam hal pengetahuan terhadap mapel (mate pelajaran, red) yang di UN-kan anak-anak dan sekolah harus mempersiapkan dengan matang," terang Bapak Waka Kurikulum panjang lebar.

"Bagi siswa yang orangtuanya mampu mereka menambah pengetahuannya dengan cara ikut bimbingan belajar di luar sekolah dan pembayarannya sesuai paket yang diambil, maka bagi siswa yang tidak mampu menaruh harapan besar pada sekolah agar dapat memfasilitasi kebutuhan mereka menyiapkan diri menghadapi UNBK dan bila sekolah yang mengadakan biaya jauh lebih murah dibanding bimbingan belajar secara pribadi," pungkasnya.

"Namun banyak sekolah saat ini belum berani memfasilitasi kebutuhan siswa dalam program jam tambahan pelajaran karena sekolah takut dianggap melakukan pungli (pungutan liar, red)," tutupnya.

Simulasi UNBK 2017 tahap awal memang dijadwalkan oleh kembdikbud melalui pupendik yaitu tanggal 21-24 November 2016 untuk SMA/MA dan SMP, 28 Nov - 1 Desember 2016 untuk SMK. Adapun ketentuannya yaitu setiap siswa dapat mencoba ujian Bahasa Inggris dan dua Mata pelajaran lainnya, berdasar pilihan siswa sendiri (setiap hari satu mata pelajaran). Biaya penyelenggaraan di sekolah ditanggung oleh sekolah masing-masing. Dan nantinya Skor hasil simulasi akan diumumkan.

|Baca Juga : Draft Surat Edaran Persiapan Pelaksanaan UNBK 2017.
loading...


EmoticonEmoticon