Tuesday, 15 November 2016

Wow... Indahnya Supermoon 2016 di Pantai Sanur Bali

Wow... Indahnya Supermoon 2016

Supermoon melintasi Indonesia dengan keindahannya - Suatu hal yang menakjubkan kembali ditampilkan oleh alam semesta. Dan semua itu atas izin dan kuasa Allah swt. Malam Selasa 14 Shafar 1438H atau tepatnya 14 November 2016 posisi bulan pada jarak terdekat dengan bumi Indonesia sejak 70 tahun terakhir. Pernah terjadi pada tahun 1948 dan akan terjadi kembali tanggal 25 November 2035.

"Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui. (QS. Yusuf : 5)

Apa itu Supermoon? - Dikutip dari wikipedia.org istilah Supermoon atau bulan super pertama kali dikemukakan oleh astrolog Richard Nolle pada tahun 1979. Supermoon adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh (purnama) ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi (apsis/perigee).

Secara spesifik bulan super atau supermoon bisa merupakan bulan purnama atau bulan baru, yang jaraknya dengan bumi sekitar 10% atau kurang dari jarak lintasannya. Ketika fenomena ini terjadi, bulan nampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer.

Fenomena supermoon sebelumnya terjadi tahun 1948, 1955, 1974, 1992 dan 2005. Pada 19 Maret 2011, supermoon akan mengalami jarak terdekatnya dalam 18 tahun terakhir. Pada 19 Maret 2011 fenomena perigee bulan, yang memiliki siklus sekitar 27,3 hari terjadi bersamaan dengan bulan purnama yang muncul tiap 29 hari.

Ketika perigee bulan terjadi bersamaan dengan bulan purnama, permukaan bulan akan tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari bulan purnama. Konon terjadinya Supermoon ini diiringi dengan adanya bencana alam yang akan melanda bumi. Seperti gunung meletus, gempa bumi dan lain-lain.

Hal itu terjadi karena waktu terjadinya bulan super  hampir selalu berdekatan dengan terjadinya suatu bencana alam tertentu. Namun supermoon tidak cukup kuat untuk mempengaruhi permukaan tanah ataupun gunung berapi di bumi. Pengaruh dari supermoon biasanya hanyalah naikknya permukaan laut sekitar beberapa inci di beberapa daerah bumi.

Pengaruh fenomena supermoon terhadap peningkatan aktivitas sismik justru terjadi di permukaan bulan itu sendiri. Ketika berada dalam keadaan supermoon, bulan mengalami gempa. Hal ini terdeteksi oleh instrumen seismologi yang ditinggalkan oleh para astronot Apollo 11 di bulan.

Nah, itulah sedikit fenomena alam yang tentunya dapat menjadikan kita sebagai umat manusia untuk tetap bersyukur dan bertafakur (memikirkan ciptaan Tuhan), agar keimanan kita berlebih-berlebih dan berlebih lagi. Subhanallah.

"Allah-lah yang meniggikan langit tanpa tian (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemanyam di atas Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan(mu) dengan Tuhanmu." (QS-Ar-Rad :2)

loading...


EmoticonEmoticon