Friday, 16 December 2016

Apakah UN Masih Diperlukan?


Kadisdik bilang, Ujian Nasional itu masih diperlukan - Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah menyatakan, Ujian Nasional (UN) masih sangat diperlukan untuk evaluasi kemampuan siswa secara nasional.

Seperti dilansir jpnn.com Zubaidah mengatakan, "Saya sepakat evaluasi akhir siswa dilakukan dengan UN."

Zubaidah menyatakan kurang sepakat dengan adanya rencana moratorium UN. Kebijakan tersebut sayang mendadak. Apalagi, ada penyerahan wewenang dari pusat ke wilayah Provinsi.

"Wilayah harus menentukan standar untuk ujian nasional sehingga juga harus memakan waktu," ujarnya.

Kemudian, jika menggunakan Ujian Nasional Berstandar Nasional (USBN), dia menyatakan, masing-masing provinsi tidak memiliki standar yang sama. Hal tersebut berdampak pada bagaimana menguji mutu sekolah tersebut.

"Jika kebijakan moratorium disetujui, maka banyak yang harus disesuaikan dengan kebijakan USBN," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Mistin menyatakan, dia sepakat dengan dibatalkannya rencana moratorium UN. Hal itu karena UN mampu mengukur kemampuan siswa dan guru skala nasional.

"Mengukur pendidikan Indonesia dengan UN lebih mudah," jelasnya

Selain itu, persiapan sekolah di Kota Batu dalam mengikuti pelaksanaan UN juga sudah cukup matang. "Kalau standar ujian berubah, akan berdampak pada standar siswa juga," imbuhnya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMPN Kota Malang Burhanuddin menyatakan, dia sepakat dengan rencana dibatalkannya moratorium UN.

Hal tersebut dikarenakan UN masih sangat penting untuk menjamin mutu pendidikan di sekolah. "Mutu sekolah dapat diketahui dari seberapa baik hasil dari UN," terangnya.

Menurut dia, UN tidak hanya untuk pemetaan kemampuan siswa saja. Namun, sangat berguna untuk mengetahui kompetensi guru.

Juga motivasi guru dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami pelajaran yang diujikan di UN. "Jadi, UN bukan sekedar pemetaan saja," jelasnya.

Berlakunya UN memang sudah tepat digunkan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam sekolahnya. Dengan adanya UN maka siswa akan berlomba-lomba untuk mencapai nilai terbaik dalam ujian akhir sekolahnya. Sehingga anak-anak Indonesia akan giat dan rajin belajar.
loading...


EmoticonEmoticon