Saturday, 3 December 2016

Inilah Kelemahan Ujian Nasional di Indonesia

Inilah Kelemahan Ujian Nasional di Indonesia

Dimanakah letak kelemahan UN di Indonesia? Semua ini tidak lepas dari rencana moratorium yang diterapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Menurut Muhadjir salah satu kelemahan UN adalah UN cenderung membawa proses belajar ke orientasi yang tidak tepat.

Berdasarkan hasil pengamatannya saat berinteraksi dengan guru di berbagai daerah, Menteri Muhadjir menyampaikan, ada kecenderungan sekolah mengesampingkan atau mereduksi hakikat pendidikan, yakni membangun karakter, perilaku dan kompetensi.

"Sekolah cenderung hanya berfokus pada mata pelajaran yang diberikan pada UN, kurang memperhatikan mata pelajaran lainnya. Bahkan beberapa guru yang mengampu mata pelajaran bukan mata pelajaran UN merasa tidak diapresiasi baik oleh sekolah maupun peserta didik," ungkap Menteri Muhadjir, Kamis (1/12) seperti yang dilansir mardiyas.com dikutip dari jpnn.

Ditambahkannya, fokus berlebihan pada UN akan menjauhkan dari proses pembelajaran yang mendorong siswa berpikir kritis, analitis. Dicontohkannya, sebagai proses evaluasi yang bersifat massal, sampai saat ini bentuk instrumen UN adalah pilihan ganda.

Hal tersebut dinilai kurang sesuai dengan upaya pemerintah untuk menghadirkan generasi yang memiliki keterampilan abad 21.

"Saya mengharapkan lebih baik banyak praktik-praktik yang mendorong siswa mengekspresikan pikiran dan gagasannya, seperti penulisan esai," kata pak menteri

Menjawab kekhawatiran yang timbul di masyarakat terkait standar mutu pendidikan nasional, ia menyampaikan bahwa standar nasional pendidikan tetap dilaksanakan, tetapi kewenangannya didesentralisasikan ke daerah sesuai dengan amanat undang-undang.

Lebih lanjut, pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dimaksudkan sebagai upaya pemberdayaan guru melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Sebenarnya apa yang diungkapkan oleh menteri Muhadjir itu masuk akal. Akan ada perasaan matapelajaran UN adalah anak emas di sekolah. Bagamainan menurut Anda para Guru?
loading...


EmoticonEmoticon