Saturday, 7 January 2017

Buat Kalian Karyawan yang Bekerja Sistem Shift Harus Perhatikan Hal Ini

Buat Kalian Karyawan yang Bekerja Sistem Shift Harus Perhatikan Hal Ini

Karyawan yang bekerja dengan shift work - Dalam mencari kerja demi terpenuhinya nafkah maka pekerjaan apapun harus diambil peluangnya, tetap dalam koredor halal dan normal. Salah satunya adalah karyawan yang bekerja dengan sistem bergilir atau shift work. Dokter Kesehatan Kerja Iwan Siahaan mengimbau agar karyawan yang mendapat kerja bergilir memperhatikan pola tidur sehari-hari.

Satu kondisi yang amat rentan dialami oleh pekerja shift seperti petugas rumah sakit, kepolisian, pemadam kebakaran, satpam, atau jurnalis adalah gangguan tidur. Iwan siahaan menjelaskan beberapa penelitian yang dilakukan untuk melihat performa manusia dan keselamatan ditemukan bahwa tidur atau istirahat merupakan kebutuhan biologi yang sangat diperlukan. Kurang atau terganggu waktu tidur sehari atau bahkan tidak tidur sama sekali akan meningkatkan resiko kesalahan dan kejadian kecelakaan saat kerja.

Belum lagi efek dari kelelahan yang dirasakan oleh pekerja shift-shift-pan. Tidak seimbangnya antara bekerja dengan kebutuhan waktu istirahat seperti jadwal shift work yang tidak baik akan menghasilkan kelelahan yang kronis.

"Konsekuensi adanya kelelahan akan menurukan kewaspadaan, persepsi yang lambat, dan jelek," kata dr Iwan dikutip dari keterangan pers yang diterima health liputan6.com.

Ada pun waktu yang paling berbahaya dalam bekerja di mana timbul rasa kantuk yang teramat berat berada pada pukul 02.00 sampai 04.00 WIB dini hari dan waktu yang sama di sore hari.

Saran Untuk Karyawan Yang Kerja Bergilir

1. Tidur yang cukup
  • Tidur secepatnya setelah kerja shift malam untuk maksimal tidur
  • Hanya beristirahat tidaklah cukup. Harus tidur untuk turut mengistirahatkan kerja otak
  • Waktu tidur minimal adalah enam jam
  • Tidur siang sekitar 20 sampai 30 menit untuk membantu mengurangi rasa kantuk saat malam.

2. Tidur yang baik
  • Menghindari suara bising, matikan gawai, pilih lokasi tempat tidur di tempat sunyi
  • Mempertahankan rutinitas tidru seperti menggosok gigi seblum tidur, memadamkan lampu dll
  • Menghindari makanan berat, kopi, teh, alkohol sebelum tidur

3. Mempertahankan kebugaran dan membantu mengurangi stres dan sakit dengan olahraga teratur 20 menit sebelum bekerja. Pilih olahraga ringan seperti aerobik, berjalan kaki, bersepeda, jogging, berengang. Hindari olahraga tiga jam sebelum tidur

4. Rileks dengan melakukan kegiatan yang disenangi. Mengerjakan suatu kegiatan yang kita senangi disinyalir mampu memberikan suntikan rasa bahagia. Dengan rileks kita bisa sejenak mengistirahatkan pikiran kita. Jika pikiran kita rileks maka tidak akan ada ketegangan pada anggota tubuh kita, sehingga kita dapat mempersiapkan diri untuk kembali beraktifitas.

5. Mengkonsumsi makan sehat dan baik. Siapapun pasti menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan baik. Dengan makanan yang sehat dan baik maka metabolisme dalam tubuh kita menjadi terjaga. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tercukupi, sehingga kita tidak akan sering merasa kelelahan yang berlebih saat menjalani aktifitas kerja sift.

6. Segera konsultasikan ke dokter bila ada keluhan. Jangan pernah menunda-nunda jika Anda mengalami gangguan kesehatan, apalagi itu sudah masuk dalam keluhan. Segera periksa ke dokter untuk mendapatkan solusi dan perawatan terbaik.

Itulah 6 hal yang patut diperhatikan bagi para pekerja sift. Semoga informasi di atas dapat menjadikan gambaran dan patokan untuk jaga-jaga demi kesehatan dan kelancaran dalam pekerjaan.

loading...


EmoticonEmoticon