Monday, 9 January 2017

Pendidikan Anak Sudah Dimulai Saat Keluar dari Rahim

Pendidikan Anak Sudah Dimulai Saat Keluar dari Rahim

Mardiyas.com - Sistem pendidikan di Indonesia saat ini yang paling awal adalah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Dan banyak kalangan atau orang tua berpendapat bahwa pendidikan anak itu dimulai saat buah hati memasuki jenjang PAUD.

Namun menurut Sekretaris Ditjen PAUDNI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ella Yulealawati, anak mulai dididik  ketika dia menembus selaput jalan lahir ibunya.

"Banyak ibu yang tidak tahu, sesungguhnya pendidikan anak dimulai ketika proses kelahirannya. Bagaimana usaha seorang anak untuk keluar dari rahim ibunya. Yang tadinya terlindungi di rahim ibunya, bayi mungil ini berusaha mencari pintu membantu ibunya untuk keluar. Cara keluar dari jalan lahir itulah pendidikan, karena anak mulai belajar untuk menyelamatkan dirinya," beber Ella dalam diskusi memperingati Hari Ibu, di kantor Kemendikbud, Rabu (21/12).

Begitu anak berusia dua tahun, pendidikan selanjutnya  adalah interaksi dengan teman-teman dan orang dewasa lewat media permainan. Namun Ella menyayangkan, masih banyak ibu yang memaksakan anak-anaknya bisa baca, tulis dan menghitung.

"Berkali-kali kami tegaskan, PAUD jangan mewajibkan Calistung. Namun, imbauan pemerintah ini seakan diabaikan. Alasannya saat masuk SD, dites calistung," ujarnya.

Dia menambahkan, anak PAUD belajar lewat permainan. Dengan bermain, anak-anak akan terlatih alat motoriknya, psikologi anak juga berkembang.

"Anak akan merasakan bagaimana itu punya teman, bagaimana itu kerja sama, dan lain-lain," tandasnya.

Nah, bagi para orang tua jangan sampai salah dalam mendidik anak pada masa usia dini (PAUD). Karena pada dasarnya dengan bermain hakekatnya mereka juga belajar. Dengan menjadi anak yang mandiri, mengerti kerja sama dan percaya diri maka kecerdasan anak akan mengikutinya secara alami.

|Baca Juga :
Hanya soal waktu, jangan pernah lagi jengkel dengan si buah hati
Anak yang tangguh, disenangi dan disegani banyak orang
Ini alasan pendidikan anak perempuan lebih diutamakan
Mendidik dan Mengajari anak tekun sholat

loading...


EmoticonEmoticon