Monday, 30 January 2017

Tips Cerdas Sukses Lolos STAN Dari Pengalaman Pribadi Alumni STAN

Tips Cerdas Sukses Lolos STAN

Mardiyas.com - Sobat pasti sudah tahu kan, PKN STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) adalah salah satu dari sekolah tinggi ikatan dinas yang paling favorit. Betapa tidak tiap tahunnya pendaftar STAN mencapai ribuan, sobat. Tahun 2016 saja tercatat sebanyak 112.666 pendaftar sedangkan bangku kuliah yang disediakan oleh STAN hanya 4.490. Selain itu PKN STAN terkenal sebagai sekolah tinggi ikatan dinas favorit yang memberikan biaya pendidikan full gratis dan jaminan kerja sebagai PNS setelah lulus pendidikan. Hayo siapa yang tidak menginginkan masa depan yang sudah terjamin seperti ini?

Tips cerdas lolos PKN STAN - Mungkin sobat sudah sering menemui, mendapatkan, dan membaca tips-tips lolos STAN dari buku maupun artikel-artikel di internet. Tips atau cara yang kami bagikan kali ini berdasarkan pengalaman seorang teman (lebih tepatnya sahabat, red) yang lolos STAN dan menyadarkan penulis apa yang menyebabkan penulis tidak lolos STAN waktu itu sobat, dengan mengesampingkan faktor keberuntungan tentunya.

Berikut adalah tips cerdas sukses lolos STAN yang dapat kami rangkum dari keterangan narasumber:
  1. Belajar STAN harus dimulai sejak dini. Artinya mulai belajarnya sejak kelas X (sepuluh) SMA, ya... telat dikit tidak mengapa sobat, bisa dimulai kelas XI (sebelas) SMA, berarti sobat sudah mempersiapkan diri minimal selama 2 tahun.
  2. Jangan belajar STAN dimulai kelas XII (dua belas) SMA ya sobat, karena kelas XII itu untuk lebih mempersiapkan SBMPTN. Belum lagi disibukkan dengan ujian-ujian kelulusan. Mulai ujian praktek, ujian sekolah, dan ujian nasional. Meskipun tidak ada kata terlambat.
  3. Sebagian besar ujiannya Psikotes. Bisa dikatakan ujian STAN itu biasa aja, sobat. Cuma butuh badan sehat, otak fresh, dan pikiran tenang saat mengerjakan soal-soal ujian STAN.
  4. Rajin membaca dan mengerjakan soal-soal STAN. Bayangkan sobat, jika dimulai sejak kelas XI belajar STAn dan tiap hari sobat membaca dan mengerjakan soal-soal STAN. InsyaAllah gak bikin ribet nantinya.
  5. Lebih pada merubah pola atau cara belajar. Setelah seharian belajar di sekolah, sampai dirumah mengulang materi pelajaran tadi di sekolah plus mengerjakan PR jika ada. Sorenya sobat bisa ikut les matapelajaran, kemudian jam 12 bangun lihat berita sampai jam satu (Sering-sering lihat berita ya sobat, karena soal STAN juga mengandung perkembangan di Indonesia). TErus belajar buat materi besoknya sesekali belajar STAN dan SBMPTN. Hari sabtu dan minggu full belajar STAN dan SBMPTN.
  6. Dengan belajar STAN sobat, sebenarnya sobat dapat double manfaat. Maksudnya ketika sobat belajar STAN maka sobat juga dapatkan untuk belajar SBMPTN juga, karena yang diujikan itu lebih pada melatih kecepatan berfikir.
  7. Mengikuti Try Out STAN tiap tahunnya (Saran dari penulis sih, red). Dengan mengikuti Try Out STAN, maka sobat dapat mengukur seberapa hebatnya kemampuan sobat dalam mengerjakan soal-soal STAN. Ini juga bisa dijadikan sarana uji latih terhadap ujian STAN. Berapapun hasilnya kerjakan dengan percaya diri dan tanpa mengandalkan bantuan orang lain (alias jujur).
  8. Selain usaha dan tawakal kepada Allah ada lagi yang terpenting yaitu ridho dari orang tua terutama ridho dari Ibu. Jika sobat sudah memang memasang target untuk masuk STAN maka segera mohon do'a restu kepada orang tua sobat agar doa beliau juga mengalir selama 2 tahun itu.
Demikianlah sobat sekalian 8 Tips Cerdas dan Sukses Lolos STAN yang dapat kami sajikan, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat buat sobat, utamanya membuka pintu pikiran sobat bahwa jika kita sudah mahir dalam suatu hal maka akan mudah untuk mengerjakannya. Jika sobat sudah mahir dalam mengerjakan soal-soal STAN, InsyaAllah sobat tidak akan mendapatkan kesulitan yang berarti ketika menghadapi ujian STAN yang sesungguhnya. Semoga ridho Allah selalu menyertai niat dan sukses sobat sekalian.

Special Thanks to my best friend Putra Adi Sukmana (STAN Angkatan 2006/2007)
loading...


EmoticonEmoticon