Monday, 27 February 2017

Cara Jitu Membuat Surat Motivasi Untuk Melamar Beasiswa

Cara Jitu Membuat Surat Motivasi Melamar Beasiswa

Mardiyas.com - Seberapa pentingkah surat motivasi (motivation letter) itu untuk melamar beasiswa? Apa sulitnya membuat surat untuk mengungkapkan motivasi diri? Banyak pelamar gagal karena tak bisa memberikan gambaran tentang relevansi antara program studi yang diambil dan yang ingin dilakukannya setelah lulus kuliah dengan beasiswa. Bahkan, yang melakukan tindakan plagiat atau istilah "copy paste" dari surat motivasi milik orang lain juga ada.

Untuk Masa Depan Anda Saja "Copy Paste",
Bagaimana untuk Negara?

Pada dasarnya untuk membuat surat motivasi diri itu tidaklah sulit. Namun justru mengapa di negara kita ini banyak sekali lulusan Sarjana tidak mampu mengungkapkan diri dalam sebuah tulisan. Padahal pada surat motivasi itu dituliskan apa saja yang telah mempengaruhi perjalanan karier kita, proffesional interest kita, apa rencana berikutnya, baik pada saat menulis statemen of purpose tersebut, dan setelah menyelesaikan studi kita di perguruan tinggi yang akan kita tuju.

Terkait hal itu, Koordinator Beasiswa Nuffic Neso Indonesia, Indy Hardono mengatakan bahwa rendahnya budaya menulis para pelajar Indonesia cukup mempengaruhi hal tersebut. Anak-anak Indonesia tak terbiasa mengungkapkan pendapatnya dalam bentuk tulisan, termasuk untuk mengungkapkan motivasinya sendiridalam meraih beasiswa dan pilihan studi.

Dari motivation letter itu sangat mudah kelihatan si pelamar serius atau tidak studi ke Belanda, atau negara tujuan lainnya. Mau tidak mau kita harus mengakui banyak diantara pelajar tak terbiasa mendifinisikan motivasinya sendiri.


Agar mudah untuk membuat surat motivasi diri maka kami mencoba untuk merangkum Cara Jitu Membuat Surat Motivasi Melamar Beasiswa dan bisa dijadikan acuan. Sebelum kami jabarkan langkah-langkah untuk menulis surat motivasi maka hal perlu diperhatikan dan dimengerti adalah Isi Pokok Surat Motivasi.
  1. Tuliskan hal apa saja yang membuat dan membentuk Anda seperti saat ini, dan jelaskan siapa Anda sekarang ini.
  2. Tuliskan alasan Anda berkeinginan melanjutkan pendidikan ke tingkat studi berikutnya, yaitu master ataupun PhD.
  3. Apa yang memotivasi Anda melakukan hal-hal tersebut, dan mengapa Anda ingin studi atau belajar penuh kerja keras dan lainnya.
  4. Mengapa Anda memilih negara, khususnya Belanda, sebagai tujuan melanjutkan studi?
  5. Mengapa saya memilih program beasiswa tertentu di negara itu?
Pikirkan dan mulailah belajar untuk menuliskan apa yang ada pada diri kita sendiri! Sehingga kita akan mudah untuk menuangkan isi dari surat motivasi untuk beasiswa tersebut.

Berikut adalah Cara Jitu Membuat Surat Motivasi Melamar Beasiswa:
  1. Luangkan waktu untuk berpikir tentang diri Anda, tujuan Anda, dan keterampilan Anda.
  2. Renungkan latar belakang pendidikan yang telah Anda tempuh, termasuk jurusan yang telah Anda ambil, serta bagaimana latar belakang tersebut membuat Anda menjadi kandidiat yang sesuai atau pantas untuk program studi yang Anda lamar.
  3. Pikirkan dan tuliskan mengenai professional goals yang ingin Anda capai, dan jelaskan mengapa program studi yang Anda lamar itu akan mendukung rencana karier Anda tersebut.
  4. Sebutkan rencana karier Anda pada masa yang akan datang, dan jelaskan mengapa program studi yang Anda lamar itu akan mendukung rencana karier Anda tersebut.
  5. Jangan lupa, pda bagian rencana karier tersebut, jelaskan mengenai mengapa secara tepat Anda memilih perguruan tinggi atau universitas yang Anda tuju berikut program studi tertentu pilihan Anda.
  6. Buatlah pernyataan mengenai kontribusi apa yang dapat Anda berikan, juga bagi program studi yang akan Anda lamar tersebut.
Jangan lupa setelah menulis draf pertama, selalu sempatkan untuk membaca dan memperbaiki kembali penulisan surat motivasi kita tersebut.

Meningkatkan "Penampilan"

Marlindah J.S.A alumnus Belanda dari Universitas Utrech, dalam presentasinya 'Bagaimana Menulis Surat Motivasi yang Baik' di Holland Scholarship Day 2015 di Erasmus Huis Jakarta, mengatakan bahwa surat motivasi atau biasa disebut Statement of Purpose merupakan surat pernyataan pribadi yang mengungkapkan mengenai diri kita sebenarnya.

Surat motivasi harus bisa memberikan gambaran mengenai latar belakang dan "goals" yang dapat mempengaruhi lamaran agar dapat diterima di perguruan tinggi tujuan si pelamar. Tentu saja sebuah surat motivasi yang baik akan meningkatkan kesempatan si pelamar untuk dapat diterima di perguruan tinggi atau universitas yang akan dia tuju. Surat ini juga akan membantu si pelamar meningkatkan "penampilan" keseluruhan dari aplikasinya ke perguruan tinggi tersebut.

"Yang pasti, sangat membantu kita sebagai si pelamar untuk membuat apliksasi kita menjadi strong application, sebagai kandidat kuat. Andalah yang pantas mendapatkan beasiswa itu, bukan orang lain," terang Marlindah, seperti dikutip dari kompas edukasi.
loading...


EmoticonEmoticon