Thursday, 16 February 2017

Cara Memasang VHD Baru Pada Server Virtual Machine UNBK Tanpa Menghapus VHD Lama

Mardiyas.com - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini UNBK dilaksanakan oleh banyak sekolah SMP, SMA, dan SMK. Hal ini menyebabkan terjadinya sekolah peserta UNBK 2017 banyak yang menumpang kepada sekolah pelaksana UNBK. Sehingga jadwal antara SMA dan SMK pun dibuat tidak bersamaan.

Namun, dalam kenyataan prosesnya ditemukan kendala yaitu menggunakan Virtual Hard Disk (VHD) yang berbeda dalam satu server UNBK. Bagi para teknisi dan proktor UNBK 2017 yang merasa kebingungan dalam membuat satu server UNBK dengan VHD yang berbeda yaitu VHD untuk SMK dan VHD untuk SMK anda dapat menyimak caranya di bawah ini.


1. Jalankan Virtual Machine UNBK yang sudah digunakan sebelumnya (yang sudah ada Server UNBK). 
Perhatikan pada yang dilingkar merah. UNBK 2017 Simulasi 2.vhd adalah VHD yang lama untuk SMK. Dan kita akan merubah itu menjadi VHD baru yang digunakan untuk SMA.

2. Jalankan Exambrow Admin. untuk melakukan auto update Patching CBT versi yang baru. Setelah selesai proses Patching silahkan tutup jendela CBT Sync. Kemudian Stop Exambrow Admin.



3. Copy VHD yang lama (UNBK 2017 Simulasi 2.vhd) dan Rename dengan nama VHD yang baru untuk SMA (UNBK 2017 Simulasi 2 SMA.vhd). Khusus Simulasi 3 atau Gladi Bersih dan Saat UNBK Utama siapkan VHD Fresh Extract (VHD Baru dan Kosong).

4. Kembali ke Aplikasi Virtual Machine UNBK. Klik menu File - Manager Media Virtual (Ctrl+D). Disini kita melakukan proses Pelepasan (Release) VHD yang lama tanpa menghapusnya. Perhatikan langkah-langkahnya dan dibaca pesan-pesan yang muncul.

Setelah masuk pada Manajer Media Virtual silahkan klik tombol Lepas (Release). Kemudian klik Lepas.

Kemudian Klik tombol Hapus. Pada kotak dialog yang pertama pilih Hapus dan pada kotak dialog yang kedua pilih Pertahankan. Dibaca pelan-pelan ya perintahnya.


Kemudian tutup Manajer Media Virtual yang sudah kosong.

5. Setelah Manajer Media Virtual kosong kembali ke Virtual Machine UNBK. Pilih Setting - Penyimpanan - Tambahkan Pengendali Sata - Kemudian pilih VHD yang sudah di rename tadi (UNBK 2017 Simulasi 2 SMA.vhd) 



Maka VHD yang baru sudah terpasang. Klik OK dan SELESAI

6. Perhatikan pada Virtual Machine UNBK maka VHD sudah berubah (lihat gambar yang dilingkari merah).

7. Jalan Exambrow Admin - Input ID (ID SMA/MA/SMK). Klik Submit - dan Lakukan Sinkronisasi seperti langkah-langkah sebelumnya.


Itulah Cara Memasang VHD baru pada server Virtual Machine UNBK Tanpa Menghapus VHD yang lama. Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu para proktor dan teknisi yang sedang bertugas mengawal sukses UNBK 2017.

  
loading...


EmoticonEmoticon