Wednesday, 22 February 2017

Hasil Evaluasi Simulasi 2 UNBK 2017

Hasil Evaluasi Simulasi 2 UNBK 2017

Mardiyas.com - Simulasi tahap 2 Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK) 2017 sudah dilaksanakan yakni pada tanggal 13 dan 14 Februari 2017 untuk jenjang SMK, tanggal 20 dan 21 Februari 2017 untuk jenjang SMA. Simulasi 2 UNBK 2017 masih menyisakan satu jadwal lagi yaitu tingkat SMP yang akan digelar sesuai jadwal yaitu pada tanggal 27 dan 28 Februari 2017.

Kami mencoba merangkum Hasil evaluasi simulasi 2 UNBK 2017 untuk jenjang SMK dan SMA dari salah seorang narasumber yang bertugas sebagai Proktor dan Teknisi utama di salah satu SMA di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Berdasarkan apa yang sudah dilaksanakan pada dasarnya tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan simulasi 2 UNBK 2017. Secara keseluruhan simulasi 2 UNBK 2017 dapat berjalan dengan baik, tertib dan lancar. Mulai dari perangkat komputer, server, jaringan internet, dan koneksi dengan server pusat sampai pada tahap pengerjaan soal oleh peserta UNBK 2017 siswa kelas XII SMA/SMK.

Pada simulasi 2 UNBK 2017 kali ini pada tingkat SMA yang diujikan adalah Matapelajaran Pilihan Jurusan pada hari pertama dan matapelajaran Bahasa Inggris. Mengapa 2 mapel ini yang disimulasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (Puspendik). Jelas mapel pilihan jurusan adalah untuk mengetahui apakah sistem dapat berjalan dengan benar atau tidak terkait mapel pilihan jurusan yang diajukan siswa di awal untuk mengikuti UNBK. Hasilnya tidak ada masalah. Semua sesuai dengan mapel pilihan jurusan yang diajukan.

Sedangkan mapal ujian Bahasa Inggris disimulasikan guna mengecek apakah soal dapat berjalan dengan baik atau tidak pada saat pengerjaan soal Listening. Apakah media player untuk listening dapat berjalan dengan baik atau tidak saat peserta UNBK 2017 mengakses soal listening. Hasilnya, tidak ada masalah. Semua soal listening dapat berjalan dan dikerjakan dengan baik oleh peserta UNBK 2017.

Perihal yang mungkin perlu diperhatikan adalah saat proses Upload hasil ujian peserta. Ada yang mengatakan prosesnya lama, ada juga yang mengatakan prosesnya cepat. Ada yang hanya 2 menit sudah beres ada juga yang hampir 20 menit baru beres. Semua tergantung pada kecepatan koneksi internet dan sibuk tidaknya server pusat diakses oleh ribuan server lokal UNBK dari seluruh Indonesia. Jadi dimohon pengertian dan kesabarannya.


Hasil evaluasi simulasi 2 UNBK 2017 secara keseluruhan sekolah di Jawa Timur, hampir 90% tidak terjadi masalah. 10% yang mengalami masalah dikarenakan kesalahan teknis karena ketidaktahuan proktor dan teknisi UNBK 2017. Terutama bagi sekolah yang baru melaksanakan UNBK pada tahun ini.

Dalam penyelesaian masalah-masalah saat melakukan simulasi, Proktor dan teknisi Provinsi Jawa Timur bersatu tergabung dalam grup WhatsUP "UNBK NASIONAL JATIM". Dari grup itulah mereka para Protek UNBK Jawa Timur menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. Karena adanya kekompakan dan rasa saling tolong menolong yang tinggi, maka masalah-masalah dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Sekalian juga hal ini bisa dijadikan pembelajaran oleh seluruh proktor dan teknisi.

Kesimpulan dari Hasil Evaluasi simulasi 2 UNBK 2017 adalah Simulasi 2 UNBK 2017 berjalan dengan baik dan sukses mulai tahap persiapan perangkat komputer dan jaringan, sinkronisasi server lokal dengan server pusat, pengerjaan soal ujian oleh siswa, sampai pada proses Uploading hasil ujian peserta simulasi 2 UNBK 2017. Dari gambaran pelaksanaan simulasi 2 UNBK 2017 kita sudah dapat gambaran bagaimana nantinya UNBK Utama akan berjalan. Semoga kedepannya tidak ada kendala yang menyebabkan kegagalan dan menyusahkan peserta UNBK 2017.

"Mari Kita Kawal dan Sukseskan UNBK 2017"

loading...

1 komentar so far

kami punya solusi jika sekolah memang tidak memiliki infrastruktur, kebetulan perusahaan kami bergerak dalam bidang rental sewa laptop, baik untuk perusahaan dan sekolahan. hal hal teknis tentunya akan kami bantu, untuk informasi bisa kunjungi http://sewalaptop.id


EmoticonEmoticon