Monday, 6 February 2017

6 Ide Jitu Usaha Kerja Sampingan Dengan Modal Di Bawah 10 Juta

6 Ide Jitu Usaha Kerja Sampingan Dengan Modal Di Bawah 10 Juta

Mardiyas.com - Dalam era dan zaman modernisasi seperti ini, kebutuhan hidup semakin mahal. Jika kita tidak pandai-pandai mencari uang dan mengelolanya dengan baik, maka kesejahteraan hidup menjadi semakin jauh dan sulit. Memiliki kerja sampingan tidaklah salah bagi para karyawan atau pegawai, bahkan buat Anda yang masih belum memiliki pekerjaan sekalipun harus mampu memulai usaha.

Rasa takut gagal adalah salah satu hambatan untuk memulai sebuah usaha atau bisnis. Jika Anda memiliki perasaan takut gagal dalam sebuah usaha, maka solusinya adalah belajar dan melihat langsung contoh kesuksesan dari orang lain. Menggali segala informasinya, kemudian mempersiapkan segalanya guna diterapkan pada diri Anda. Anda juga bisa mempelajari cara-caranya dari buku-buku hebat tentang wirausaha.

Kadangkala semua persiapan sudah matang dan siap untuk dijalankan. Pinjaman modal di Bank untuk membuka usaha pun sudah dilakukan. Namun jika Anda tidak mengaturnya dengan baik, bukan untung yang didapatkan justru pusing dengan pembayaran cicilan pada Bank, akhirnya stress. Keberanian, ilmu, dan manajemen yang baik akan membawa kesuksesan pada usaha Anda.

Berikut kami sajikan ulasan tentang 7 Ide Usaha Kerja Sampingan Dengan Modal Kecil di bawah 10 juta.

1. Jasa Laundry
Pada era saat ini, masyarakat sudah menginginkan hal yang praktis. Hemat waktu, hemat tenaga mengapa tidak jika kita harus mengeluarkan hanya beberapa lembar ribuan saja. Nah peluang ini yang perlu ditangkap. Jika Anda tidak bisa menjalankan sendiri usaha ini maka, rekrut karyawan untuk menjalankannya. Dengan gaji 500 ribu - 1 juta perbulan saya rasa bisnis ini cukup menjanjikan.

Untuk memulai usaha jasa laundry modal yang dibutuhkan tidak sampai 10 juta. Bahkan dari beberapa artikel yang saya baca cukup 8 juta sudah bisa membuka usaha jasa laundry. Modal 8 juta itu sudah cukup untuk membeli sebuah mesin cuci, mesin pengering, dan alat pendukung lainnya seperti setrika, plastik, timbangan, dan pewangi.

2. Jasa Setrika Kiloan
Jangan meremehkan usaha yang satu ini. Banyak orang mengira usaha ini kurang diminati, karena sudah ada jasa laundry. Coba kita lihat fenomena di rumah kita. Berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk setrika tumpukan pakaian kita, bisa berjam-jam kita duduk untuk melakukan kegiatan rutin tersebut. Bagi para pegawai atau karyawan, sangat menyita waktu dan melelahkan untuk melakukan kegiatan setrika tersebut. Di sisi lain coba kita amati pada lingkungan sekitar. Sudah banyak rumah-rumah memiliki mesin cuci pribadi. Mereka tidak butuh laundry lagi namun mereka butuh bantuan untuk menyetrika pakaian mereka. Peluang inilah yang kita tangkap.

Memulai usaha jasa setrika ini tidaklah sulit, jangan Anda bayangkan wah menyetrika, bisa-bisa melelahkan. Sekarang sudah ada setrika uap yang memperingan urusan setrika menyetrika. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis jasa setrika ini tidak lebih dari 5 juta. Untuk membeli mesin setrika uap butuh modal 2,5 juta - 3 juta (berisi 2 setrika uap). Sisanya untuk membuat meja setrika dan lemari penyimpanan hasil setrika serta membeli timbangan. Dengan harga 2.500 - 3000 rupiah per kilo saya rasa tidak begitu memberatkan bagi pelanggan. Usaha ini bisa anda lakukan dirumah, jika sudah tidak mampu menangani sendiri anda bisa membayar orang 25-30 ribu perhari, atau menggunakan sistem prosentase di awal usaha.

3. Jual Es Kopyor
Nah ide yang satu ini saya dapatkan ketika saya bertemu dengan seorang teman yang berprofesi sebagai guru PNS. Kebetulan beliau suka melihat peluang-peluang bisnis. Membuat es kopyor tidaklah sulit, banyak sekali resep jitu dan enak dalam membuat es kopyor. Pasarnya adalah sekolah-sekolah. Anda bisa menitipkannya di kantin sekolah dengan sistem bagi hasil. Mengapa pasarnya sekolahan. Anak-anak sekolahan waktu istirahat kebanyakan yang mereka lakukan adalah berbelanja (njajan bahasa jawanya, red).

Dalam menjual es kopyor selain rasa yang enak, daya tarik lainnya adalah kemasan. Es kopyor kita kemas di gelas plastik dan di tutup press seperti es juz, sehingga menjadi minuman siap saji. Nah untuk membeli press es juz ini kita hanya butuh merogoh dana 800 ribu smpai 1 juta rupiah saja. Modal lainnya digunakan untuk membeli, bahan es kopyor, gelas plastik, tutup gelas press plastik, sedotan dan kotak penyimpan es. Bagaimana, modalnya tidak lebih dari 5 juta bukan. Cukup 3 juta saja Anda sudah memiliki usaha ini. Anda bisa menjualnya dengan harga 2.500 per gelas. Dengan harga murah, kemasan yang menarik dan sederhana InsyaAllah Es Kopyor akan laku keras di kalangan anak sekolahan. Bayangkan jika Anda meletakkan 20 Es Kopyor ke 10 Sekolah, keuntungan yang diperoleh perharinya 200 ribu bersih bisa Anda dapatkan perharinya. 

4. Jasa Les Privat atau Berkelompok Tingkat TK-SD
Banyak orang tua yang tidak sempat lagi mendampingi anak-anaknya belajar atau mengerjakan PR. Ada juga ungkapan yang orang tua percaya bahwa "anak itu lebih manut jika diajari oleh orang lain ketimbang orang tuanya sendiri". Itulah peluang yang dapat kita ambil yang bisa kita lakukan untuk membuka Jasa les privat. Biar tidak sulit, Anda bisa membuka les khusus untuk anak tingkat TK dan SD. Anda bisa membuka usaha les privat ini di rumah. Pasarnya adalah anak-anak pada lingkungan sekitar. Bahkan jika Anda sudah terkenal tidak menutup kemungkinan anak-anak dari luar lingkungan anda akan dileskan oleh orang tuanya.

Les privat atau kelompok tingkat TK dan SD saya rasa tidaklah sulit, materi-materinya juga ringan tidak terlalu berat. Anda bisa mempelajarinya dengan mudah. Informasi dari teman yang membuka les privat atau kelompok dirumahnya, dia memasang tarif jasa per anak 5ribu sekali datang. Jika yang mengikuti les kepada Anda sebanyak 10 anak. sudah 50 ribu perhari yang bisa Anda sisihkan. Mudah bukan?

5. Jasa Antar Jemput Sekolah
Jasa antar jemput sekolah sekarang ini juga sudah ngetren di kalangan perumahan. Alasan kesibukan dan arah yang tidak sama dengan sekolah anaknya, orang tua lebih memilih untuk menyewa jasa antar jemput untuk anak-anaknya. Jika Anda sudah memiliki sepeda motor dirumah hal ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Jika Anda memiliki sepeda motor yang tidak terpakai alias nganggur dirumah, ini juga bisa dimanfaatkan. Anda bisa bekerja sama dengan orang yang Anda kenal dan bisa dipercaya.  

Daripada sepeda motor nganggur kenapa tidak dijadika aset untuk bisa menghasilkan uang. Dengan bekerjasama dengan orang yang mungkin belum memiliki motor, selain anda memberikan pekerjaan anda juga mendapatkan uang dari jasa antar jemput sekolah ini. Mengenai tarif bisa dibicarakan secara kekeluargaan dengan pelanggan. Hal ini disebabkan tergantung pada jarak antar jemput yang dilakukan.

6. Jual Pulsa Elektrik
Di jaman dan era yang seraba canggih ini, peluang jual pulsa elektrik tidaklah buruk. Mengingat, kebutuhan alat komunikasi semakin meningkat, bahkan ini bisa menjadi kebutuhan sehari-hari. Listrik juga sudah menggunakan sistem pra bayar dan di istilahkan dengan token. Bisnis ini juga tidak membutuhkan alat yang mahal. Anda cukup memanfaatkan Hape pribadi Anda untuk melakukan tiap transaksi. Biaya admin yang dibebankan terhadap pelanggan biasanya 2000 rupiah. Jika ada minimal perhari 10 pelanggan yang menggunakan jasa jual pulsa elektrik, sudah 20000 bisa disisihkan.

Demikian ulasan mengenai 6 ide jitu usaha kerja sampingan dengan modal di bawah 10 juta yang dapat kami sampaikan. Semoga ke enam usaha tersebut salah satunya bisa memberikan inspirasai bagi anda untuk dapat menghasilkan uang lebih guna meningkatkan taraf kesejahteraan hidup. Biar tidak stress terus.
loading...


EmoticonEmoticon