Saturday, 4 March 2017

Alasan Penggunaan VHD Baru di Tiap Simulasi UNBK dan UNBK Utama

Alasan Penggunaan VHD Baru di Tiap Simulasi UNBK dan UNBK Utama

Mardiyas.com - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) memasuki jadwal simulasi 3 atau Gladi Bersih UNBK 2017. Jadwal pertama akan dilaksanakan oleh SMK/MAK yaitu tanggal 6 dan 7 Maret 2017 kemudian disusul oleh jadwal Gladi Bersih SMA/MA tanggal 13 dan 14 Maret 2017 dan diakhiri jadwal Gladi Bersih SMP/MTs tanggal 20 dan 21 Maret 2017. Jadwal Lengkap UNBK 2017 dapat dilihat di Jadwal Penting UNBK 2017.

Sistem persiapan pelaksanaan UNBK di Indonesia yaitu sebelum ujian UNBK dilaksanakan ada 3 tahap yang harus dilakukan yaitu Pengaturan Server dan Sesi, Penyiapan data di pusat dan Sinkronisasi. Nah pada saat sinkronisasi inilah ada beberapa hal perlu diperhatikan. Salah satunya adalah apakah Virtual Hard Drive (VHD) yang sebelumnya digunakan pada simulasi 2 dipertahankan atau diganti dengan VHD UNBK yang baru dan kosong? Informasi mengenai VHD dapat dilihat di artikel Sekilas Info Tentang UNBK.

Mengutip tulisan seorang Proktor UNBK yang mengatakan *Kenapa Kami Meminta menggunakan VHD Fresh Extract... (hanya untuk yang percaya saja, yang tidak percaya di skip saja)*. Alasan menggunakan VHD Fresh Extract :
  1. Jika Menggunakan VHD lama, dikhawatirkan VHD tersebut sudah di sync, berisi data sync dari ID server sebelumnya, hal ini berakibat ID server dengan data yang ada di dalam tidak match, berarti biar match minta unlock sync biar sync lagi. "Loh Pak kan kalo dihapus bisa." "Iya benar, bisa ke menu backup - hapus kemudian dihapus, tapi apa ya iya teman-teman yang baru-baru dan sangat tidak hobi membaca, langsung klik refresh status dan sync, dan langsung bingung."
  2. Jika Menggunakan VHD lama, dikhawatirkan VHD tersebut ID Server yang tersubmit bukan ID server yang nantinya akan keluar untuk simulasi 3, sehingga ketika disubmit dan masuk ke data pusat, kemudian ternyata keliru, submit ulang berakitab standby karena ID tidak cocok, naah jadi pada bingung lagi minta unlock. Dan beberapa alasan lain yang sebenarnya itu hanya kekhawatiran kami saja. Nah SARAN VHD FRESH EXTRACT itu tadi supaya kekhawatiran itu hilang, Proktor tidak menemui kendala, pelaksanaan lancar. Just Info.
Ada benarnya juga alasan dari khekawatiran dari 2 poin di atas. Daripada mengalami kendala saat pelaksanaan UNBK lebih baik mengikuti prosedur atau himbauan yang ada. Main aman itu lebih menjadi pilihan. Namun jika teman-teman proktor UNBK 2017 ingin mencobanya ya silahkan. Namanya juga ingin tahu dan belajar.

Untuk mengganti VHD yang lama dengan yang baru ada 2 cara yang bisa digunakan yaitu yang pertama dengan menghapus Server lama pada Virtual Machine (VM) kemudian membuat Server Baru dan pasang VHD Baru dan yang kedua bisa tetap menggunakan Server yang lama namun mengganti VHD lama dengan VHD Baru. Langkah untuk mengganti VHD lama dengan VHD yang baru dapat di lihat Cara Memasang VHD Baru Pada Server Virtual Machine UNBK Tanpa Menghapus VHD yang Lama.

Demikianlah ulasan mengenai persiapan Gladi Bersih UNBK 2017 terkait dengan Alasan Penggunaan VHD Baru di Tiap Simulasi UNBK dan UNBK Utama. Semoga dapat membantu para proktor UNBK 2017 dan bermanfaat. Mari kita kawal Sukses UNBK 2017.
loading...

4 komentar

yang ingin tahu, hasil simulasi nya om :). hehehe.

Berkat VHD Baru, Singkron Lancar jaya. Amien

Ingat pada tujuan utama Simulasi.
1. Mengecek kondisi infrastruktur di sekolah
2. Latihan proktor dan teknisi mengikuti prosedur UNBK
3. Latihan melaksanakan ujian UNBK
4. Mengecek system dan Prosedur
5. Latihan siswa dalam pelaksanaan ujian berbasis komputer (bukan latihan materi ujian).

So nilainya tunggu UNBK Utama ya.. Pasti keluar kok. hihihi

Wess mantap itu sudah bisa lancar sinkronisasi. Semoga UNBK selalu Lancar Jaya.


EmoticonEmoticon