Monday, 9 October 2017

Cara Cek dan Cetak Validasi Data Guru Untuk Penerbitan SKTP 2017 Lewat SIM PKB


Mardiyas.com - Surat Keterangan Tunjangan Profesi (SKTP) merupakan syarat agar Tunjangan Profesi Guru (TPG). SKTP akan terbit apabila nama guru yang bersangkutan dinyatakan valid pada data Guru Tenaga Kependidikan (GTK) melalui Data Pokok Pendidik (dapodik). Pengisian dapodik dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan. Sekolah biasanya menunjuk satu orang operator dapodik. Jika nanti pada proses pengecekan validasi data guru terjadi masalah atau masih belum valid, yang bersangkutan diharapkan segera melapor pada petugas dapodik sekolah.

Info validasi guru ini fungsinya hanya untuk membantu guru menampilkan data dari sekolah, jika ada kesalahan data, proses perbaikannya melalui aplikasi dapdik sekolah masing-masing. Layanan ini berisi daftar guru yang belum terbit SKTP karena dapodiknya bermasalah. Jika masih bermasalah dengan dapodik sekolah maka SKTP tidak akan terbit sehingga menyebabkan Tunjangan Profesi periode Semester 2 bulan Januari s.d Juni tidak cair.


Update (9 Oktober 2017) : Cara Cek dan Cetak Validasi Data Guru Untuk Penerbitan SKTP 2017 Melalui Akun SIM PKB.

Adanya Sistem Informasi Program Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) 2017 sepertinya akan memudahkan bagi para Guru untuk melakukan cek kendali data diri. Salah satu contohnya saat ini urusan sertifikasi guru pun dimunculkan dalam dasbor akun SIM PKB masing-masing guru. Ya SKTP sekarang dapat dilihat melalui dasbor akun masing-masing guru. Hal ini bagi kami adalah cara yang paling mudah untuk melihat SKTP.

Dalam kesempatan kali ini kami ingin sharing cara melihat penerbitan SKTP melalui akun SIM PKB. Hal ini jelas bertujuan agar Guru dapat melakan cek dan recek data yang berkaitan dengan penerbitan SKTP untuk pencairan sertifikasi guru. Silahkan simak langkah sederhananya di bawah ini.

1. Silahkan Login ke Akun SIM PKB di https://app.simpkb.id (Saran kami gunakan Google Chrome).


2. Setelah Anda berhasil Login maka pada dasbor Akun SIM PKB Anda akan tampak beberapa menu pilihan. Silahkan klik menu Layanan Info GTK (Berwarma Ungu Tua).


3. Silahkan cek data SKTP Anda dengan teliti. Jika ada yang tidak sesuai segera melapor kepada Operator sekolah.


4. Untuk proses cetak SKTP silahkan tekan tombol Ctrl + P pada keyboard karena gambar printer berwarna oranye di bagian kanan atas tidak berfungsi dengan baik untuk menampilkan cetak data SKTP. Namun jika pada proses print data tidak muncul kemungkinan ada internal error pada saat meminta data ke server pusat.
5. Selesai.


Dan keterangan cara cek dan cetak validasi SKTP di bawah ini merupakan cara LAMA yang digunakan untuk melakukan pengecekan SKTP 2017 diawal program SKTP diterbitkan.

1. Silahkan kunjungi salah satu alamat web dapodik dibawah ini:
Maka Anda akan masuk pada halaman utama Proses Data Info Validasi. 

Untuk melakukan Cek apakah data Anda sudah valid apa belum, maka silahkan Anda pilih data Provinsi, Kabupaten/Kota dan Jenjang satuan pendidikan tempat Anda mengajar. Kemudian ketikkan nama pada kolom Nama. Tunggu sampai proses Loading selesai, jika data Anda sudah valid maka hasil pencarian akan tidak ditemukan (tidak muncul nama anda). Dengan catatan nama yang dimasukkan sudah benar.

Untuk melihat dan melakukan cek dan recek seluruh data dapodik anda silahkan login pada menu Login Validasi Data Guru. Silahkan masukkan NUPTK dan tanggal lahir Anda mulai dari tahun bulan dan hari, kemudian masukkan kode Captha yang tampil. Klik Login. Maka Anda akan mendapatkan seluruh rincian data dapodik Anda.

Jika sudah muncul data dapodik seperti di bawah ini silahkan anda periksa data anda satu persatu. Jika ada perbedaan atau kesalahan data silahkan klik Cetak PDF/Printer, kemudian revisi dan serahkan kepada petugas dapodik sekolah.



Ada kalanya web Cek dan Cetak Validasi Data Guru Untuk Penerbitan SKTP ini dalam masa perbaikan (Maintenance-maklum yang mengakses puluhan ribu guru se-tanah air), maka Anda bisa mencobanya keesokan harinya. Semoga tulisan mengenai Cara Cek dan Cetak Validasi Data Guru Untuk Penerbitan SKTP 2017 ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda sekalian.

loading...

2 komentar

link yang tercantum di atas tidak bisa dibuka semua.

Iya mbak, itu dikarenakan oleh server pusat sudah ditutup karena proses pencetakan SKTP dan pencairan sertifikasi sudah selesai. akan dibuka kembali saat pencetakan SKTP yang baru.


EmoticonEmoticon