Saturday, 11 March 2017

CAT BKN Kembali Dipercaya Jaring Putra Putri Terbaik Untuk Ikut Sekolah Kedinasan

CAT BKN Kembali Dipercaya Jaring Putra Putri Terbaik Untuk Ikut Sekolah Kedinasan

Mardiyas.com - Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas atau Sekolah Kedinasan sudah dibuka mulai tanggal 9 Maret 2016 kemarin. Ada delapan sekolah ikatan dinas yang dibuka oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Delapan sekolah kedinasan tersebut adalah STIS, STAN, STIN, IPDN, STMKG, STTD, STSN serta POLTEKIM dan POLTEKIP. Pendaftaran dapat dilakukan langsung di websaite resmi Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) panselnas.go.id. Sedangkan proses seleksi akademik dilakukan melalui Computer Assisted Test (CAT) milik BKN.

Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali dipercaya untuk menjadi metode yang digunakan pada Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) penerimaan calon siswa-siswi/taruna-taruni Kementrian dan Lembaga yang mempunyai lembaga kedinasan tahun 2017. Hal itu tertuang dalam pengumuman Panselnas Nomor 125/S.SM.01.00/2017 Tentang Penerimaan Calon Siswa-Siswi/Taruna-Taruni Kementrian dan Lembaga yang mempunyai Lembaga Kedinasan Tahun 2017. Dalam pengumuman tersebut juga disebutkan bahwa SKD merupakan salah satu tahapan seleksi sementara, tahapan seleksi selanjutnya diatur oleh masing-masing Kementrian atau Lembaga.

Dengan kembali digunakannya CAT BKN dalam SKD, BKN siap bekerja maksimal membantu Pemerintah untuk menjaring putra-putri terbaik bangsa agar menjadi siswa/siswi di sekolah kedinasan. Selanjutnya siswa/siswi sekolah kedinasan tersebut berpeluang untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Dalam rekrutmen siswa/siswi sekolah kedinasan ini, terdapat sedikit skema perubahan pada mekanisme penggunaan CAT BKN sebagi metode seleksi tahun ini. Perubahan yang dimaksud adalah peserta yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi dengan CAT BKN akan dikenakan biaya Rp. 50.000,-.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada BKN, setiap seleksi dengan CAT BKN dikenakan biaya Rp. 50.000,- per orang. Namun, teknis pembayaran selanjutnya diatur dengan Surat Edaran Kepala BKN.

Sumber: www.bkn.go.id, siaran pers tanggal 02 Maret 2017, Kepala Biro Hubungan Masyarakat : Mohammad Ridwan.




Sebagai penyelenggara Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ujian masuk sekolah kedinasan 2017 dengan menggunakan ComputerAssisted Test (CAT), BKN memberi kemudahan bagi calon peserta untuk mengenal secara menyeluruh tentang sistem seleksi berbasis CAT BKN dengan cara mengikuti simulasi berbasis web melalui www.cat.bkn.go.id.

Calon peserta cukup log in melalui link di atas, lakukan pendaftaran di http://cat.bkn.go.id/next/simulasi/daftar/ dan peserta dapat langsung mulai simulasi CAT BKN. Dengan mengikuti simulasi, peserta akan familiar dengan tata cara ujian melalui CAT BKN dan sekaligus bisa menjadi instrumen calon peserta untuk mengukur tingkat kompetensi dasarnya dengan hasil yang real time.

Seleksi berbasis CAT BKN merupakan salah satu terobosan BKN sebagai instansi pembina manajemen kepegawaian, untuk mengikis sistem rekrutmen yang sebelumnya diduga sarat dengan tindak kecurangan. Untuk itu CAT BKN dijadikan sebagai alaat penyaring peserta seleksi yang berorientasi pada hasil yang cepat, transparan, dan akuntabel.

Sebelum mengikuti simulasi CAT BKN berbasis web, calon peserta dapat melihat video Petunjuk Penggunaan Aplikasi CAT BKN pada official youtube Channel BKN di BKNgoid.

Pendaftaran online seleksi sekolah kedinasan sudah dapat dilakukan sejak hari ini, 9-31 maret 2017 melalui www.panselnas.id.


loading...


EmoticonEmoticon