Saturday, 18 March 2017

Download Lengkap Panduan Penyelenggaraan BK Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK Final


Mardiyas.com - Penyelenggaraan Bimbingan Konseling (BK) di sekolah tingkat Dasar dan Menengah memang sangat dibutuhkan. Peserta didik sebagai subyek pendidikan memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang namun juga memiliki keterbatasan-keterbatasan sehingga memerlukan bantuan berupa layanan bimbingan. Mereka datang dari kondisi lingkungan keluarga yang beragam yaitu kondisi yang utuh, harmonis, broken home, berlatar lingkungan masyarakat yang damai, edukatif, konflik, dan heterogen.

Teknologi yang berkembang pesat diyakini bermanfaat dalam memfasilitasi perkembangan perserta didik, namun bila keliru pemanfaatannya dapat menyebabkan terjadinya kekeliruan pikiran, perasaan dan perilaku peserta didik.

Pada satuan pendidikan, peserta didik dihadapkan kepada program pembelajaran, tata tertib sekolah, karakteristik personal dan lingkungan satuan pendidikan. Peserta didik diwajibkan menempuh matapelajaran sebagaimana yang ditetapkan dalam kurikulum, dan dalam implementasinya Kurikulum 2013, peserta didik diberi kesempatan untuk mengembangkan keunikan potensi masing-masing melalui program peminatan dan difasilitasi oleh layanan bimbingan dan konseling (BK).

BK merupakan bagian integral dalam pendidikan, dan mempunyai peran penting dalam membantu pencapaian tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam UU NO.20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional:

  1. Membantu satuan pendidikan dalam upaya mewujudkan suasana yang kondusif untuk penyelenggaraan pendidikan
  2. Membantu peserta didik dalam mencapai perkembangan secara utuh dan optimal, pengendalian diri dan kemandirian dalam kehidupannya.
Dalam implementasi pelaksanaanya, penyelenggaraan bimbingan dan konseling atau BK dapat mengacu pada Panduan Bimbingan Konseling (BK) yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK). Panduan BK lengkap dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK dapat di download melalui tautan berikut ini:



loading...


EmoticonEmoticon