Thursday, 16 March 2017

Alhamdulillah, Materi Soal UN dan UNBK 2017 Lebih Gampang


Mardiyas.com - Meskipun Ujian Nasional (UN) sudah tidak lagi menjadi penentu kelulusan, namun UN masih menjadi momok yang menakutkan bagi siswa-siswi kelas 3 dimasing jenjang sekolah. Alasan yang paling bisa diterima adalah mereka malu apabila di ijazah mereka nanti terdapat nilai yang kurang bagus. Peserta UN masih menganggap bahwa soal-sola UN itu sulit, utamanya siswa-siswi perserta UN 2017 tingkat SMA/MA dan SMK.

Namun para peserta Ujian Nasional (UN) 2017 tingkat SMA/MA dan SMK diminta tidak takut dan galau. Selain nilai UN bukan lagi penentu kelulusan, materinya pun ternyata dibuat lebih mudah.

"Asalkan", kata Kabalitbang Kemendikbud Totok Suprayitno, siswa mempelajari materi yang sudah diajarkan guru.

"Peserta UN baik berbasis komputer maupun kertas pensil, percaya diri saja. Selama belajar baik, pasti bisa menjawab karena soalnya standar, tidak terlalu sulit," kata Totok di kantornya, Selasa (14/3) seperti yang dikutip jpnn.com.

Dia pun mengimbau siswa tidak melakuakn kecurangan, Materi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hampir setara Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) dan rata-rata sudah dipelajari siswa. "Bagi yang UNBK, nggak usah grogi. Kalau sering latihan dan terbiasa menggunakan komputer, pasti sangat mudah,," ucapnya.

Untuk meningkatkan kualitas lulusan SMA/MA dan SMK, setiap tahun pemerintah membuat materi UN yang bervariasi. Namun, pemerintah selalu memberikan kisi-kisi agar siswa lebih mudah untuk belajar. Upaya demi upaya terus diusahakan oleh Kemendikbud agar pendidikan Indonesia menjadi lebih maju.

Namun, meskipun UN dan UNBK 2017 lebih mudah diharapkan siswa tetap untuk giat belajar agar mendapatkan nilai UN yang bagus. Nilai UN juga diperhitungkan dan digunakan pada penerimaan siswa-siswi/taruna-taruni sekolah kedinasan. Bagi siswa yang mengikuti test sekolah kedinasan, maka wajib hukumnya untuk memiliki nilai UN yang bagus.


loading...


EmoticonEmoticon