Friday, 7 April 2017

Alhamdulillah SKTP Terbit, Guru Siap Siap TPP Cair

Mardiyas.com - Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) tahun 2017 belum dicairkan. Tertundanya pencairan sertifikasi guru ini terkait dengan adanya penerbitan nomor Surat Keterangan Tunjangan Profesi (SKTP). Sebenarnya masa pencairan TPP tahun 2017 tertanggal dari 1 Januari s.d 30 Juni 2017. Semua tergantung pada data yang ada pada Data Pokok Pendidik (Dapodik) yang di entri oleh petugas dapodik sekolah.


Alhamdulillah SKTP terbit dan guru siap-siap TPP cair - Yang dinanti-nanti oleh insan pendidikan utamanya guru kini sudah mulai menunjukkan titik terang. Nomor SKTP yang menjadi salah satu syarat pencairan dana TPP sudah terbit. Untuk melakukan pengecekan Nomor SKTP sudah terbit atau belum silahkan login pada laman yang disediakan oleh info GTK kementrian pendidikan dan kebudayaan. Langkah-langkah login dapat Anda lihat pada artikel Cara Cek dan Cetak Validasi Data Guru Untuk Penerbitan SKTP 2017. Atau langsung masuk pada laman http://223.27.144.195.20171. Jika laman tidak dapat diakses silahkan klik Reload atau Refresh atau tekan tombol F5 pada laman tersebut.

Setelah Anda selesai login silahkan lihat pada bagian Tunjangan Profesi. Maka akan ditemukan Nomor SK. Selengkapnya pada bagian Tunjangan Profesi akan menampilkan informasi secara berurut sebagai berikut :
  1. Nomor Urut SK
  2. Tanggal Penerbitan SK
  3. Nomor SK
  4. Tanggal Berlaku Mulai
  5. TAnggal Akhir Berlaku
  6. Format Bayar
  7. Nama Penerima SK
  8. NIP
  9. NUPTK
  10. Nomor Registrasi Guru
  11. Nomor Peserta Sertifikasi
  12. Nama Kabupaten/Kota
  13. Nama Provinsi
  14. Data Bank
    14.a. Nama Bank
    14.b. Cabang Bank
    14.c. Nomor Rekening Bank
    14.d. Nama Pada Rekening Bank
Silahkan Anda cek dan sesuaikan isi data di atas dengan kebenaran data yang Anda, jika terjadi perbedaan segera di print dan lapor kepada petugas dapodik sekolah masing-masing. Daripada yang dinanti selama ini sudah tinggal finish namun terjatuh gara-gara data tidak lengkap. Utamanya data Kabupaten Provinsi dan Data Bank.
Contoh Data Tunjangan Profesi - Nomor SKTP

Informasi data yang ada semua berasal dari data yang dikirim sekolah melalui dapodik. Jika ada kesalahan data proses perbaikannya dilakukan di sekolah masing-masing dan menjadi tanggung jawab pemilik data!
.

Adapun kelengkapan berkas yang harus dibawa ke bank sebagai persyaratan pencairan dana TPP di Bank. Selain mengisi formulir, guru juga diminta untuk membawa dokumen persyaratan Jika rekening sudah aktif dan guru sudah memegang buku rekening dimaksud, abaikan persyaratan tersebut). Persyaratan yang harus dibawa guru ke Bank adalah sebagi berikut:

UMUM:
  1. Foto Copy KTP
  2. Foto Copy Kartu NUPTK/NRG (jika ada)
  3. Surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan  merupakan guru di sekolah tersebut dan dicantumkan NUPTK, Nomor Peserta dan alamat sesuai KTP.

SYARAT KHUSUS:
  1. Apabila terjadi perbedaan NUPTK, guru yang bersangkutan harus membawa fotocopy Sertifikat Pendidik atau SK Tunjangan Profesi pada tahun Anggaran 2013.
  2. Apabila terjadi perbedaan nama antara KTP dengan SK dan nama di rekening, guru yang bersangkutan harus membawa surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menerangkan perbedaan tersebut.

SYARAT MUTASI:
Dokumen pada persyaratan umum ditambah dengan:
  1. Copy Surat  Keputusan mutasi bagi PNS
  2. Surat keterangan mutasi dari Yayasan/Komite/Kepala Sekolah bagi guru bukan PNS.


Demikianlah informasi mengenai terbitnya SKTP untuk pencairan Tunjangan Profesi Guru. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat dan barokah bagi pembaca sekalian.


Sumber: Data Guru info GTK - LILIK KAMILAH

loading...

3 komentar

saya sudah dapat juga seperti di atas, alan tetapi rekening bank belakang masih ada xxxx, dan setalah saya ajukan ke bank, malah pihak Bank gatau apa-apa. Kata pihak Bank, nomer rekeningnya belum lengkap.


EmoticonEmoticon