Monday, 10 April 2017

Guru Pembocor Soal USBN dan UN DIPECAT

Mardiyas.com - Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) telah dilaksanakan sebulan yang lalu. Dan hari ini adalah hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dilaksanakan. Mengingat tradisi dan kebiasaan bocornya soal Ujian Nasional (UN) tiap tahunnya, dan mencuatnya isu kebocoran soal USBN. Maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengambil langkah tegas terhadap guru yang membocorkan soal USBN dan soal UN.


Guru berstatus PNS akan dipecat. Sedangkan untuk guru swasta, Kemendikbud akan meminta yayasan memberikan sanksi berat. Guru itu tidak diizinkan mengajar. Selain itu, tunjangan profesi guru (TPG) dicabut.

"USBN jadi ujian bagi guru-guru, apakah mau menuju peradaban atau tidak. Kalau ada guru yang mengajari siswanya curang, akan diberikan sanksi seberat-beratnya," ujar Pak Menteri Muhadjir, Rabu (5/4) dikutip dari jpnn.com.

"BAGAIMANA HILIRNYA MAU BERSIH,
BILA HULUNYA SUDAH KOTOR"

Dengan membantu siswa mengerjakan soal UN maupun USBN, tanpa sadar guru-guru ini telah  memahat anak menjadi seorang yang curang.

"Guru PNS maupun Swasta yang membantu siswa dan membocorkan soal, saya pastikan akan mendapatkan sanksi setimpal. Kalau dia PNS langsung dipecat. Bila Swasta, dicabut TPG-nya dan tidak dibolehkan mengajar lagi," tegas Muhadjir.

Saat ini, tim dari Inspektorat turun ke lapangan mencari data tersebut. Karena kewengan pendidikan sudah berada di daerah, tim Inspektorat akan bekerja sama dengan pihak provinsi maupun kabupaten/kota.

"Laporan yang kami terima mengenai kecurangan UN dan USBN langsung ditindaklanjuti. Jadi guru-guru jangan main-main karena guru itu adalah hulu peradaban. Bagaimana hilirnya mau bersih, jika hulunya sudah kotor," tandas Pak Mendikbud.

Semoga langkah tegas dari menteri Muhadjir mengenai pembocor soal USBN dan UN dapat dijadikan pemikiran dan periksa oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab. Itu semua demi terciptanya generasi bangsa yang berkarakter dan berakhlak mulia.
loading...


EmoticonEmoticon