Wednesday, 5 April 2017

Inilah Efek Dramatis Pelaksanaan UNBK

Mardiyas.comUjian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah berjalan selama 3 tahun ini. Tahun ketiga ini sekolah peserta UNBK semakin banyak. Utamanya hampir seluruh SMK mengikuti UNBK. Meski banyak sekolah yang belum memiliki perangkat komputer untuk menunjang UNBK mereka tetap bisa mengikuti UNBK dengan menumpang di sekolah lain sebagai pelaksana UNBK.


Berbedanya jadwal UNBK antara SMA dan SMK tahun ini disebabkan karena adanya sekolah peserta UNBK yang menumpang pada sekolah pelaksana UNBK. SMA menumpang pada SMK, dan SMK menumpang pada SMA. Dengan adanya sistem saling silang dan perbedaan jadwal antara SMA dan SMK maka diharapkan tahun depan seluruh sekolah baik SMA, SMK maupun SMP dapat melaksanakan UNBK. Sehingga tidak ada perbedaan Ujian Nasional (UN) lagi di Indonesia. Karena kita ketahui bahwa UN pada tahun ini masih ada dua versi, UNBK dan UNKP (Ujian Nasional Kertas dan Pensil).

Inilah Efek Dramatis Pelaksanaan UNBK - Hari ini (5/4) adalah hari ketiga pelaksanaan UNBK 2017. Tanpa kita sadari, ternyata pelaksanaan UNBK SMK di Jawa Timur telah mengurangi penebangan ribuan pohon untuk kebutuhan industri kertas, dan telah menyelamatkan 40 hektar hutan.

Dalam setiap ton pulp bahan pembuat kertas dibutuhkan 4,6 meter kubik kayu atau 1 ton pulp akan dihasilkan 15.000 lembar kertas HVS 80 grams, atau setara dengan 30 rim. Jika setiap soal dicetak di kertas tersebut, maka setiap peserta ujian untuk 4 mata ujian UNKP memerlukan 40 lembar kertas. Itu baru soal UN belum lagi LJUN (Lembar Jawab Ujian Nasional).

Tahun ini perkiraan peserta UNBK SMK di Jawa Timur saja berjumlah 200.112 siswa. Seandainya soal UN tersebut dicetak di kertas HVS 80 grams, maka diperlukan 8.004.480 lembar kertas HVS atau sebanyak 16.009 rim. Ini setara dengan 2.454 meter kubik kayu.

Jika saat ini hutan alam kita menghasilkan 60 meter kubik kayu setiap hektar, maka dengan UNBK SMK di Jawa Timur telah terselamatkan sekitar 40 hektar hutan dari penebangan untuk kebutuhan kertas guna mencetak soal UNKP. Gambaran perhitungan di atas baru SMK di Jawa Timur belum SMA dan SMP di Jawa Timur. Bagaimana jika secara nasional? UNBK benar-benar telah menyelamatkan alam Indonesia.

Mari Kita Kawal Sukses UNBK
Jayalah Pendidikan Indonesia

loading...


EmoticonEmoticon