Wednesday, 5 April 2017

Sekolah Ikatan Dinas 284.697 Siswa Berebut Kursi CPNS, 166.315 Milik STAN

Mardiyas.com - Sekolah Ikatan Dinas memiliki daya tarik tersendiri dalam menjaring siswa-siswi atau taruna-taruni anak bangsa. Per 31 Maret 2017 terdata sebanyak 284.697 siswa akan berebut kursi sekolah ikatan dinas. Dipastikan, persaingan akan semakin ketat karean jumlah siswa yang diterima hanya 10.389.
Menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman, jumlah peminat sekolah ikatan dinas tahun ini meningkat dari tahun lalu. Kenaikannya mencapai 0,22 persen.

"Antusiasme masyarakat yang tinggi ini menunjukkan minat untuk menjadi seorang ASN masih tinggi di kalangan masyarakat. Sebab, lulusan sekolah iktan dinas nantinya akan menjadi seorang ASN," kata Herman (3/4) dikutip dari JPNN.com.

Herman menambahkan, jumlah pelamar yang mencapai hampir 300 ribu itu menunjukkan minat tinggi generasi muda untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

166.315 siswa pendaftar Sekolah Tinggi Akutansi Negara (PKN-STAN) adalah yang tertinggi dari keseluruhan pendaftar sekolah ikatan dinas. Padahal kuota yang tersedia hanya sebanyak 6.961 kursi.

Di posisi terbanyak kedua adalah Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) dengan jumlah pelamar 48.657 pendaftar.

Kemudian berikutnya Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) dengan pendaftar sebanyak 24.226 siswa.

Jumlah pendaftar pada Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) sebanyak 13.707 pendaftar.

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatogi dan Geofisika (STMKG) sebanyak 11.154 pendaftar.

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dengan pendaftar sebanyak 8.441 siswa.

Sedangkan jumlah pelamar Sekola Tinggi Sandi Negara (STSN) sebanyak 2.280 siswa.

Setelah pendaftaran, para peserta harus menjalani beberapa tes sebelum diterima di sekolah kedinasan tersebut diatur oleh masing-masing lembaga atau instansi. Untuk selanjutnya, pendaftar diwajibkan menjalani Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang difasilitasi oleh CAT Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN).

Nah, bagi kalian sudah tahu kan gambaran berapa jumlah pesaing untuk memperebutkan kursi bangku kuliah sekolah kedinasan 2017 yang sudah mengantongi status CPNS bagi lulusannya. Semangat belajar dan berdoa semoga mendapatkan kesuksesan yang terbaik.
loading...


EmoticonEmoticon