Thursday, 27 April 2017

Tata Cara dan Langkah-langkah Pendaftaran Online SBMPTN 2017 Lengkap

Mardiyas.com - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 telah dibuka. Pendaftaran secara resmi dapat dilakukan melalui situs resmi panitia SBMPTN 2017 di www.pendaftaran.sbmptn.ac.id. Bagi teman-teman yang mau mengikuti SBMPTN 2017 sebelum mendaftar lebih baik untuk menyimak atau membaca terlebih dahulu Panduan Cara Pendaftaran SBMPTN 2017.

Setelah memahami dan mengerti mengenai informasi panduan SBMPTN 2017, baru kalian lakukan pendaftaran. Tujuan membaca panduan SBMPTN agar tidak terjadi kesalahan saat pendaftaran. Karena jika terjadi kesalahan pada pengisian borang pendaftaran SBMPTN data tidak bisa dirubah, sehingga kalian harus mendaftar kembali dan membayar pendaftaran yang baru.

Pendaftaran SBMPTN 2017 terbagi menjadi 2 kategori, yaitu pendaftaran reguler dan pendaftaran bidikmisi. Nantinya pada kategori pendaftaran tersebut terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan pada saat pendaftaran SBMPTN 2017. Simak keterangan dibawah ini:

Pendaftaran SBMPTN Calon Peserta Reguler (Bukan Pelamar Bidikmisi)
Klik untuk melihat video tutorioal pendaftaran SBMPTN 2017
  1. Pendaftaran KAP dan PIN
  2. Login
  3. Upload Foto
  4. Pengisian Biodata
  5. Data Pendidikan
  6. Pilihan PTN dan Prodi
  7. Konfirmasi dan Pencetakan Kartu


Pendaftaran Calon Peserta Pelamar Bidikmisi
Klik untuk melihat video tutorial pendaftaran SBMPTN 2017


Nah, agar tidak terjadi kesalahan pada saat pendaftaran SBMPTN 2017, silahkan kalian baca dan simak Langkah-langkah Pendaftaran SBMPTN 2017 Lengkap Berikut ini:


Pendaftaran SBMPTN Caloan Peserta Reguler (Bukan Pelamar Bidikmisi)

1. Pendaftaran KAP dan PIN.
Disarankan agar menggunakan browser Mozilla FireFox untuk melakukan pendaftaran. Silahkan Login ke web pendaftaran SBMPTN 2017 di alamat www.pendfataran.sbmptn.ac.id. Silahkan pilih menu seperti pada keterangan gambar di bawah ini.


Kemudian isikan data diri seperti tampak pada gambar isian borang di bawah ini.
Berhati-hatilah dalam mengisi data Nama Lengkap dan Tanggal Lahir, karena data tersebut harus sesuai dengan nama dan tanggal lahir yang tertera pada ijazah. Karena ijazah SMA belum keluar bisa menggunakan Ijazah SMP sebagai acuan. Setelah seluruh kolom terisi silahkan klik tombol Daftar. Maka kalian akan mendapatkan informasi mengenai KAP dan PIN yang akan digunakan untuk Login tampak seperti gambar berikut ini:

Silahkan klik kanan pada gambar Slip Pembayaran Biaya Seleksi untuk menyimpan gambar. Silahkan pilih tombol Cetak untuk mencetak kartu pembayaran SBMPTN yang nantinya akan dibawa ke bank mitra SBMPTN seperti yang tertera di kartu pembayaran biaya seleksi. Batas waktu pembayaran adalah 3 x 24 jam. Jadi jangan sampai terlambat ya... 

Jika belum melakukan pembayaran pada bank yang dimaksud maka ketika melakukan Login akan muncul keterangan seperti gambara berikut:

2. Login
Setelah melakukan pembayaran langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah Login untuk untuk melakukan Upload Photo. Silahkan aksses web pendfataran.sbmptn.ac.id kemudian isikan KAP dan PIN yang ada pada Slip Pembayaran Biaya Seleksi, tampak seperti gambar berikut:




3. Upload Photo
Setelah login silahkan lakukan Upload Pasfoto. Agar tidak tidak terjadi kesalahan silahkan cek terlebih dahulu Photo yang bagaimana yang diijinkan oleh panitia SBMPTN 2017 untuk diupload dalam pendaftaran. Silahkan cek disini.

Jika sudah paham dengan kriteria photo yang harus di upload maka silahkan klik tombol Browse pada laman Upload Pasfoto seperti tampak pada gambar berikut ini:






Ikuti ketiga langkah seperti pada gambar di atas sampai pada proses klik tombol Upload. Setelah selesai mengupload photo maka selanjutnya akan diminta untuk mengatur tata letak photo sesuai dengan contoh yang ada. Pengaturan dapat dilakukan dengan menekan fasilitas tombol-tombol pengaturan photo. Mulai dari geser ke atas, ke bawah, ke kanan, ke kiri, perbesar dan perkecil. Perhatikan gambar berikut ini:


Setelah photo selesai di atur maka langkah selanjutnya adalah klik tombol Simpan.


Kemudian tekon tombol OK untuk melakukan konfirmasi penyimpanan.


Untuk perubahan photo nantinya dapat dilakukan pada laman Pengisian Biodata melalui fasilitas tombol Ganti Pasfoto.


4. Pengisian Biodata
Pada borang pengisian data berikut ini mohon data di inputkan dengan benar sesuai dengan data yang ada. Jangan sampai ada kesalahan karena ini menyangkut data pribadi dalam proses pendaftaran SBMPTN 2017. Silahkan isi data pada borang seperti contoh pada gambar berikut ini.


Isilah semua data pada borang tersebut di atas dan jangan sampai salah mengisi data, karena setelah melangkah pada proses pencetakan kartu pesrta SBMPTN data tidak dapat dirubah kembali. Jadi telitilah dalam mengisi borang biodata pendaftaran SBMPTN 2017. Jika sudah yakin maka silahkan klik tombol Simpan pada bagian kanan bawah borang.


5. Data Pendidikan
Pada borang pengisian data pendidikan ini diminta untuk mengisikan data lengkap tempat asal Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMTA). Jika sudah selesai silahkan klik tombol Simpan untuk melanjutkan pada borang berikutnya.



6. Pilihan PTN dan Prodi
Inilah saat yang menentukan masa depan pendidikan selanjutnya. Jika belum siap dan masih ragu-ragu dalam menentukan PTN dan Jurusan, Silahkan tutup browser Anda dan Silahkan berfikir dengan baik akan PTN dan Jurusan yang akan ditempuh selanjutnya. Bisa Anda lanjutkan keesokan harinya atau sebelum batas penutupan pendaftaran.

Setelah mantap dengan pilihan PTN dan Jurusan yang akan ditempuh silahkan login kembali pada pendaftaran online SBMPTN 2017 untuk mengisi borang Pilihan PTN dan Prodi. Sekedar info dalam memasukkan PTN dan Prodi SBMPTN 2017 perlu diketahui aturannya sebagai berikut.

A. Kelompok Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Saintek dan Soshum.
B. Peserta dapat memilih Prodi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan:

  • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian Saintek
  • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
  • Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok Saintek dan Soshum, maka pesrta mengikuti kelompok ujian Campuran.
C. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
D. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) prodi dapat memilih prodi di PTN manapun.
E. Peserta yang memilih 2 (dua) atau 3 (tiga) prodi, salah satu program studi pilihannya harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan Prodi yang lain dapat di PTN yang berada di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian.

Oke kembali pada borang PTN dan Prodi. Silahkan pilih PTN dan Prodi yang diinginkan sesuai dengan aturan di atas. Jangan lupa klik Simpan untuk melanjutkan pada proses selanjutnya.

Contoh Pilihan PTN dan Prodi Kelompok Campuran.
7. Konfirmasi dan Pencetakan Kartu.
Akhirnya sampai pada tahap akhir pendaftaran online SBMPTN 2017, yaitu konfirmasi dan pencetakan kartu. Semua data pada borang ke 1 sampai ke 6 masih bisa diperbaiki selama belum melakukan konfirmasi. Cek kembali data-data pada borang pendaftaran SBMPTN sebelum melakukan pencetakan kartu peserta SBMPTN.

Contoh Kartu Peserta SBMPTN 2017
Cara lengkapnya silahkan lihat pada Cara Download dan Cetak Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2017, Agar tidak salah dalam melakukan pencetakan karena jika sudah melakukan konfirm dan cetak kartu tanda peserta SBMPTN maka data tidak bisa diubah kembali.

Bagi yang sudah terlanjur melakuka cetak kartu tanda peserta SBMPTN 2017 dan belum sempat download dan membaca Tata Tertib SBMPTN 2017 silahkan klik tautan di bawah ini :


Demikianlah Tata Cara dan Langkah-langkah Pendaftaran Online SBMPTN 2017, semoga bermanfaat dan membantu adik-adik sekalian dalam memperoleh informasi tata cara pendaftaran online SBMPTN 2017.


loading...


EmoticonEmoticon