Tuesday, 13 June 2017

Full Day, Sekolah Hari Sabtu Libur Mulai Tahun Ajaran 2017/208

Mardiyas.com - Sekolah Full Day yang diwacanakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sepertinya akan menjadi kenyataan di tahun ajaran baru 2017/2018. Dimana Mendikbud telah menyatakan bahwa kegiatan belajar-mengajar di semua tingkatan sekolah hanya akan berlangsung selama lima hari, Senin sampai Jumat. Sistem sekolah lima hari dalam seminggu itu mulai berlaku pada tahun ajaran baru 2017/2018.

Full Day School, Sekolah Hari Sabtu Libur Mulai Tahun Ajaran 2017/208

"Iya (Sabtu) full libur," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Kmais (8/6) seperti dilansir cnnindonesia.com.

Kebijakan baru yang diberlakukan Mendikbud itu secara otomatis meliburkan hari Sabtu. Keputusan berlaku bagi para siswa yang bersekolah di tingkat Sekolad Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK), dan atau  sekolah yang sederajat.

Mendikbud mengatakan, hari Sabtu diliburkan karena sistem kegiatan belajar-mengajar saat ini berlaku hingga minimal delapan jam sehari. Sementara itu, standar kerja aparat sipil negara, termasuk guru ialah 40 jam per pekan.

Aturan itu tertuang dalam PP No. 19 Tahun 2005. Peraturan itu mengatur, waktu kerja guru dan kepala sekolah mencapai 40 jam per pekan dengan waktu istirahat 30 menit per hari, atau waktu kerja aktif 37,5 jam per pekan.

"Jadi jika sudah melampui standar kerja ASN sehingga guru mengikuti itu," kata Muhadjir.

Menurut pengamatan penulis jika sebelumnya ditingkat SMA pembelajaran di sekolah dimulai pukul 07.00 - 13.45 WIB (8 Jam Pelajaran per hari) maka jika diberlakukan Sekolah Full Day atau Sekolah hari Sabtu libur maka kemungkinan pembelajaran di sekolah dimulai pukul 07.00 - 15.30 WIB (10 Jam Pelajaran per hari). Tentunya ini akan menguras banyak energi baik dari pihak guru maupun peserta didik di jam-jam terakhir pelajaran. Maksimalkah peserta didik dalam menerima materi pelajaran?

Mungkin pemikiran-pemikiran yang seperti itu banyak muncul di masyarakat. Hanya dengan sifat ikhlas untuk menuntut ilmu dan mencerdaskan diri, maka ada tidak adanya sekolah full day semua akan tampak sama saja atau biasa saja. Karena pada kenyataannya banyak sekolah-sekolah dasar swasta favorit yang sudah menerapkan full day school dan banyak peminatnya. Mari kita dukung perubahan-perubahan pendidikan di Indonesia demi maju dan berkembangnya pendidikan Indonesia.
loading...


EmoticonEmoticon