Saturday, 10 June 2017

Panduan Tata Cara Pendaftaran PPDB Online 2017 SMA

Mardiyas.com - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2017 tingkat Sekolah Menengah Atas tahun ini dilaksanakan secara online. Pendaftaran PPDB Online dilakukan secara mandiri oleh peserta pendaftaran PPDB 2017. Dimana pendaftaran PPDB Online SMA akan dilaksanakan pada tanggal 3 - 6 Juli 2017. Sebelum melakukan pendaftaran PPDB Online peserta calon pendaftar PPDB Online SMA harus memiliki PIN pendaftaran PPDB Online SMA. Pengambilan PIN bisa dilakukan disekolah terdekat atau langsung ke kantor Cabang Dinas Kab/Kota pada tanggal 5 - 22 Juni 2017.

Panduan Lengkap Tata Cara Pendaftaran PPDB Online 2017 SMA

Pada kesempatan ini kami tuliskan Panduan Tata Cara Pendaftaran PPDB Online SMA Provinsi Jawa Timur. Dalam pendaftaran PPDB Online 2017 tingkat SMA ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh calon peserta, yaitu :
  1. Melakukan pengambilan PIN dan sudah mempunyai PIN (5 - 22 Juni 2017)
  2. Membuka web ppdbjatim.net kemudian memilih kota sesuai dengan SMA pilihan pertama yang akan dituju.
  3. Melakukan pendaftaran dengan nomor UN dan PIN yang sudah didapatkan sesuai dengan poin nomor 1.
  4. Memilih sekolah yang akan dituju sesuai dengan ketentuan BERIKUT pada menu pemilihan sekolah.
  5. Mencetak bukti pendaftaran.
  6. Menunggu hasil pengumuman di web ppdbjatim.net (7 Juli 2017)

Inti dari langkah-langkah pendaftaran PPDB Online 2017 adalah :
  1. Login No. Unas dan PIN
  2. Pilih Sekolah Tujuan 1
  3. Pilih Sekolah Tujuan 2
  4. Simpan Permanen
  5. Cetak Bukti Kartu Pendaftaran
  6. Selesai
Berikut adalah panduan langkah-langkah tata cara dalam melakukan pendaftaran PPDB Online 2017 tingkat SMA Provinsi Jawa Timur. Semoga panduan langkah-langkah pendaftaran PPDB Online 2017 bisa menjadikan gambaran secara umum Pendaftaran PPDB Online 2017 SMA.



Pastikan sebelum melakukan pendaftaran PPDB Online 2017 SMA sudah memiliki gambaran sekolah yang akan dituju dan sudah dipikirkan secara matang. Jika sudah yakin menetapkan pilihan silahkan melakukan pendaftaran dengan cara mengakses alamat www.ppdbjatim.net. Kemudian pilih Kabupaten/Kota sekolah yang akan dituju.



Selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. LOGIN NO. UNAS dan PIN
Setelah memilih Kabupaten/Kota silahkan klik menu Pendaftaran - Pendaftaran SMA


Silahkan masukkan 14 digit Nomor Ujian Peserta / Nomor UN dan PIN yang tertera pada kartu Bukti Validasi saat pengambilan PIN. Kemudian klik Saya Bukan Robot kemudian klik tombol Login.



2. PILIH SEKOLAH PILIHAN 1
Silahkan klik sekolah pilihan 1 yang akan dituju. Setelah itu silahkan klik tombol Ke Pilihan Kedua.


Akan tampak laman konfirmas Pilihan Sekolah 1. Klik tombol Ya, Lanjut ke Pilihan Kedua. Jika belum yakin atau salah memilih silahkan klik Belum Yakin.



3. PILIH SEKOLAH PILIHAN 2
Kemudian silahkan pilih sekolah pilihan pertama yang berada didalam satu zona. Jika ingin diluar zona maka silahkan klik Luar Zona (Kabupaten/Kota setempat).


Kemudian silahkan klik zona yang dituju. Contoh Zona 4.


Kemudian pilih sekolah pilihan kedua. Kemudian klik tombol Konfirmasi Pilihan.


Jika sudah maka akan muncul laman konfirmasi pilihan kedua. Silahkan klik Ya, Saya sudah yakin. Namun jika masih ragu silahkan klik Belum Yakin.


4. SIMPAN PERMANEN dan KONFIRMASI
Langkah berikutnya adalah melakukan Penyimpanan Permanen dan perlu diingat jika sudah melakukan penyimpanan permanen maka data pilihan sudah tidak dapat dirubah kembali. Bahkan sudah tidak bisa login kembali. Silahkan klik Yakin, Simpan Permanen.


Kemudian akan masuk pada laman konfirmasi ulang untuk melakukan penyimpanan permanen sebelum melakukan cetak bukti kartu pendaftaran. Silahkan klik tombol Simpan Permanen.



Silahkan klik tombol OK untuk melakukan pencetakan kartu cetak bukti pendaftaran.

5. CETAK BUKTI KARTU PENDAFTARAN
Pada laman ini silahkan Klik Cetak Kartu Pendaftaran. pada bagian ini tidak ditampakkan saat ini karena alasan privasi terhadap data calon peserta pendaftaran PPDB Online 2017 SMA.

6. SELESAI
Silahkan klik tombol selesai untuk mengakhiri pendfataran.


|Baca Juga : Panduan Tata Cara Pendaftaran PPDB Online 2017 SMK.

loading...

7 komentar

gan klau kepencet duluan sebelum cetak bukti gimana gan

bukti cetak saya juga gak bisa keprint, gimana caranya ya

Bisa kok, silahkan akses alamat situs pendaftarannya tadi. trus pilih menu pendaftaran --> pilih unduh bukti pendaftaran --> masukkan data yg diminta dan klik cetak bukti pendaftaran. Contoh --> https://33.ppdbjatim.net/umum/unduh_bukti_provinsi

gan saya sdh login dan masuk tapi belum daftar dan tekan simpan permanen trus laptop mati...itu saya sdh terdaftar apa belum gan

trus klu sdh daftar sdh ada bukti pendaftaran tapi sdh ada hasil gak diterim, bisa daftar lagi gak gan?

Coba login lagi dan klik simpan permanen

PIN hanya bisa digunakan untuk mendaftar satu kali aja. Jika dipilihan 1 dan 2 sudah tidak masuk rangking pagu maka kemungkinannya ya daftar di sekolah swasta.


EmoticonEmoticon